elemen-elemen dalam desain interior rumah yang menawan

Perpaduan yang apik antara desain interior rumah dan desain eksterior akan menciptakan hunian yang nyaman, melegakan dan membuat betah seseorang tinggal di rumah tersebut. Sebaliknya meskipun penataan desain eksterior sebuah rumah baik namun jika tidak diimbangi dengan desain interior yang baik tetap saja rumah tidak akan menjadi hunian yang menyenangkan.

elemen-elemen dalam desain interior rumah yang menawan 3

Kesuksesan desain interior rumah dibangun dari beberapa elemen-elemen pendukungnya. Elemen-elemen tersebut satu dengan yang lainnya saling mendukung membentuk kesatuan yang padu sehingga tercipta sebuah hunian yang nyaman dan menenteramkan untuk dihuni.

Layout ruang

elemen-elemen dalam desain interior rumah yang menawan 2

Sebuah rumah terdiri atas ruangan-ruangan dengan fungsi yang berbeda-beda. Penataan ruangan dalam sebuah desain interior rumah harus dilakukan sedemikian rupa sehingga optimalisasi ruangan yang ada akan tercapai. Sebaliknya jika ruangan ditata dengan asal-asalan bisa jadi rumah yang sebenarnya luas menjadi tampak sempit dan sumpek untuk dihuni. Anda dapat mengaplikasikan partisi ruangan dalam desain interior rumah Anda.

Dalam penataan ruang dalam desain interior rumah hal yang harus diperhatikan salah satunya adalah pencahayaan. Akankan cahaya matahari dibebaskan masuk ke dalam suatu ruang, ataukan justru cahaya matahari dibatasi masuk dalam sebuah ruangan. Pertimbangan ini akan memperngaruhi peletakan sebuah ruangan.

Variasi Ruangan

elemen-elemen dalam desain interior rumah yang menawan 5

Keinginan manusia yang tidak pernah terbatas menyebabkan munculnya berbagai variasi fungsi ruang dalam desain interior rumah. Kalau jaman dahulu sebuah rumah sudah cukup memiliki sebuah ruangan besar dalam rumah yang dapat difungsikan untuk berbagai aktivitas. Pembatas antarruang bahkan sering tidak didapati.

Namun, seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi, kini hampir setiap aktivitas membutuhkan ruangan yang terpisah. Karenanya, desain interior rumah hendaknya mampu menampung sekaligus menyediakan ruang-ruang yang dibutuhkan. Sehingga kenyamanan beraktivitas dalam rumah akan dirasakan nyaman.

Ruangan Privasioner

elemen-elemen dalam desain interior rumah yang menawan 11

Meskipun dalam sebuah keluarga, terkadang anggota keluarga membutuhkan ruangan yang mampu menjaga privasi mereka. Bahkan hampir setiap anggota keluarga membutuhkan ruang tersebut, karenanya desain interior rumah hendaknya mampu mengakomodir kebutuhan anggota keluarganya dengan menyediakan ruang-ruang pribadi, seperti kamar tidur, ruang belajar dan sebagainya.

Pencahayaan dalam ruangan
elemen-elemen dalam desain interior rumah yang menawan

Dalam sebuah rumah jangan mengandalkan pencahayaan hanya dari lampu yang tersedia. Pencahayaan natural seperti cahaya matahari sangat diperlukan untuk menjaga agar ruangan tidak gelap dan terasa pengap. Perpaduan antara terjaganya cahaya dan pergantian udara yang terjamin sangat mempengaruhi kualitas dan kenyamanan sebuah ruangan.

Kenyamanan rumah

elemen-elemen dalam desain interior rumah yang menawan 7

Kenyaman tinggal di dalam rumah menjadi idaman setiap manusia. Kenyamanan yang muncul dalam sebuah rumah akan meningkatkan dan memotivasi seseorang tetap semangat beraktivitas di dalamnya. Sebaliknya ketidaknyamanan berada di dalam sebuah rumah akan berakibat seseorang lebih memilih meninggalkan rumah daripada berlama-lama di dalamnya.

Karenanya, dalam mendesain interior rumah faktok kenyamanan rumah ini harus mendapat prioritas. Sehingga siapaun akan merasa betah tinggal dan berada di dalam rumah itu. Dan kondisi seperti itu tentu akan mendukung terciptanya keluarga yang sakinah mawadah wa rahmah. Ya, hal itu akan muncul berawal dari kenyamanan tinggal di dalam rumah yang desain interior rumah tersebut tertata apik.

Warna dalam desain interior rumah

elemen-elemen dalam desain interior rumah yang menawan 8

Warna memang dapat menciptakan suasana seperti yang diharapkan penghuninya. Warna dapat memberi kesan ruang yang sempit terasa luas. Ruang sederhana menjadi terkesan mewah dan sebagainya. Warna juga dapat membangun suasana psikologis para penghuninya. Perpaduan warna dengan cahaya yang pas dan serasi akan menciptakan ruangan dengan estetika tinggi yang nyaman untuk dinikmati.