Desain Rumah Minimalis Type 36 untuk Berbagai Kondisi dan Kebutuhan

Desain rumah minimalis type 36 – Diantara jenis perumahan yang paling banyak dikembangkan adalah rumah minimalis dengan type 36. Hal ini jelas bukan karena sebab, dan umumnya terjadi karena kurangnya lahan dan harga jual yang sedikit lebih terjangkau. Meskipun terkadang desain rumah minimalis type 36 yang ditawarkan tidak sesuai dengan keinginan. Namun demikian, memiliki hunian tersendiri merupakan keinginan banyak keluarga.

Desain-rumah-minimalis-type-36

Dari sisi konsumen, adanya rumah minimalis type 36 memberi kemudahan tersendiri terutama harga yang terjangkau. Rumah minimalis juga tidak selalu berkaitan dengan kekurangan, bahkan ada beberapa kelebihan dari rumah minimalis yang mungkin belum banyak orang tahu. Rumah minimalis juga hemat dalam pengeluaran operasional bulanan.

Karena hanya terdiri dari beberapa ruangan, konsumsi listrik pastinya tidak akan terlalu tinggi. Salah satu keunggulan dari desain rumah minimalis type 36 yaitu akses perpindahan ruang yang cukup mudah, sesuatu yang tidak akan dijumpai pada tipe yang lebih tinggi.

Contoh Desain Rumah Minimalis Tipe 36 Berdasarkan Kelengkapan Ruang

Pada umumnya, desain rumah minimalis type 36 baik yang 2 lantai maupun 1 lantai hanya memiliki beberapa ruangan, seperti kamar tidur, ruangan tamu dan beberapa fungsi ruangan yang digabung. Karena terbatasnya luas, hanya ada sedikit ruangan yang memiliki fungsi sebagai mana mestinya. Sedangkan pada ruangan lain biasanya digabungkan menjadi satu seperti ruang makan, dapur dan kamar mandi.

2. Contoh desain rumah minimalis tipe 36 berdasarkan kelengkapan ruang 1

Dari ilustrasi di atas dapat dilihat bahwa hanya ruang tidur yang terbebas dari gabungan ruangan, sisanya tidak demikian. Pada desain rumah minimalis type 36 yang dianggap lengkap atau ideal harus memiliki beberapa fasilitas, seperti garasi, taman mini, kamar tidur, ruang tamu, ruang dapur, ruang keluarga, ruang makan, dan teras. Karena kondisi yang tidak memungkinkan, maka beberapa fungsi ruangan tersebut kemudian dijadikan satu.

Dalam gambar di atas, ruang tamu digabung dengan ruang makan dan kamar mandi digabung dengan ruang dapur. Hanya kamar tidur dan ruang tamu yang memang benar-benar difungsikan untuk tidur dan menerima tamu. Penggabungan fungsi ruangan biasanya terserah dengan ide masing-masing, tergantung bagaimana desain rumah minimalis type 36 diambil.

2. Contoh desain rumah minimalis tipe 36 berdasarkan kelengkapan ruang 2

Batas pemisah antara ruangan gabungan biasanya menggunakan partisi bersifat sementara. Jika denah desain rumah minimalis type 36 tersebut lebih dicermati, dapur berada di luar ruangan namun masih menyatu dengan rumah. Hal ini karena beberapa pertimbangan, misalnya untuk mengantisipasi kemungkinan buruk, atau memudahkan akses memasak ketika membuat acara di belakang rumah.

Contoh Desain Rumah Minimalis Tipe 36 Berdasarkan Aksesibilitas Ruang

Keunggulan utama dari desain rumah minimalis tipe 36 yaitu akses perpindahan antara satu ruangan ke ruangan lain yang tidak memakan waktu. Untuk mempercepat akses ke ruangan lain, desain merupakan kunci utama. Misalnya, karena kamar mandi hanya ada satu dalam rumah, akan lebih baik jika kamar mandi diletakkan pada area tengah rumah.

Karena kamar mandi sifatnya rentan terhadap bau, akan lebih baik jika selalu dibersihkan. Hal seperti ini juga harus masuk dalam pertimbangan awal desain rumah minimalis type 36. Sekilas gambar tersebut tidak berbeda jauh dengan ilustrasi sebelumnya. Namun jika dicermati lebih lanjut, perbedaanya terletak pada lokasi kamar mandi yang terletak di tengah rumah.

2. Contoh desain rumah minimalis tipe 36 berdasarkan aksesibilitas ruang 1

Ada beberapa alasan kenapa kamar mandi berada di tengah, diantaranya agar akses menjadi mudah bagi setiap penghuni rumah dan juga tamu. Yang juga membedakan dari gambar sebelumnya yaitu letak jendela kamar tidur yang berhubungan langsung dengan dunia luar, dalam hal ini taman. Keadaan ini akan mempercepat mood menjadi lebih baik dengan menatap taman.

Yang patut diingat, pintu kamar tidur bagian depan sebaiknya jangan mengarah ke ruang tamu. Akan menjadi sebuah hal yang tidak mengenakkan ketika mendapati sedang ada tamu. Tempat duduk di ruang tamu sebaiknya juga dihadapkan keluar guna menghindari kesan sempit pada rumah dan pemandangan terbatasi.

2. Contoh desain rumah minimalis tipe 36 berdasarkan aksesibilitas ruang 2

Pada desain rumah minimalis tipe 36 di atas, ruang tamu ditambahkan dengan meja makan minimalis. Sedangkan ruang dapur diletakkan pada bagian luar rumah. Sama dengan desain sebelumnya, hal ini guna menghindari kemungkinan buruk dan juga mengantisipasi asap berkumpul dalam rumah.

Contoh Desain Rumah Minimalis Type 36 untuk Pemukiman Padat

Membangun rumah minimalis pada pemukiman padat tentu tidak bisa disamakan ketika membuat rumah minimalis pada lingkungan terbuka. Hambatan utama dari rumah di pemukiman padat yaitu kurangnya sirkulasi udara dalam rumah. Udara merupakan unsur penting dalam mendukung kesehatan penghuni rumah. Karenanya, diperlukan desain rumah minimalis tipe 36 yang berbeda.

2. Contoh desain rumah minimalis tipe 36 untuk pemukiman padat 1

Agar sirkulasi udara tetap maksimal, ventilasi berupa jendela sangat mutlak diperlukan. Namun jika ventilasi tidak memungkinkan, maka desain rumah minimalis tipe 36 harus dapat mengalirkan udara. Jika dilihat secara seksama, terlihat dari bagian depan rumah hingga belakang rumah langsung terhubung. Hal ini dimaksudkan agar aliran angin dalam rumah bisa didapat semaksimal mungkin.

Dengan kondisi seperti ini, kualitas udara dalam rumah tetap dalam kadar yang sehat. Dari gambar di atas, kamar tidur bahkan langsung dapat tersirkulasi udaranya dengan baik melalui pintu maupun jendela kamar. Sayangnya, desain rumah minimalis tipe 36 di atas langsung menghubungkan pintu kamar tidur dengan ruang tamu. Pada bagian dapur menggunakan kitchen set dan digabung dengan kamar mandi.

2. Contoh desain rumah minimalis tipe 36 untuk pemukiman padat 2

Hal ini memberi rasa tidak nyaman terutama ketika sedang beraktifitas di dapur disaat bersamaan ada yang menggunakan kamar mandi. Sebenarnya masih ada ruang kosong di dekat kamar mandi yang bisa ditambahkan furniture seperti meja makan maupun perpustakaan. Pada intinya, desain rumah minimalis tipe 36 memiliki batasan, namun penerapan furniture dapat memberi keunikan tersendiri pada rumah.

Itulah beberapa contoh desain rumah minimalis type 36 dengan berbagai kebutuhan dan kondisi. Beberapa aspek terkait desain rumah minimalis type 36 tersebut semoga dapat menjadi inspirasi bagi Anda.