berbagai macam gaya kesimbangan dalam desain interior rumah menawan

Sebagaimana telah disebutkan dalam postingan Prinsip-prinsip dalam Desain Interior bahwa salah satu hal yang harus diperhatikan dalam desain interior adalah Keseimbangan. Macam-macam gaya desain interior apapun yang kita aplikasikan dalam rumah harus selalu memperhatikan prinsip keseimbangan. Prinsip dari keseimbangan ini adalah tidak adanya elemen yang menonjol dan mengganggu pandangan orang yang berada dalam ruangan itu.

Kesimbangan dalam desain interior2

Ada 3 gaya keseimbangan yang dapat dijadikan pertimbangan dalam mendesain interior sebuah ruangan.

Pertama, Keseimbangan simetris.

keseimbangan simetris

Keseimbangan simetris dapat diciptakan dengan membagi secara merata berat visual elemen yang mendukungnya menjadi horisontal maupun veritikal. Gaya ini mengandalkan keseimbangan dua elemen yang mirip dari dua sisi berbeda. Sebagai gambaran, Anda dapat membagi ruangan menjadi 2 sisi, kanan dan kiri.

Kemudian setelah dibagi Anda dapat mengisi kedua sisi tersebut dengan memperhatikan prinsip keseimbangan. Atau coba perhatikan dua kursi yang ada di kedua sisi meja, kondisi itu menunjukkan keseimbangan simetris. Di mana sisi yang satu mempunyai bobot visual yang sama atau hampir sama dengan sisi yang di seberangnya

Keseimbangan simetris ini mudah diciptakan tetapi sulit membangkitkan emosi dari orang yang melihatnya. Bahkan, jika Anda tidak berhati-hati dalam menata detail-detail yang merupakan elemen gaya simetris ini, bisa jadi Anda akan terjebak pada visual yang membosankan, karena terkesan terlalu formal.

Kedua, Keseimbangan Asimetris:

keseimbangan asimetris

Keseimbangan asimetris merupakan keseimbangan yang tercipta karena adanya kesan tidak merata pada pandangan di poros tengah ruangan. Gaya ini mengandalkan permainan visual seperti skala, kontras, warna untuk mencapai keseimbangan dengan tidak beraturan. Penekanan biasa terjadi pada visual garis, warna, bentuk.

Selain itu tekstur yang bersebrangan tanpa membuat duplikasi yang tepat juga merupakan ciri dari keseimbangan asimetris. Pernahkah Anda melihat desain gambar yang besar dengan tulisan yang kecil tetapi tetap terlihat seimbang karena permainan warna dan kontras dalam gambar sebuah gambar?

Itulah gambaran dari gaya asimetris. Salah satu kelebihan dari gaya keseimbangan asimetris adalah tergugahnya emosi seseorang karena ketegangan pandangan yang dihasilkannya. Gaya keseimbangan asimetris juga biasa disebut dengan keseimbangan informal. Dekorasi dan pernik yang ada seolah tanpa rencana.

Ketiga, Keseimbangan Radial

radial

Gambaran dari keseimbangan ini adalah ketika Anda memperhatikan spiral. Pada spiral elemen tersusun dan berpusat di tengah. Elemen yang lain mengitari apa yang menjadi pusat dari elemen tersebut. Aksen bisa saja berada pada elemen yang ada di pusat elemen tersebut. Tetapi tidak menutup kemungkinan meletakkan aksesn pada elemen yang mengitari.