Desain Rumah Minimalis Type 45 Terbaru yang Mampu Memberi Kesan Lapang

Desain Rumah Minimalis Type 45 – Rumah minimalis seakan menjadi trend tersediri untuk banyak kalangan. Berawal dari kurangnya lahan terbuka, rumah minimalis seakan menjadi sebuah solusi untuk memiliki hunian sendiri. Ada beberapa tipe untuk rumah minimalis, dan yang paling banyak dibangun yaitu type 36 dan type 45. Kedua tipe ini dipandang lebih bersahabat untuk penghuni rumah karena masih menyediakan kelengkapan ruangan.

desain rumah minimalis type 45

Hal ini sangat jauh berbeda dengan tipe 21 yang dinilai sangat minim ruangan. Merencanakan desain rumah minimalis tipe 45 terbaru merupakan kesulitan tersendiri. Terutama dalam menentukan alokasi luas yang akan digunakan tiap ruangan. Desain rumah minimalis type 45 sebenarnya dapat dibuat lebih ekspresif dibanding type 36, ini karena lahan yang ditempati sedikit lebih luas.

Dengan kata lain, dapat diartikan bahwa type 45 lebih mampu mengakomodasi kebutuhan ruangan dalam rumah. Misalnya dengan menambahkan ruang keluarga, taman hias maupun kolam mini.

Desain rumah minimalis type 45 terbaru 2 kamar

Meskipun masih termasuk ke dalam kategori rumah minimalis, type 45 sebenarnya sudah bisa disebut sebagai rumah mewah. Apalagi jika desain rumah minimalis type 45 dipadukan antara eksterior dan interior yang menarik, pastinya rumah akan semakin nyaman ditinggali. Dengan luas yang lebih besar daripada tipe 36, secara otomatis alokoasi ruangan akan menjadi bertambah.

5. Desain rumah minimalis tipe 45 terbaru 2 kamar 1

Desain rumah minimalis type 45 dengan dua kamar tidur pada rumah type 45 pastinya akan lebih besar sehingga berbagai furniture dapat ditambahkan di dalamnya. Kamar tidur biasanya diposisika secara berurutan dengan garasi mobil pada bagian depan rumah. Kamar tidun depan memiliki keuntungan dalam melihat keluar rumah secara langsung, sedang kamar tidur belakang langsung berpapasan dengan taman.

Luas ruangan yang lebih besar dapat ditambahkan beberapa furniture seperti lemari, meja hias dan ornament lain. Dan hal ini secara tidak langsung dapat meningkatkan produktifitas dan bisa menambah kenyamanan seluruh penghuni rumah. Ruang tamu pada bagian depan sebaiknya diberi tambahan berupa partisi untuk membatasi pandangan pada ruang makan.

5. Desain rumah minimalis tipe 45 terbaru 2 kamar 2

Hal ini diperlukan guna menghilangkan rasa tidak nyaman ketika sedang melakukan makan. Pada desain rumah minimalis type 45 tersebut, ruang dapur dibuat secara terpisah dari unit bangunan rumah. Ada banyak alasan kenapa dibuat dapur terpisah, salah satunya untuk menghindari kemungkinan asap masuk dalam rumah.

Desain rumah minimalis type 45 terbaru 3 kamar

Untuk membuat desain rumah minimalis type 45 terbaru dengan tiga kamar tidur, hal ini sangat mudah dilakukan. Ini dikarenakan luas ruangan lebih memadai daripada tipe 36. Meskipun demikian, penataan interior tetap harus dilakukan agar tidak terlalu menghabiskan banyak ruangan. Karena pada dasarnya rumah type 45 tidak terlalu beda jauh dengan type 36.

5. Desain rumah minimalis tipe 45 terbaru 3 kamar 1

Dengan menerapka prinsip pemanfaatan ruang, beberapa fungsi ruangan dapat ditambahkan, seperti ruang keluarga yang menjadi lebih luas agar muat seluruh orang. Kebanyakan desain rumah minimalis tipe 45 berbentuk memanjang, namun bentuknya dapat dibuat bervariasi. Pada contoh desain di atas, desain rumah secara keseluruhan berbentuk persegi.

Dengan perhitungan desain rumah minimalis type 45 yang tepat, sisa ruangan dapat dimaksimalkan menjadi ruang lain. Jika dilihat dengan cermat, setiap ruangan memiliki porsinya masing-masing seperti ruang dapur dan ruang makan. Pada type 36, ruang makan dan dapur biasanya dibuat menyatu. Terdapat dua kamar mandi pada desain rumah tersebut, satu kamar mandi terdapat dalam kamar tidur utama.

desain rumah minimalis type 45 b

Posisi kamar mandi umum terlihat tidak aksesibel pada desain rumah minimalis type 45 karena letaknya berada jauh di belakang rumah. Posisi ini akan menyulitkan penghuni rumah maupun tamu untuk menggunakan kamar mandi. Jika dilihat dari tatanan ruangannya, seseorang dari ruang tamu yang akan memakai kamar mandi harus melalui beberapa ruangan, ini dinilai kurang efektif dalam pergerakan.

Desain rumah minimalis type 45 terbaru 4 kamar

Untuk sebagian orang yang memiliki anggota keluarga cukup banyak, maka persediaan kamar tidur juga harus banyak. Pada desain rumah minimalis type 45, kamar tidur dapat dipaksakan hingga menjadi empat. Tentunya dengan mengorbankan luas ruangan lain agar dapat mengakomodasi kamar tidur. Karena ada empat kamar tidur, luas ruangan lain harus dikurangi seperti menyatukan ruang makan dengan dapur.

Pemanfaatan ruang kosong menjadi sangat krusial dalam hal ini. Jika masih ingin menerapkan kamar tidur utama dalam rumah, maka lokasi sebaiknya dipisah dari kamar tidur lainnya. Dalam desain rumah minimalis type 45 terbaru, kamar tidur utama terpisah dan memiliki kamar mandi sendiri di dalamnya. Di sisi yang berseberangan, kamar tidur dibuat secara berjajar dengan diselingi kamar mandi.

Kamar mandi yang diapit oleh kamar tidur ini berguna memudahkan akses. Secara keseluruhan, terdapat tiga kamar mandi dalam rumah. Ini dimaksudkan untuk mensiasati penggunaan kamar mandi secara bersamaan karena jumlah anggota keluarga yang banyak. Satu kamar mandi lain diletakkan pada bagian dapur bersebelahan dengan kamar tidur. Jumlah kamar mandi cukup ideal dan lokasinya pun strategis.

5. Desain rumah minimalis tipe 45 terbaru 4 kamar 2

Bisa dilihat bahwa setiap ruangan selalu dekat dengan kamar mandi. Ruang keluarga secara ideal memang harus berada di tengah rumah guna memudahkan penghuni keluarga untuk berkumpul. Namun jika mengacu pada desain rumah minimalis type 45 terbaru di atas, ruang makan justru terlalu jauh dari dapur. Kondisi ini menjadi kesulitan tersendiri. Lebih baik jika lokasi ruang keluarga ditukar dengan ruang makan.