6 Langkah Mengubah Suasana Gelap Ruangan Menjadi Terang dan Melegakan

Gelap identik dengan sumpek, seram dan mencekam. Ruangan yang gelap akan memberi kesan seperti itu pada penghuninya. Karenanya, banyak orang yang tidak menyukai suasana seperti itu dalam sebuah ruangan. Jika ruangan rumah Anda terkesan seperti itu postingan berikut akan memberikan solusi terbaik yang dapat Anda terapkan dalam ruangan Anda.

Aplikasi Cahaya di Semua Sudut

lampu duduk

Anda tentu sepakat bahwa salah satu cara untuk menghilangkan kegelapan sebuah ruangan adalah dengan melawan gelap tersebut dengan cahaya, baik dengan cahaya alami maupun dengan cahaya lampu. Anda dapat mengaplikasikan lampu pada setiap sudut ruangan.



Pencahayaan dasar diperlukan untuk menciptakan suasana yang harmonis. Anda dapat menggunakan lampu pendulum atau lampu plafon. Alternaatif lain Anda juga dapat menggunakan lampu chandelier dengan banyak kristal. Lampu pendulum panjang akan membantu Anda memberi kesan luas jika langit-langit ruangan rendah.

cahaya di semua sudut ruang

Untuk kenyamanan pencahayaan di malam dan siang hari, Anda dapat menggunakan pengatur gelap terang lampu atau saklar peredup lampu (dimmable switch). Dengan demikian cahaya dapat Anda atur sesuai dengan kebutuhan.
Untuk keperluan baca, Anda dapat menggunakan spotlight di area yang memang membutuhkan, misalnya di area baca, ruang makan, meja kerja ataupun yang lainnya.

Jika langit-langit rumah Anda rendah, tetapi Anda menginginkan terkesan luas, Anda dapat memadukan antara langit-langit yang rendah dengan lampu duduk.

lampu pada setiap sudut ruangan

Perpaduan antara lampu duduk dan langit-langit yang rendah itu akan menciptakan ruangan yang terkesan luas. Lampu duduk yang menyorotkan cahayanya ke atas akan memperterang ruangan gelap dengan cara yang eksotik. Kedua, pada saat yang sama lampu memancarkan cahaya langsung ke arah yang dibutuhkan.

Pada ruang yang gelap berilah aksen pencahayaan yang dapat membuat hati lega. Munculnya aksen cahaya ini juga akan mempercantik tampilan elemen dekorasi ruangan seperti lemari kaca atau rak di ruang tamu, vas dan bunga dan asesoris lainnya.

Pemilihan Perabot yang Cerah

perabot cerah

Kenapa disarankan memilih perabot yang berwarna cerah? Tentu saja karena perabot tersebut dapat memancarkan cahaya sehingga ruangan menjadi lebih terang. Jika selama ini perabot Anda lebih berwarna gelap, Anda dapat mewarnai ulang. Aplikasikan warna-warna putih yang mengkilat sehingga mampu memancarkan warna terang ke dalam ruangan.

Untuk menghindari kebosanan, Anda dapat memadukan beberapa warna terang pada perabot Anda, tentu saja yang sesuai dengan keinginan Anda dan tetap dengan memperhatikan keseimbangan. Misalnya Anda memadukan warna kontras di antara perabot putih atau meletakkan perabot kayu yang difurnish gelap di depan dinding berwarna cerah.

Penggunaan Efek Berlawanan

kontras dinding

Ini digunakan untuk menekankan elemen interior atau menjadikan elemen tersebut sebagai aksen. Anda tentu dapat membanyangkan ketika berada di ruangan gelap namun ada satu benda putih yang memancarkan pesona, pasti benda tersebut yang akan menjadi perhatian. Demikian juga ketika ruangan Anda terkesan gelap kemudian perabotnya juga gelap pasti rasa sumpek tak terelakkan.

Atau barangkali ruangan dan dinding Anda cerah dan elemen interior juga cerah, tabrakan warna cerah ini akan membuat salah satu dari elemen tersebut kabur, samar dan terkesan hampa. Karenanya, ketika ruangan sudah berwarna terang, untuk menciptakan kesan tertentu pada elemen interior, Anda perlu meletakkan elemen interior yang lebih kontras. Tujuannya agar elemen interior tersebut tetap mampu memberikan fungsi artistiknya.

aplikasi kaca pada ruangan gelap

Sebagai contoh, Anda dapat mengkontraskan warna pastel lembut dengan elemen dekorasi dengan pola yang jelas. Kontras itu juga dapat Anda ciptakan dengan memberi frame yang lembut pada kaca cermin bundar atau pun kotak. Warna dinding yang cerah dengan warna pigura yang lebih cerah dan sebagainya.

Andapun dapat mengoptimalkan warna dinding Anda. Misalnya dengan membuat satu dinding dengan warna kontras yang berbeda dipadukan dengan perabot dengan warna kontras juga akan memberikan kesan luas pada ruangan yang sempit. Suasana ruangan juga menjadi lebih hidup. Untuk menciptakan kontras, Anda pun dapat mengaplikasikan warna dinding berpola dengan warna kontras berselang seling.

Hindari Warna Atap yang Gelap
plafon yang cerah

Coba Anda bayangkan, Anda berada di sebuah ruangan yang tidak begitu luas, agak gelap dan warna plafon ruang tersebut gelap. Bagaimana perasaan Anda. Saya yakin, suasana mencekap seperti ketika Anda melihat film-film horror. Karenanya, jangan pernah mengaplikasikan warna atap atau plafon yang gelap di ruangan yang memang sudah terkesan gelap.

Buatlah warna langit-langit ruangan Anda cerah sehingga rasa melonggarkan akan tercipta. Atap yang gelap tidak akan menciptakan suasana selain warna suram dan menyeramkan. Sebaliknya, warna atap yang cerah akan membuat suasana hati juga lebih tenteram dan tenang.

Jenis lampu spotlight akan membantu Anda menciptakan warna atap yang terang. Apalagi didukung warna plafon yang cerah atau lembut, cahaya yang dipancarkan akan menjadikan ruangan semakin teduh, tenteram dan melegakan. Kenyamanan pun akan terasa di ruangan yang seperti itu.

Jendela dalam Ruangan

jendela dalam ruangan 2

Selain membuat ruanga terkesan luas juga berfungsi sebagai sumber cahaya tambahan alami. Apalagi jika memang ada ruangan lain yang mendapat sinar alami dan jendela ruang tersebut diaplikasikan di sana. Jendela sekaligus berfungsi untuk menghubungkan ruangan kedua ruangan tersebut.



Yang perlu diperhatikan ketika Anda akan menambahkan jendela dalam ruangan ini adalah bahwa keberadaan jendela tersebut tidak mengganggu. Sebagai contoh, Anda dapat menghubungkan ruangan yang gelap dengan ruangan yang terang. Tetapi jika pemasangan jendela dalam ruangan dirasa akan mengganggu Anda dapat menghubungkan kedua ruangan tersebut dengan menempatkan cermin pada sisi dinding yang gelap menghadap ruangan yang terang sehingga terangnya ruangan dapat dibawa ke ruang yang gelap.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda aplikasikan untuk membuat ruangan gelap menjadi terkesan luas dan melegakan.