Desain Rumah Minimalis Inspirasi Bagi Anda Pendamba Rumah Minimalis

Desain Rumah Minimalis – Bagi Anda berencana membangun hunian berbentuk minimalis, ada banyak contoh inspirasi yang dijadikan referensi. Pada prinsipnya, membuat rumah minimalis harus dapat memenuhi kebutuhan akan ruangan yang dibutuhkan keluarga. Meskipun berkategori minimalis, kebutuhan tiap ruang juga harus diprioritaskan. Rumah yang nyaman identik dengan ruangan yang lebar, sayangnya tidak demikian dengan rumah minimalis. Karenanya, desain awal berupa denah mutlak diperlukan.

desain rumah minimalis 1 lantai 2

Rumah minimalis biasanya dibangun berdasarkan beberapa kondisi, seperti kurangnya lahan, terbatasnya dana, dan terkadang faktor alam. Meskipun demikian, beberapa hal tersebut seharusnya tidak mengurangi desain rumah minimalis yang dianggap nyaman. Kekurangan utama dari rumah minimalis adalah terbatasnya lebar ruangan, terlebih jika dalam satu rumah terdapat banyak anggota keluarga. Namun dengan desain rumah yang tepat, semua kekurangan tersebut dapat diatasi.

Desain Rumah Minimalis dengan Tiga Kamar Tidur

Secara umum, rumah minimalis biasanya terdiri dari beberapa ruangan saja, seperti dua kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga dan gabungan antara dapur dan ruang makan. Karena rumah minimalis dibangun berdasar prinsip pemanfaatan lahan, maka imbasnya ruangan yang ada menjadi serba terbatas. Dilihat dari segi ukuran, setiap ruangan dalam rumah minimalis memiliki ukuran paling lebar hanya 3×3 meter. Untuk ukuran rumah minimalis, ukuran seperti ini sudah cukup dianggap luas.

desain rumah minimalis dengan 3 kamar tidur

Pada contoh desain rumah minimalis di atas, bisa dilihat hanya ada beberapa ruangan yang terdapat dalam rumah minimalis tersebut. Alokasi ruangan pada rumah minimalis harus berdasarkan pada ukuran, bukan pada kebutuhan penghuni rumah. Tiga kamar tidur di atas masih menganut bentuk modern dengan kamar mandi berada dalam kamar tidur sehingga alokasi ruangan yang dibutuhkan sedikit lebih banyak, paling tidak hingga 4 meter. Namun jika ingin menghemat ruangan, kamar mandi dalam ruang tidur dapat dihilangkan.

Merencanakan denah rumah minimalis sebenarnya sangat mudah, tinggal menjadi dua bagian. Pada contoh di atas, bagian belakang rumah hanya digunakan untuk kamar tidur, sedangkan pada bagian depan digunakan untuk beberapa ruangan seperti ruang tamu, ruang keluarga, ruang dapur dan ruang makan. Beberapa ruangan yang harus diberi porsi besar dalam penggunaan ruangan yaitu kamar tidur, ruang keluarga dan ruang tamu. Sebagai gambaran, karena ruang keluarga dijadikan tempat sebagai berkumpul maka ruangan harus dapat mengakomodasi jumlah penghuni rumah.

Desain Rumah Minimalis dengan Dua Kamar Tidur, Teras dan Ruang Kerja

Meskipun bentuknya hanya sebatas rumah minimalis, namun dengan desain yang tepat, beberapa fasilitas juga dapat diterapkan seperti teras dan ruang kerja. Penambahan ruangan lain pada rumah minimalis hendaknya dibarengi dengan pemanfaatan ruang dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, pembuatan denah rumah harus dilakukan dengan cermat dan mendetail. Perhitungan ukuran tiap ruangan juga perlu dilakukan agar rumah minimalis dapat memenuhi kebutuhan akan ruangan.

desain rumah minimalis dengan 2 kamar tidur

Pada contoh denah rumah di atas, rumah minimalis pun dapat dibuat dengan semaksimal mungkin. Kuncinya memang terletak pada pencanaan desain dan denah rumah yang tepat. Perbedaan mencolok terlihat pada desain ruangan kamar tidur. Jika pada gambar sebelumnya kamar tidur memiliki kamar mandi pribadi, maka dengan penambahan ruangan, kamar mandi dalam ruang tidur harus dihilangkan guna memberi ruang lain. Sisa ruangan kemudian dapat dimanfaatkan untuk membuat teras rumah dan ruang kerja pribadi.

Dengan cara yang sama pula, penambahan ruang lain dapat dialokasikan tanpa mempengaruhi fungsi ruangan. Teras rumah dapat dibuat sedemikian rupa baik itu berlokasi di depan rumah maupun belakang rumah, bergantung pada kondisi dimana rumah dibangun. Begitu juga dengan ruang kerja. Pada contoh di atas ruang kerja berlokasi di bagian belakang rumah seperti terisolasi. Keadaan seperti ini memang dibutuhkan guna memperoleh konsentrasi yang tepat dan menghindari gangguan lain, terlebih jika rumah berada di pinggir jalan raya.

Desain Rumah Minimalis dengan Tiga Kamar Tidur

Jika ternyata dalam satu atap rumah terdapat banyak anggota keluarga, maka kebutuhan akan kamar tidur sangat mutlak diperlukan. Dengan rancangan desain yang mendetail, rumah minimalis sekalipun dapat diupayakan memiliki tiga kamar tidur. Tentu saja keadaan ini akan berimbas pada ruangan lain yang semakin menyempit karena alokasi luas suatu ruang dialihkan untuk penambahan kamar tidur. Diantara ruangan yang dapat dikorbankan untuk hal ini yaitu ruang dapur yang digabung dengan ruang makan.

desain rumah minimalis dengan 3 kamar tidur 2

Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa, meskipun rumah bersifat minimalis namun masih memiliki banyak ruangan kecil. Kunci dari semua ini adalah desain rumah yang tepat. Dengan luas lahan hanya berkisar 36 m2, maka alokasi kamar tidur dapat dibuat dengan luas 3-3,5 meter. Sedangkan pada ruang tamu dan ruang keluarga, ukuran luas ruangan sebaiknya tidak lebih dari 3 meter. Untuk mengatasi sempitnya ruangan, pemilihan interior seperti furniture, aksen dan warna dinding harus diperhitungkan. Terapkan warna cerah untuk menghindari kesan sempit pada ruangan.

Seperti yang terlihat pada contoh desain rumah minimalis, warna pada semua ruangan menggunakan warna yang sama. Hal ini diperlukan guna menghindari batasan pada tiap ruangan. Penggunaan warna yang berbeda pada setiap ruangan akan memberi kesan ruangan menjadi terkotak-kotakkan. Furniture yang diterapkan juga hendaknya yang bersifat minimalis. Penerapan rak dinding dan kitchen akan membuat pemakaian ruangan sedikit lebih hemat. Jikapun ingin menambah aksen tertentu, tambahkan hiasan seperti foto atau lukisan.