8 Aspek Yang Harus Diperhatikan Pada Desain Rumah Minimalis

Desain rumah minimalis saat ini seakan menjadi sebuah trend. Meski berukuran mini, bukan berarti rumah tak dapat didesain sedemikian rupa sehingga nampak indah. Rumah minimalis justru mampu memberikan kenyamanan dan keunikan tersendiri.

desain rumah minimalis Type 36

Karena segala kelebihan yang ada pada rumah berukuran mungil, banyak orang yang kemudian melirik desain rumah minimalis. Kecenderungan seperti ini juga didukung oleh lahan kosong yang kian hari kian sulit didapatkan.

Meski nampaknya mudah, menciptakan desain rumah minimalis yang nyaman dan indah memerlukan bakat dan ketelitian tingkat tinggi. Setidaknya, ada 8 hal yang harus Anda perhatikan dengan benar jika ingin memiliki desain rumah yang minimalis serta nyaman. 8 hal tersebut antara lain:

Pahami Tema Desain yang Diaplikasikan

dekorasi klasik desain interior rumah

Tema adalah pondasi awal yang harus diperhatikan sebelum menerapkan desain rumah minimalis. Dengan menentukan tema terlebih dahulu, pemilihan furniture serta hiasan rumah akan lebih tepat sehingga rumah nampak serasi dan rapi.

Ada banyak tema desain rumah minimalis yang dapat anda terapkan, diantaranya desain rumah minimalis ala Korea, gaya klasik, sederhana hingga modern. Masing-masing tema ini memilki keunikan dan ciri khas tersendiri.

desain interior tema korea

Selain membantu Anda memilih furniture dan hiasan yang tepat, menentukan tema sebelum memulai mendesain juga akan menghemat biaya dan efisien dari segi waktu. Jadi, sebelum memutuskan merombak ruangan, pahami terlebih dahulu tema desain yang sesuai dengan karakter Anda.

Sesuaikan dengan Aktifitas Harian

Rumah bukan hanya tempat istirahat, melainkan juga tempat melakukan sebagian aktivitas harian. Oleh karena itu, rumah harus didesain senyaman mungkin agar setiap aktivitas yang dilakukan didalamnya bisa berjalan lancar.

Cara paling mudah untuk menyesuaikan desain rumah minimalis sesuai aktivitas harian adalah dengan mengukur aktivitas apa yang paling sering Anda lakukan. Jika Anda termasuk orang yang gemar menonton TV, menambahkan karpet bulu pada ruang tamu Anda mungkin bisa menjadi solusi terbaik.

Maksimalkan Fungsi Furniture

furniture maksimalis

Rumah yang indah bukanlah rumah yang memiliki aneka perabot mewah, melainkan rumah tertata rapi, bersih serta memiliki furniture yang fungsionalis. Dalam hal ini, Anda harus mampu memilih furniture yang sederhana namun tetap efektif dan efisien.

Teknik Penempatan Furniture

penempatan furniture

Teknik penataan furniture adalah kunci keberhasilan Anda menciptakan desain rumah minimalis yang cantik. Usahakan untuk meletakkan furniture secara sejajar sehingga tak banyak space ruangan yang termakan. Dengan tips ini, ruangan akan terlihat lebih longgar dan rapi. Sebelum Anda benar-benar menempatkan furniture, ada baiknya Anda membuat denah terlebih dahulu.



Jika ruangan masih terlihat sangat sempit, cobalah untuk menempatkan sebuah cermin besar di sudut ruangan. Cermin yang digantungkan pada dinding akan merefleksikan cahaya dan memberikan kesan yang lebih luas pada ruangan sempit.

Berikan Sentuhan Dekorasi pada setiap ruangan

dekorasi desain interior rumah minimalis

Sentuhan dekorasi akan sangat membantu untuk memberikan kesan hidup pada ruangan. Anda bisa menggunakan wallpaper sebagai alternatif aksen warna pada ruangan. Namun, jangan gunakan wallpaper yang terlalu ramai atau terlalu mencolok jika tidak ingin ruangan terlihat sempit dan sesak.

Pilihan lainnya jika Anda menerapkan tema desain rumah minimalis modern adalah dengan menempatkan lampu hias pada ruangan utama. Cara seperti ini akan membuat ruangan terkesan mewah tanpa membuatnya semakin sempit.

Pilihlah Warna yang Tepat

desain interior tema cozny

Warna adalah komponen paling penting dalam menciptakan suasana ruangan. Warna dapat memancarkan aura yang mungkin tidak pernah Kita sangka sebelumnya. Jika mengikuti trend, warna yang sedang digandrungi saat ini adalah warna monokrom, yaitu perpaduan antara warna hitam dan putih.

Jika Anda menerapkan tema desain rumah minimalis sederhana sebelumnya, menggunakan warna-wana pastel yang kalem mungkin bisa menjadi pilihan utama. Pilihan warna cream atau kuning gading juga akan sangat sesuai bagi Anda yang menyukai kesederhanaan dan kelembutan.



Inti dari pemilihan warna dalam penciptaan desain rumah minimalis adalah warna-warna lembut yang tak terlalu memantulkan cahaya. Warna yang dipilih juga harus sesuai dengan warna furniture yang dimiliki. Dengan demikian, ruangan akan terlihat lebih rapi, hidup dan terkonsep.

Perhatikan Pembagian Ruangan

pembagian ruangan

Ukuran ruangan yang kecil tak akan menghalangi Anda untuk mempartisi ruangan menjadi dua bagian. Anda tetap bisa mempartisi ruangan dengan menggunakan panel portabel. Penggunaan panel portabel akan terlihat lebih fleksibel dan mudah dipindahkan ketika Anda membutuhkan ruangan yang lebih luas.

Bahan panel portable yang bisa Anda pilih juga sangat beragam. Bahan yang paling umum digunakan adalah kaca frameless yang tidak akan mempengaruhi ukuran ruangan atau mengganggu pandangan. Selain itu, Anda juga bisa mengunakan panel kain bermotif batik untuk menciptakan desain rumah minimalis klasik.

Pencahayaan dalam Desain Rumah Minimalis

pencahayaan desain interior rumah

Aspek terakhir yang harus diperhatikan dalam desain rumah minimalis adalah pencahayaan. Pencahayaan yang paling cocok untuk desain rumah kecil adalah lampu dengan pendar putih namun tidak terlalu menyilaukan.

Perlu Anda ingat bahwa pencahayaan tak harus sama pada setiap ruangannya. Anda masih bisa mengunakan pencahayaan yang sedikit redup dan menyoroti sudut tertentu untuk memberikan kesan romantis yang kuat pada kamar tidur.

Lakukanlah perencanaan yang matang pada 8 aspek desain rumah minimalis yang disebutkan di atas dan dapatkan rumah minimalis yang nyaman serta indah.