Beberapa Warna yang Diprediksi Menjadi Warna Tren 2018

Dalam dunia seni warna menjadi ruh sebuah karya. Desain interior rumah juga bagian dari karya seni. Bahkan interior design mempunyai nilai lebih dari sekedar karya seni. Hal itu disebabkan karena desain interior sebuah rumah tidak hanya dilihat satu dua kali saja. Bahkan kehadiran desain interior rumah mampu menjadikan kenyamanan dan ketenteraman hidup manusia. Karenanya, warna juga menjadi ruh dalam dunia desain interior rumah.

pantone 2018

Seperti halnya warna pada karya seni yang lain, warna pada desain interior rumah selalu berubah dan berkembang setiap tahunnya. Beberapa ahli seperti Leatrice Eiseman (Direktur Eksekutif Pantone Color Institute) dan Claire Bond (terapis warna sekaligus Kansai Paint Global Color Ambassador) telah memprediksikan warna yang bakal atau menjadi tren di tahun 2018.

Berikut ini deretan warna yang diprediksikan menjadi tren di tahun 2018 menurut Leatrice Eiseman, Direktur Eksekutif Pantone Color Institute. Tren warna ini diungkapkan pada acara International Home & Housewares Show (Pameran Internasional Perlengkapan Rumah Tangga) di Chicago, Amerika Serikat. Adapun warna-warna tren 2018 menurut Eiseman antara lain:



  1. Warna metalik sudah menjadi warna klasik, tetapi jaman sekarang warna metalik sudah lebih berpindah ke arah netral. Sudah jarang terlihat warna metalik yang bersinar.
  2. Begitu juga warna warni dan sesuatu yang berwarna transparan, mutiara, atau barang-barang bersinar lainnya.
  3. Dari sisi warna, tren nya berpindah dari warna pastel seperti Warna Tahun 2016 Serenity dan Rose Quartz menuju ke warna lebih terang. Warna-warna intens lebih banyak digunakan di kehidupan sehari-hari.

Selain ketiga kaidah warna dasar yang menjadi tren 2018, ada 8 palet warna untuk rumah dan inteior tahun 2018 yang dikeluarkan oleh. Warna-warna tersebut adalah:

Vedure

vedure warna tren 2018

Kemunculan warna vendure ini terinspirasi oleh alam, seperti daun seledri, warna biru telur, dan ungu berry. Palet ini merupakan suatu simbol kesehatan.

Playful

Palet ini terdiri dari warna-warna ceria, seperti warna Kuning Minion dan Es Krim Limau

Descretion

Kebalikan dari Playful, palet ini memiliki warna-warna sederhana, seperti warna Elferberry dan Mawar Hawthorne. Di palet ini, warna Pink lebih dikembangkan dari biasanya.

TECH-nique

tren warna 2018

Sebuah tribut untuk teknologi, dengan warna-warna terang seperti warna biru-hijau, pink, dan warna-warna ungu, diseimbangkan dengan warna Putih Terang dan Almond

Far-Fetched

Palet ini menghargai berbagai macam kultur berbeda. Palet ini terdiri dari warna-warna hangat dan berbau alam, seperti Teh Rooibos dan Kuning Jagung.

Resourceful

Kebanyakan terbuat dari warna-warna komplementer dari biru dan oranye yang menggabungkan warna hangat dan dingin tetapi bisa membuat Anda sulit berpaling dari warna tersebut.

Intricacy

Terdiri dari warna-warna metalik netral gaya baru, dengan sedikit sentuhan warna Merah Berry dan Kuning Sulfur untuk menambahkan drama.

Intensity

warna hitam emas tren warna 2018

Palet ini menunjukkan suatu kekuatan, kedalaman, dan kecanggihan walaupun terdiri dari koleksi warna eklektik. Warna hitam dan emas menyeimbangkan corak warna.

Berbeda dengan Eiseman, Claire Bond, terapis warna sekaligus Kansai Paint Global Color Ambassador juga mengungkapkan warna-warna yang diprediksikan menjadi warna tren 2018, yakni warna kuning Amadeus. Kuning ‘Amadeus’ merupakan warna Neutral of the Year 2018. Amadeus hadir dengan sapuan krem kuning keemasan dengan sentuhan karakteristik gelap.

amadeus warna tren 2018

Menurut Claire Bond, sentuhan kuning dalam Amadeus menghadirkan energi positif di dalam ruangan.

“Warna ini menginjeksikan rasa sukacita dan optimisme di tengah situasi dunia yang tidak menentu,” ujar Claire di acara temu media yang digelar Kansai Paint di Mandarin Hotel, Jakarta Pusat, Selasa (17/10/2017) sebagaimana dikutip oleh wolipop.detik.com.

Bahkan Claire juga menegaskan bahwa warna Amadeus juga cocok diaplikasikan untuk area kantor yang dapat menstimulasi ide kreatif karyawan.

Setidaknya ada empat palet warna yang dapat dipadupadankan dengan Amadeus, antara lain:

warna tren 2018 biru

Exotic Euphroia

Terinspirasi dari alam, palet yang di antaranya terdiri dari hot pink dan coral blue, menghadirkan kehangatan dalam suasana natural namun tetap energik.

Soft Composition

“Inspirasi palet ini datang dari warna-warna khas negara-negara Nordik yang bernuansa minimalis namun mewah,” ujar Claire. Sebuah perpaduan antara klasik dan kontemporer untuk menampilkan suasana yang akrab dan kekinian.

Warna lembut yang menghadirkan ketenangan dan kedekatan. Sebuah perpaduan antara klasik dan kontemporer. “Ini adalah perpaduan warna minimal yang menimbulkan kesan mewah. Contohnya padukan sofa kuning menyala di depan tembok berearna abu-abu,” kata Bond.

Craft Spirit

exotic colour trend 2018

Keragaman tekstur dan motif warisan budaya-budaya di dunia menjadi inspirasi utama palet ini. Dari biru laut sampai coklat lumpur, palet ini menyimbolkan pertemanan, kolaborasi, sekaligus seni dari sebuah kerajinan tangan.

Hi-Gio

Palet ini cocok bagi mereka yang berjiwa jenaka dan petualang. Perpaduan warna lavender hingga merah terang, kuning kiwi dan hijau zaitun dapat menciptakan ruang yang lebih muda dan eksperimental.

Selain tren warna yang dikemukan oleh Eiseman dan Claire Bond di atas beberapa warna berikut juga diprediksikan menjadi tren warna 2018.

Warna gelap



Pada tahun depan diperkirakan warna gelap akan banyak digunakan pada dekorasi ruangan. Bukan hanya pada dekorasi ruangan tetapi juga pada seluruh furnitur di dalamnya seperti bangku, meja, lampu diri, dan rak semuanya berwarna hitam. Anda dapat menambahkan beberapa warna pada aksesori ruangan yang membuat ruangan tersebut tampak lebih menawan.

Minimalis pastel

Selain warna minimalis hitam dan putih, tahun depan akan hadir warna minimalis lain seperti hijau muda dan merah muda. Kedua warna tersebut siap hadir mempercantik hunian Anda.

Pink

Bagi Anda pencinta warna pink, pada tahun 2018 adalah tahun yang dinanti-nanti karena pada tahun tersebut beragam warna pink akan mendominasi warna dekorasi Anda, dimulai dari warna cat dinding hingga seluruh furnitur Anda.

Biru

Warna ini melambangkan ketenangan yang dinanti. Bagi Anda yang menyukai suasana tenang untuk berelaksasi, warna ini dapat menjadi pilihan Anda untuk menambah suasana tenang pada ruangan Anda.

Kuning dan hijau

warna kuning hijau warna tren 2018

Berikan dekorasi rumah anda dengan warna menarik dan cerah. Di tahun 2018 ini anda dapat menggunkaan warna kuning dan hijau cerah lemon untuk digunakan sebagai warna untuk kamar anak anda tersayang atau bahkan untuk ruang kerja anda supaya memberikan semangat kerja.

Perpaduan warna kuning dan hijau akan memberi suasana enerjik sehingga akan membuat Anda tidak berhenti tersenyum mengingatkan kenangan menyenangkan Anda pada saat-saat muda.

Warna Pastel Minimalis

Interior dengan konsep hitam putih memang menarik, tapi di tahun 2018 bersiap-siaplah untuk mengganti dekorasi interior rumah anda menjadi warna pastel. Warna-warna soft seperti hijau pastel, pink muda dan warna pastel lainnya akan membuat suasana ruangan anda menjadi berubah 180 derajat. Suasana ruangan yang minimalist dapat berubah dengan adanya warna-warna pastel ini.




Warna Pink

Warna pink bisa jadi merupakan salah satu warna tren di tahun 2018. Bagi pecinta warna pink pastinya anda akan bahagia mendengar kabar ini. Tentunya para wanita pasti akan menjadi peminat nomer satu dari warna pink ini.

Warna Biru pastel

Tren dekorasi warna yang mungkin muncul pada tahun 2018 adalah warna biru pastel yang membuat anda manjadi lebih santai dan merasa relax ketika berada di dalam ruangan.

Nah, itulah beberapa palet warna yang akan ngetren di tahun 2018. Lalu, Anda memilih warna yang mana? Semoga postingan di atas dapat memberi inspirasi bagi Anda. Jika ada yang perlu didiskusikan terkait warna tren 2018 silakan layangkan email Anda ke interdesainindo@gmail.com