6 Aspek Yang Menjadi Trend di Dunia Desain Interior Tahun 2021

Masa pandemi nampaknya masih akan berlangsung lama. Belum ada kepastian kapan akan berakhir. Keadaan seperti itu sangat memengaruhi desain interior. Meskipun desain interior selalu berubah pada periode tertentu, dan biasanya perubahan itu terlihat dan terasa setiap pergantian tahun. Meskipun terkadang pergantian tersebut tidak begitu frontal, bahkan hanya pergeseran nilai warna mungkin.

Minimal ada dua hal yang menjadi fokus perubahan desain interior di tahun 2021. Hal ini disebabkan tuntutan situasi dan kondisi yang mengharuskan seseorang lebih banyak beraktivitas di dalam rumah. Sehingga fokus desain interior terletak bagaimana setiap bagian dalam rumah menjadi benar benar berfungsi dan yang kedua adalah bagaimana sebuah hunian atau ruangan mampu menciptakan suasana nyaman dan tenang, sehingga aktivitas di rumah pun akan terasa nyaman.

Beberapa ahli telah membahas dampak pandemi covid 19 ini terhadap perubahan desain interior yang bakal menjadi tren di tahun 2021

1. Warna Biru dan Tetap Berada di Rumah

Di tahun 2020 warna biru menjadi warna yang banyak digunakan. Warna biru tersebut bahkan menjadi warna trend di tahun 2020. Seorang desainer interior, Vikki Long mengatakan warna biru pantone masih akan bertahan menjadi warna trend di tahun baru. Long bilang kita bisa berharap melihat banyak warna biru tua, khususnya biru velvet. Dia juga menyarankan memasukkan percikan warna-warna cerah, seperti kuning atau warna emas untuk keseimbangan warna biru. Berikutnya dia juga mengatakan bahwa warna biru akan menjadikan ruagan menjadi menenangkan sehingga bisa dijadikan sebagai ruangan relaksasi.

2. Optimalisasi Cahaya Natural ke Dalam Ruangan Rumah

Hal ini sebagaimana dikatakan desainer Michelle Martel bahwa pada tahun 2021 akan ada fokus untuk menghadirkan cahaya alami sebanyak mungkin ke dalam rumahmu. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat banyak bukaan atau menggantungkan tirai tipis pada jendela agar privasi tetap terjaga. Disamping akan lebih ekonomis, kehadiran cahaya alami ke dalam ruangan akan meningkatan serotonin, apalagi selalu ada anjuran tetap berada di rumah bahkan bekerja pun dari rumah (work form home)

3. Menghadirkan Tanaman dalam Ruang Rumah.

Hal ini untuk menciptakan suasana natural sebuah ruangan. Di samping akan nampak lebih asri, kehadiran tanaman dalam ruangan juga akan memberikan ketersediaan oksigen dalam ruangan yang hal ini tentu sangat berguna bagi kesehatan. Hadirnya tanaman dalam rumah ini akan sangat terbatu dengan banyaknya cahaya alami yang masuk ke dalam ruangan. Karena cahaya juga sangat dibutuhkan oleh tanaman, meskipun Anda bisa juga memilih tanaman-tanaman yang tidak banyak membutuhkan cahaya alami.

Memang untuk menciptakan suasana natural dalam ruangan Anda bisa menghadirkan tanaman sintetis tetapi tentu tanaman sintetis ini tidak bisa memproduksi oksigen. Di samping itu tanaman asli akan bisa Anda jadikan sebagai sarana mengalihkan kejenuhan ketika harus banyak berada di dalam rumah. Anda bisa merawat dan mengalihkan kejenuhan itu. Desainer interior Alvin Wayne mengatakan bahwa tanaman adalah sesuatu yang dapat dirawat dan tanaman mengalihkan pikiran dari semua yang terjadi. Pasti ada lebih banyak manfaat dari memiliki kehidupan tanaman nyata dibandingkan tanaman palsu,” tegas Wayne. Tentu, tanaman membuat ruangan terlihat indah. Tetapi mereka juga berdampak positif pada kesehatanmu dengan memurnikan udara dan bahkan meningkatkan suasana hatimu, yang merupakan sesuatu yang dapat kita gunakan semua setelah tahun 2020.

4. Desain Ruangan Menjadi Ruang Kerja dari Rumah

Anjuran untuk selalu di rumah dan menghindari keluar rumah jika tidak ada tuntutan mendesak mengharuskan kita mendesain ruangan untuk melakukan aktivitas kerja. Sehingga Anda atau putra putri Anda dapat menggunakan ruangan tersebut menjadi semacam kantor atau tempat resmi ketika harus bekerja dari rumah, seperti daring dan yang lainnya.

5. Aplikasikan Perabot Yang Fungsional

Satu hal yang tak kalah pentingnya adalah ketika Anda harus menghadirkan perabot dalam sebuah ruagan. Hal yang harus Anda lakukan adalah memilih perabot yang benar benar fungsional. Jelas guna dan manfaatnya. Ini akan menjadikan ruangan Anda mempnyai space yang cukup untuk bersantai sehingga ruangan terasa longgar dan tidak penuh dengan perabot yang tidak ada gunanya.

6. Ciptakan Suasana Alami

Bisa Anda bayangkan ketika Anda harus banyak berada di dalam rumah, sementara banyak barang yang memberi efek kaku dalam ruangan, tentu Anda akan merasa tertekan dan stress. Akibatnya Anda akan merasa tidak nyaman tinggal di rumah, sementara ada ketakutan ketika Anda berada di luar rumah. Karenanya, elemen dekorasi atau asesoris hendaknya Anda pilih yang tetap mampu menghadirkan suasana alami, sehingga Anda tetap bisa merasakan santai, rileks dan nyaman ketika harus berlama-lama dalam sebuah ruangan.

Selain dengan memilih elemen dekorasi Anda bisa membuat ruangan memberi efek tenang dengan memilih warna yang netral untuk ruangan. Di awal disarankan warna biru pantone masih bisa Anda gunakan. Tetapi jika warna itu membuat kesan kaku dan gerah Anda bisa mengkombinasikannya dengan warna-warna yang lebih netral dan natural. Pemilihan bahan karpet dan bantal juga bisa Anda usahakan untuk menciptakan suansana tenang dan lembut, misalnya bantal dengan bahan beludru ataupun karpet dari bahan bulu atau rajutan yang bisa memberi efek nyaman dan menenangkan.

Itulah beberapa hal terkait trend desain interior tahun 2021. Semuanya mengacu pada terciptanya hunian yang nyaman dan membuat suasana tenang dan menyenangakn untuk beraktivitas di dalam rumah.