10 Tips Desain Interior Rumah Minimalis yang Harus Diperhatikan

Tips desain interior rumah minimalis bisa dibilang sebagai tips penataan rumah yang paling banyak dicari saat ini. Banyaknya rumah berukuran mini menjadi salah satu alasan mengapa cara mendesain rumah minimalis banyak digandrungi.

desain interior rumah minimalis 3

 

Sesuai namanya, rumah minimalis memiliki ukuran mungil dan tidak menyediakan banyak ruangan. Namun, dengan sedikit menerapkan tips desain interior rumah minimalis, rumah mungil juga bisa disulap menjadi istana megah dan nyaman dihuni. Jika rumah sudah tertata apik, rapi dan nyaman aktifitas Anda dan keluarga tentunya akan terasa lebih menyenangkan.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan desain rumah minimalis yang indah. Namun, secara umum ada 10 tips desain interior rumah minimalis yang dapat Anda terapkan. 10 tips desain interior rumah minimalis tersebut adalah:

Tips Desain Interior Rumah Minimalis Pertama: Pemilihan Tema Tertentu

tema industrial desain interior minimalis

Pemilihan tema akan sangat membantu pemilihan furniture dalam suatu ruangan. Tema yang dipilih bisa berupa tema warna atau tema rungan seperti klasik, black and white atau modern. Penerapannya pun bebas, Anda bisa menerapkannya pada seluruh ruangan ataukah membedakan setiap ruangan.

Jika memang Anda menginginkan tema yang menyeluruh, tips desain interior dengan wallpaper akan sedikit membantu. Namun, Anda harus menggunakan walpaper dengan motif sederhana yang dipasangkan setengah badan agar ruangan tidak terlihat sempit dan monoton.

Tips Desain Interior Rumah Minimalis Kedua: Tata Setiap Ruangan secara Bergantian

desain interior rumah minimalis 2

Merombak seluruh rumah sekaligus dengan bantuan konsultan memang dapat dilakukan. Namun, tentu Anda harus menyediakan dana tambahan untuknya. Oleh karena itu, untuk memudahkan, tatalah sedikit demi sedikit dimulai dari kamar tidur.

Dengan melakukan tips desain interior ini ruangan akan lebih mudah diatur. Selain itu, Anda lebih fokus pada satu ruangan saja sehingga hasilnya bisa lebih maksimal.

Tips Desain Interior Rumah Minimalis ketiga: Gunakan Perabot yang Funsional dan Efisien

perabot multi fungsi

 

Rumah minimalis memiliki ruangan yang berukuran mini. Jadi, pemilihan furniture harus diperhatikan sedetail mungkin. Furniture yang harus Anda pilih adalah furniture yang benar-benar diperlukan.

Untuk itu, Anda perlu melist furnitur berdasarkan fungsionalitasnya. Akan lebih baik bagi Anda jika memilih furniture multifungsi sehingga lebih banyak space tersisa dalam ruangan. Sebagai langkah tambahan, gunakan furniture yang memiliki warna senada. Tips desain interior seperti ini berguna untuk memberikan kesan lebih rapi dan luas dalam desain interior rumah minimalis.

Warna-warna yang bisa Anda pilih sebenarnya bebas. Namun sebaiknya pilihlah warna yang sedikit berbeda dengan warna tembok atau lantai untuk menciptakan aksen pada ruangan.

Tips Desain Interior Rumah Minimalis keempat: Kurangi Pemakaian Furniture yang Tidak Fungsional

perabot multifungsi

Pembagian ruang pada rumah minimalis memiliki ukuran yang cukup kecil. Jadi, agar ruangan tidak sesak sebaiknya kurangi penggunaan perabot yang kurang fungsional. Cukup letakkan perabot yang penting-penting saja.

Jika memang ingin meletakkan pajangan seperti miniatur atau buku, sebaiknya gunakan rak yang tertanam pada dinding saja. Selain membuat barang-barang lebih terorganisir, tips desain interior seperti ini juga akan membuat ruangan lebih nyaman dan hidup tanpa membuatnya terlihat sempit.

Tips Desain Interior Rumah Minimalis kelima: Bersihkan Lantai dan langit-langit dari Hiasan yang Tidak Penting

hiasan langit langit

Seringkali lantai tidak diperhatikan saat mendesain interior ruangan. Padahal, jika ada barang yang menumpuk di lantai, nilai esetika rungan tersebut akan berkurang. Barang yang seringkali menumpuk di lantai dan harus dibersihkan adalah sambungan karpet, penataan kabel yang tidak rapi atau bisa juga motif lantai yang tidak konsisten.

Selain memperhatikan lantai, tips desain interior rumah minimalis juga menuntut Anda untuk memperhatikan langit-langit ruangan. Pastikan lampu hias yang tergantung di langit-langit memiliki bentuk simple dengan sedikit atau tanpa kristal agar ruangan tidak telihat sempit dan pendek.

Tips Desain Interior Rumah Minimalis keenam: Furniture yang Memiliki Nilai Estetika Tinggi

estetika perabot desain interior rumah minimalis 2

Pemilihan furniture juga harus memperhatikan nilai etetikanya. Pemilihan furniture yang indah akan mengurangi pengaplikasian hiasan lainnya dalam ruangan karena ruangan sudah cukup indah dan hidup dengan bebrapa furniture saja.

Tips Desain Interior Rumah Minimalis ketujuh: Hiasan di Sudut Ruangan

hiasan sudut desain interior rumah minimalis 2

Tips desain interior ruangan tidak akan cukup tanpa adanya hiasan di sudut ruangan. Meski terkesan sepele, penempatan hiasan di sudut ruangan dapat mempengaruhi kesan ruangan. Kunci keberhasilan Anda dalam menerapkan tips ini adalah memilih jenis hiasan sesuai dengan tema ruangan.

Tips Desain Interior Rumah Minimalis kedelapan: Gunakan Warna-warna Pastel

warna pastel

Warna-warna pastel akan sangat membantu untuk mendesain sebuah ruangan yang sempit. Warna pastel akan menghasilkan pantulan warna yang hangat dan lembut. Jika tidak ingin terlalu monoton, Anda juga bisa menambahkan sedikit warna yang mencolok sebagai aksen namun tetap pastikan bahwa warna pastel-lah yang paling dominan.

Tips Desain Interior Rumah Minimalis kesembilan: Gunakan Cahaya yang Cukup

paencahayaan desain interior rumah minimalis

Tips desain interior untuk ruang sempit yang juga tidak boleh terlewatkan adalah pencahayaan. Untuk menciptakan ruangan yang terlihat luas, gunakan cahaya lampu dengan siluet putih terang. Pengguanan cahaya lampu kuning atau termaram mungkin bisa memunculkan kesan hangat namun akan membuat ruangan terasa sesak.

Selain cahaya lampu, penataan ventilasi juga tidak kalah pentingnya. Penataan ventilasi yang tepat memungkinkan cahaya matahari dapat masuk ke ruangan sehiangga ruangan akan tetap terlihat cerah di siang hari.

Tips Desain Interior Rumah Minimalis kesepuluh: Sediakan Sebuah Ruangan untuk Gudang

desain interior rumah minimalis 5 gudang penyimpanan

Menyediakan sebuah ruangan sebagai gudang akan sangat membantu Anda dalam mengorganisir barang tidak terpakai. Meletakkan barang yang sudah tidak terpakai dalam gudang juga akan membantu Anda menyediakan space sehingga rumah lebih nyaman huni.