Hal-Hal Berikut Akan Menciptakan Hunian Anda Nyaman

Memiliki rumah yang nyaman dan menyejukkan menjadi idaman setiap keluarga. Kenyamanan hunian ini akan menjadikan kehidupan menjadi lebih membahagiakan. Hubungan antar anggota keluarga pun akan semakin akrab. Impian-impian seperti itu pasti ada dalam setiap diri manusia, termasuk Anda juga kan?

Masalahnya terkadang untuk mewujudkan impian itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Contohnya membangun rumah yang nyaman dan melegakan, tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Mulai dari lahan yang harus memadai dan berbagai kebutuhan lain untuk mewujudkan rumah idaman.

Sebenarnya, tidaklah selalu demikian. Ketika Anda memang hanya mempunyai lahan yang tidak terlalu luas, Anda masih bisa mewujudkan impian Anda mempunyai hunian yang nyaman. Anda bisa mendesain rumah minimalis. Stop. Jangan berpikir bahwa rumah minimalis selalu rumah yang sempit, sumpeg dan membikin tidak betah berlama lama di dalamnya.

Memang harus diakui, yang namanya minimalis tentu tidak seluas rumah dengan lahan yang luas. Minimalis memang minimalis. Hanya saja ketika seseorang mampu mendesain rumah, mulai ruang ruang utama hingga pernak pernik sebagai asesorisnya tentu yang minimalis itu justru akan terlihat cantik dan mungil. Betah tinggal di dalamnya. Apalagi jika semua yang ada di dalamnya memang benar benar barang barang yang dibutuhkan tentu menjadi efektif barang barang tersebut.

Untuk lebih lengkapnya ada baiknya kita membahas hal hal apa saja yang harus diperhatikan untuk mendapatkan rumah minimalis tetapi nyaman dan melegakan.

Hadirkan Bukaan

Kehadiran sekat sekat dalam sebuah rumah dengan lahan yang sempit akan membuat kesan penuh rumah itu. Akibatnya rumah terasa sempit dan sumpek. Untuk mengatasi hal itu, cobalah untuk memperkecil sekat sekat dalam rumah. Sebaliknya, perbanyak bukaan sehingga ruangan terasa longgar dan melegakan.

Meski banyak bukaan tentu ada ruang yang menjadi privasi Anda sekeluarga. Kalau toh Anda harus membuat sekat atau pemisah, usahakan pemisah tersebut tidak permanen. Anda bisa memisahkan ruang yang satu dengan yang lain dengan partisi yang memang Anda desain minimalis dan bisa dipindah kapan pun Anda mengingikannya.

Pemilihan Warna

Agar rumah minimalis terasa nyaman dan melegakan, hindari penggunaan warna – warna yang mencolok. Warna tersebut akan sangat mengganggu dan membuat rasa menjadi gerah. Pilihlah warna warna yang kalem, seperti warna putih, abu abu, cream dan warna – warna yang lebih banyak memberi efek tenang.

Selain pemilihan warna, hindari penggunaan banyak warna dalam ruangan. Kesan ramai dan gerah akan menojol jika sebuah ruangan mempunyai banyak sekali warna mencolok. Warna monokrom sangat disarankan untuk membuat ruangan menjadi adem dan menyejukkan.

Pasang Kaca yang Lebar

Pantulan kaca terhadapa ruangan atau benda di depannya akan membuat ruangann terasa luas. Anda bisa menempatkan kaca yang besar itu di ruang utama, sehingga kesan lebar dan luas akan terasa ketika seseorang berada di ruangan itu. Selain memberi kesan luas, pengaplikasiah kaca lebar dalam sebuah ruangan juga akan menjadikan ruangan terlihat bersih dan rapi. Tentu saja Anda harus memperhatikan benda benda yang akan dipantulkan kaca tersebut.

Percuma, Anda pasang kaca lebar tetapi di dalam ruangan tersebut penuh dengan benda benda yang ketika dipantulkan oleh kaca justru memberi kesan penuh barang dalam ruangan tersebut. Karenanya, tempatkan barang barang yang memang fungsionalis dalam ruangan tersebut.

Tambahkan Elemen Dekorasi

Kehadiran elemen dekorsi ini tentu saja diharapkan dapat menambah indah sebuah ruangan. Karenanya, pemilihan elemen dekorasi yang sesuai dengan ruang rumah akan sangat membantu menciptakan ruangan yang indah dan menyenangkan. Anda bisa memilih elemen dekorasi dengan warna yang sesuai dengan warna dasar tembok atau ruangan Anda. Sehingga kehadiran elemen dekorasi itu akan padu dan tidak saling bertabrakan.

Hadirkan Pohon Pohon Mungil dalam Ruangan

Meskipun kecil, namun kehadiran pohon atau bunga akan menambah estetika ruangan. Mungkin Anda hanya butuh satu buah kokodema untuk memberi kesan natural dalam sebuah ruangan. Atau mungkin sebuah pohon yang menempel dan menjuntai di dinding akan Anda jadikan titik poin dalam ruangan tersebut. Intinya, kehadiran sebuah pohon dalam ruangan diperlukan untuk memberi kesan indah dan natural sebuah ruangan.

Nah, itu tadi beberapa hal yang bisa Anda usahakan untuk mendapatkan ruang minimalis yang nyaman dan melegakan. Selamat mencoba.