Dekorasi Dinding Ciptakan Ruangan Terkesan Indah

Dekorasi Dinding – Beberapa waktu yang lalu seorang pembaca www.interdesain.com mengirim pesan lewat whatsapp dan menyampaikan keinginannya mendekorasi dindingnya. Karena dinding yang saat ini masih berupa dinding polos sehingga kesan membosankan terasa dalam ruangan rumahnya. Kemudian dia pun mengirimkan gambar yang dimauinya.

dekorasi dinding rumah

Apa yang dikeluhkan pembaca www.interdesain.com itu menunjukkan bahwa dinding, warna dan dekorasinya ternyata mampu mempengaruhi nyaman tidaknya seseorang berada di dalam rumah. Karenanya, saat akan mengaplikasikan warna ataupun dekorasi dinding rumah tentu tidak boleh asal-asalan.

Kontruksi dan desain rumah yang bagus tetapi jika salah dalam memilih warna dan dekorasi dindingnya, tidak akan mampu menjadikan sebuah hunian menjadi nyaman untuk ditinggali. Sebaliknya, rumah dengan desain sederhana tetapi penataan interior dan dekorasi dinding serta pemilihan warna yang pas, justru dapat membuat rumah sederhana tersebut menjadi surga di dunia.

dekorasi dinding dengan ranting dan kaca

Ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan ketika seseorang menginginkan dekorasi dinding rumahnya mampu memberikan kenyaman pemiliknya. Selain beberapa hal, ada beberapa pekerjaan yang dapat Anda lakukan untuk membuat warna dinding rumah Anda menjadi terlihat indah dan penuh pesona.

Tema Ruang yang Akan Diusung

dekorasi dinding hijau

Membicarakan dinding tentu tidak bisa lepas dari membicarakan ruang-ruang dalam rumah. Karena dindinglah yang menciptakan ruang-ruang tersebut. Sehingga ketika Anda akan mendekorasi dinding sebuah ruangan tentunya Anda harus menentukan terlebih dahulu tema apa yang akan Anda usung dalam ruangan tersebut.




Pemilihan tema ruang ini akan mempengaruhi pemilihan warna cat dinding dan juga elemen dekorasi dinding yang lain, seperti lukisan, bentuk-bentuk geometris atau sekedar penempatan ranting kering dalam sebuah ruangan.

Tentukan Focal Point

focal point

Focal point inilah yang akan menjadi kesan pertama ketika seseorang masuk dalam sebuah ruangan. Anda dapat membuat focal point pada salah satu sisi dinding dalam ruangan tersebut. Atau jika Anda terlalu berat, lampu atau sekedar lukisan yang terpajang dapat Anda jadikan sebagai focal point pada ruangan tersebut. Bahkan cermin kaca dapat Anda jadikan focal point pada dekorasi dinding ruangan.



Kehadiran focal point dalam sebuah ruangan selain akan menjadi daya tarik tersendiri bagi seseorang, juga akan memberi kesan dinamis pada sebuah ruangan sehingga ruangat tidak membosankan. Bahkan focal point inilah yang diharapkan menjadi kenangan tak terlupakan oleh tamu atau siapapun yang berkunjung di rumah Anda.

Sesuaikan Warna Cat Dinding dengan Dekorasi Ruang

dekorasi dinding dengan rak dinding

Mendesain interior pada dasarnya memadukan beberapa eleman yang berbeda menjadi satu kesatuan yang seimbang dan seirama, sehingga jauh dari unsur berdesak-desakan atau ramai. Keseimbangan itu dapat Anda lakukan dengan menyesuaikan warna cat dinidng dengan keseluruhan elemen dekorasi yang ada dalam ruangan tersebut.

Pilih Bahan yang Sesuai

Hiasan-dinding-kupu-kupu

Yang dimaksud bahan di sini adalah bahan yang nantinya akan kita jadikan sebagai elemen dekorasi dalam ruangan Anda. Beberapa bahan yang sering digunakan untuk mendekorasi dinding sebuah ruangan, antara lain, wallpaper, kayu, batu putih, lukisan dan sebagainya.

Kesan yang Ingin Diciptakan Lewat Dekorasi Dinding

dekorasi dinding kesan hangat

Mendekorasi dinding atau pemilihan warna cat dinding juga dipengaruhi oleh kesan apa yang ingin diciptakan dalam sebuah ruangan. Jika Anda menginginkan keteduhan dan ketenangan tentunya warna-warna netral, seperti abu abu, putih dan biru layak Anda pertimbangkan. Demikian juga ketika Anda menginginkan kesan natural, Anda pun dapat menampilkan kesan natural itu dengan membawa beberapa bunga pada dinding atau sekedar Anda taruh di bagian sudut ruangan.



Terkait dengan pertanyaan pembaca www.interdesain.com yang ingin mengaplikasikan bunga dalam ruangannya, sehingga tidak terlihat polos dan membosankan, Anda dapat memilih yang termudah, yaitu menggunakan wallpaper timbul. Anda dapat membaca postingan berjudul mengubah suasana hampa dengan mendesain dinding interior untuk menambah referensi yang Anda butuhkan.

IMG-20161120-WA0065

Selain itu jika Anda menginginkan dekorasi dinding seperti tersebut, Anda dapat berkreasi sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang ada, misalnya kayu, atau Anda dapat melukisnya sendiri. Cara melukis dinding yang mudah (mural) dapat Anda baca referensinya di interdesain.com juga.

Atau jika Anda juga bisa menggunakan styrofoam kemudian Anda bentuk dengan bentuk sesuai dengan yang Anda inginkan, setelah itu diberi warna lalu tempelkan dengan menggunakan double isolatip. Jika Anda ingin menonjolkan kesan dekorasinya Anda dapat memasang lampu di dinding bagian atas dengan sorot lampu fokus pada area yang ingi ditonjolkan.

Relief Motif Bunga Lotus

Selain itu Anda pun dapat memdapatkan dekorasi dinding berupa relief pada batu alam. Relief batu alam seperti ini mudah sekali Anda dapatkan pada toko-toko taman atau bangunan. Bahkan Anda dapat pula memesannya. Selain warna polos natural, Anda pun dapat memberi warna relief tersebut sesuai dengan keningan Anda. Setelah itu Anda tinggal memasangnya di ruangan Anda. Selamat mencoba.