Ciptakan Estetika dan Kenyamanan Ruangan dengan Sofa yang Tepat

Salah satu elemen desain interio rumah adalah sofa. Dalam perkembangannya, sofa tidak hanya berfungsi sebagai tempat duduk. Kehadirannya sering dijadikan sebagai salah satu elemen dekorasi yang merah dan bahkan juga tidak jarang sering dijadikan sebagai titik point (focal point) dalam sebuah ruangan. Salah satu jenis sofa

sofa bentuk u

Salah satu jenis sofa yang sering hadir dalam sebuah ruangan adalah sectional sofa. Sofa ini termasuk jenis sofa yang modern. Beberapa ciri dari sofa ini antara lain memiliki warna polos, rata-rata berbentuk kotak, atau menyerupai kotak, model yang simple dan sederhana, tidak banyak detail, tidak berkaki hanya memiliki palet kecil di beberapa sisinya saja.



Elemen interior ini memang sangat aplikatif pada semua ruangan, baik yang ruang luas maupun sempit. Sofa ini biasanya terdiri dari beberapa bagian. Tiap-tiap bagian bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya. Kemungkinannya untuk dipisah-pisahkan inilah yang menjadi salah satu keunggulan dari sectional sofa. Sehingga sofa jenis ini lebih fleksibel dibanding dengan yang lainnya.

sofa keluarga

Ia dapat ditempatkan di sebuah sudut, atau memanjang. Bahkan jika ingin, Anda dapat menjadikan satu set sofa menjadi dua set sofa sehingga didapat sofa yang lebih mungil. Di samping itu sectional sofa ini biasanya menyediakan kabinet di beberapa bagiannya sehingga dapat Anda fungsikan sebagai sarana penyimpanan majalah, buku atau yang lainnya.

Karenanya, jika Anda mempunyai ruangan dan ingin menjadikan sudut ruangan Anda nampak mengesankan, Anda dapat menempatkan sectional sofa ini di sudut ruangan Anda. Selain ruangan akan lebih hidup ruangan juga dapat lebih fungsional.

Dalam memililh sofa untuk ruangan Anda, tentu ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Penyesuaian Warna

sofa sudut

Meskipun pada beberapa ruangan warna sofa tidak terlalu membutuhkan perhatian, namun pada ruangan-ruangan tertentu Anda harus mempertimbangkan warna sofa dengan nuansa ruangan yang ingin Anda ciptakan. Keseimbangan warna dalam sebuah ruangan akan menimbulkan kesan nyaman dan menentramkan penghuninya. Bahkan, jika Anda akan menjadikan sofa sebagai focal point ruangan, pemilihan warna yang tepat mutlak Anda lakukan.

Pemilihan Bahan

sofa beludru

Saat ini banyak pilihan sofa yang ditawarkan dengan berbagai macam bahan. Perhatian terhadap bahan sofa ini sangat diperlukan karena masing-masing bahan mempunyai kelebihan dan kekurangan. Sofa berbahan beludru sangat pas ditempatkan pada ruangan yang minimalis dan tidak terlalu luas. Sofa dengan bahan beludru ini akan menjadikan ruangan terkesan luas dan tetap lembut. Hal ini sangat mendukung suasana hati yang membutuhkan ketenangan.

Selain beludru, ada juga sofa yang berbahan karet sintetis. Selain mudah dibersihkan, sofa berbahan karet sintetis ini juga dapat menampilkan kesan mewah pada sebuah ruangan. Anda dapat menempatkan sofa ini di ruang keluarga. Warna sofa yang mengkilat menjadikan ruangan terasa mewah dan elegan. Kehangatan keluarga juga dapat terasa dengan dukungan sofa berbahan karet sintetis ini.

Pemilihan Bentuk Sofa

sofa L

Dimana ruangan itu akan Anda tempatkan, sangat mempengaruhi bentuk sofa yang akan Anda pilih. Apakah sofa bentuk melingkar, sofa bentuk L atau bentuk yang lainnya? Ya, semua itu tergantung di mana sofa akan Andatempatkan. Jika Anda ingin menempatkan sofa pada sudut ruangan, tentu sofa bentuk L lebih cocok dibanding bentuk yang lainnya. Karena sofa bentuk L memungkinkan Anda tetap mengisi sudut ruangan dengan sofa ini.



Tetapi, jika Anda ingin menempatkan sofa di tengah ruangan, tentu saja sofa bentuk lingkaran lebih pas. Dan sofa bentuk simetris akan lebih cocok jika ditempatkan di tengah ruangan yang tidak begitu luas namun Anda ingin mempertimbangkan bentuk simetris ruangan.
Dengan pemilihan sofa yang tepat ada banyak hal yang akan Anda peroleh, estetika, kenyamanan dan kelegaan sebuah ruangan. Jadi sofa jenis mana yang akan Anda pilih? Pastikan dulu sofa tersebut hendak Anda taruh dimana.