Ciptakan Ruang Kerja di Rumah yang Nyaman dan Inspiratif

Membuat desaian rumah yang cocok untuk bekerja sangatlah penting. Apalagi Anda memang seorang pekerja rumah, artinya tidak harus keluar rumah untuk mengerjakan pekerjaan Anda.

Memang kemudahan dan fasilitas internet saat ini tidak mengharuskan seseorang bekerja di luar rumah. Bahkan bekerja di dalam rumah saat ini menjadi pilihan banyak ibu rumah tangga. Di samping bisa tetap dekat dengan keluarga, resiko bekerja di luar rumah pun dapat dihindarkan.

ruang kerja di rumah

Meskipun bekerja di dalam rumah, tetap saja kebutuhan ruangan khusus untuk bekerja pun diperlukan. Bahkan ruangan kerja di rumah ini menuntut kenyamanan sehingga Anda dapat bekerja dengan nyaman juga.



Ada beberapa hal yang perlu Anda usahakan untuk membuat ruang kerja Anda di rumah menjadi nyaman dan inspiratif.

Pemilihan kursi yang baik

kursi ruang kerja

Kursi menjadi elemen penting dalam sebuah ruang kerja. Bahkan kehadiran kursi menjadi sebuah keharusan dalam ruang kerja. Seberapa betah Anda duduk mengerjakan sebuah pekerjaan sangat tergantung kenyamanan kursi yang Anda tempatkan. Karenanya pemilihan kursi yang baik sangat membantu mempertahankan dan meningkatkan kinerja Anda dalam ruangan tersebut.

Tidak harus mahal. Yang penting kursi itu mampu memberi kenyamanan saat Anda duduk dan mengerjakan pekerjaan. Sandaran yang mampu menahan punggung Anda dan juga pergerakan kursi yang mudah membantu Anda tatkala Anda harus menggesernya ke kiri, ke kanan atau ke depan dan kebelakang. Kemudahan gerak kursi ini akan menghindarkan Anda dari mengangkat kursi ketika Anda hendak mengambil sesuatu yang dekat dari meja kerja Anda.

Pastikan Pencahayaan Terjamin

ruang-kerja-di-rumah-new10

Cahaya yang cukup akan menjadikan mata Anda tidak kelelalahan, apalagi jika Anda harus bekerja di depan layar komputer. Usahakan ada cahaya yang mengarah ke komputer sehingga radiasi cahaya dari komputer ke mata Anda dapat Anda minimalisir.



Karenanya, selain mengandalkan cahaya alami, Anda perlu mengusahakan cahaya lampu. Cahaya lampu inilah yang dapat Anda atur sedemikian rupa sehingga mata Anda akan merasakan kenyamanan saat berhadapan dengan layar monitor.

Sama sepert halnya pemilihan kursi, cahaya ini juga dapat Anda usahakan tanpa merogeh banyak kocek. Anda bisa membuatnya sendiri dengan kemampuan kreativitas Anda. Hal penting yang harus Anda perhatikan saat mengusahakan pencahyaan adalah terjaminnya cahaya yang cukup dalam ruang kerja Anda.

Sirkulasi Udara

sirkulasi udara

Kemampuan mata seseorang sangat terbatas. Kelelahan dapat dengan mudah dirasakan oleh mata ketika mata terlalu lama fokus pada layar komputer. Karenanya, mata tidak boleh terlalu lama fokus pada layar. Berilah jeda untuk setiap dua jamnya. Lepaskan pandangan mata Anda ke yang lainnya sehingga kelenturan mata tetap terjaga.

Untuk hal tersebut Anda dapat melihat pemandangan alam yang dapat Anda lakukan dengan tetap duduk di kursi dan mengarahkan pandangan ke luar ruangan dengan menghirup udara sedalam-dalamnya. Inilah pentingnya sirkulasi udara.

Dengan sirkulasi udara yang ditata dengan baik, Anda akan mendapat pasokan oksigen yang memadai meski Anda berada di dalam ruang kerja. Pasokan oksigen yang cukup ini akan menjaga kesegaran Anda dalam bekerja.
Dengan melakukan rehat seperti itu, mata Anda akan terjaga dari kelelahan, dan tubuh Anda akan tetap terasa segar karena Anda dapat menghirup udara segar sepuasnya, meski berada di dalam ruangan.

Buat Dekorasi Dinding yang Menarik

Terjaganya kenyamanan dalam ruang kerja, selain dapat diperoleh dengan mengusahakan hal-hal di atas juga sangat ditentukan oleh dekorasi yang ada dalam ruangan. Bagaimanapun, suasana di dalam ruangan berbeda dengan di luar ruangan. Keleluasaan pandangan tentu lebih banyak di dapat di luar ruangan. Karenanya, usahakan ruangan yang banyak keterbatasannya tersebut tetap mampu memberi kelapangan kepada Anda.



Untuk menciptakan kelapangan dalam ruangan, Anda dapat mendekorasi dinding Anda sedemikian rupa sehingga dekorasi dinding tersebut mampu memberikan keceriaan Anda saat berada dalam ruangan. Selain itu fungsi dekorasi yang apik dalam sebuah ruangan juga akan membantu mengurai kelelahan Anda saat harus banyak menatap layar komputer. Bahkan kalau perlu dekorasi ruangan usahakan mudah diganti sehingga ruangan tidak membosankan.

Aplikasikan Tanaman In Door

tanaman dalam ruang kerja

Hadirnya tanaman dalam sebuah ruangan selain menciptakan kesan natural juga menjadi pemandangan yang menyegarkan di mata. Hijau daun tanaman dan warna bunyanya akan menjadikan kesegaran dalam ruangan dan memanjakan mata Anda. Hal ini tentu saja sangat baik bagi mata yang harus bekerja dalam durasi lama di depan komputer. Selain itu, tanaman dalam ruangan juga akan membantu sirkulasi udara dalam ruangan.

Meski demikian, Anda harus cermat dalam memilih tanaman. Pilihlah tanaman yang benar-benar cocok untuk ruangan kerja Anda. Anda dapat memilih tanaman ruangan yang tidak banyak membutuhkan siraman air sehingga Anda tidak direpotkan dengan perawatannya.

Pemilihan Pintu

pintu ruang kerja

Meski di dalam rumah sendiri tentunya Anda tidak ingin terganggu saat Anda beraktivitas di ruang kerja Anda. Karenanya, pilihlah pintu yang baik untuk ruang kerja tersebut. Jika perlu pilihlah pintu yang bisa Anda jadikan sebagai peredam suara sehingga ini akan menjamin konsentrasi Anda saat bekerja. Di samping itu, pastikan bahwa pintu tersebut dapat menjamin kemudahan Anda keluar masuk ruangan tanpa menimbulkan suara yang bising.

Layout Ruangan

lay out ruang kerja

Seberapapun luas ruangan Anda, Anda harus memikirkan layout dan setting dari ruangan Anda. Dengan lay out dan setting yang tepat ruangan Anda tidak akan terasa terlalu longgar sehingga terkesan kosong dan sepi dan juga tidak terlalu sempit sehingga terkesan sumpek.

Pilihlah furniture yang pas yang dapat Anda tempatkan dalam ruang kerja Anda. Pilihlah furniture yang benar-benar fungsional kalau Anda tidak ingin menjadikan ruang kerja Anda seperti gudang. Pemilihan warna yang soft juga akan membantu ketenangan dan kenyamanan Anda saat bekerja.

Nah itulah beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk menciptakan ruangan kerja yang nyaman dan inspiratif.