Ingin Menentukan Desain Interior Dapur: Jawab Dulu 4 Pertanyaan Berikut

Ingin Menentukan Desain Interior Dapur – Desain interior ruang dapur merupakan aspek penting yang harus diperhatikan untuk menghasilkan sebuah hunian yang nyaman. Dapur yang indah dan rapi akan membuat segala aktivitas di dalamnya terasa nyaman. Masakan yang Anda masak juga akan lebih sehat dan higienis jika dapur selalu nampak bersih dan rapi.

Ingin Menentukan Desain Interior Dapur

Dapur yang selama ini seringkali diidentikkan dengan sampah bekas masakan, tumpahan minyak dan lain sebagainya ternyata bisa diubah menjadi ruangan minimalis yang cantik. Salah satu cara mengubah citra dapur yang sumpek dan kumuh adalah dengan mengaplikasikan dinding keramik, kompor listrik hingga kitchen set.

Jika Anda ingin desain interior ruang dapur minimalis yang nyaman sebenarnya dapat Anda lakukan dengan mudah melalui bantuan konsultan. Namun, hal seperti ini akan menguras banyak budget Anda. Selain jasa konsultan, Anda biasanya juga akan terjebak produk unggulan yang mereka tawarkan dengan harga mahal.

desain interior dapur ruang makan melingkar

Cara yang paling mudah untuk mewujudakan kenginginan desain interior ruang dapur tanpa mengeluarkan banyak biaya adalah dengan mendesainnya sendiri. Anda bisa berkreasi sesuai dengan imajinasi Anda. Namun, tentukan terlebih dahulu tema yang Anda inginkan agar dapur lebih tertata dan terkonsep.

Bagi Anda yang belum berpengalaman sebelumnya dan ingin menentukan desain interior dapur, memilih tema desain yang paling pas untuk dapur mungkin akan sedikit sulit. Kesalahan yang paling umum dilakukan oleh para pemula adalah tidak memperhitungkan kesesuaian tema dengan ukuran ruang dapur yang dimiliki sehingga setelah diaplikasikan dapur justru terlihat lebih sumpek.

desain interior dapur klasik

Untuk memudahkan Anda menemukan konsep desain interior ruang dapur yang tepat, coba jawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

Apa saja yang ingin Anda lakukan di dapur?

desain interior dapur warna hijau

Tidak semua orang mengfungsikan dapur hanya sebagai ruangan memasak saja, sebagian orang juga menyatukan fungsi dapur sebagai tempat memasak sekaligus ruang makan. Penyatuan fungsi seperti ini memang terbilang lebih simpel terutama untuk rumah yang tidak banyak memiliki ruangan tersekat.

Konsep desain interior ruang dapur menyatu dengan ruang makan akan sangat pas jika Anda padukan dengan meja makan yang tidak terlalu besar. Anda bisa meletakkan meja makan di tengah-tengah ruangan dan posisikan kitchen set mengelilinginya. Namun, jika ruangan cukup besar, Anda juga bisa menyekat ruangan dengan panel dan memfokuskan meja makan pada salah satu sisi.

desain interior dapur ruang makan lain

Konsep desain interior ruang dapur lainnya yang bisa menjadi rujukan adalah desain interior ruang dapur dan ruang keluarga yang menyatu, konsep seperti ini sangat mudah diterapkan dengan bantuan panel penyekat transparan, baik yang terbuat dari balok kayu maupun kaca frameless.

Keuntungan konsep dapur dan ruang keluarga yang menyatu adalah menghemat tempat. Hal ini dikarenakan ruang keluarga dapat pula Anda fungsikan sebagai ruang makan. Tidak hanya itu, penyatuan fungsi ruang dapur, ruang keluarga dan ruang makan juga akan membuat Anda dan keluarga semakin dekat.

Perhatikan Luas Ruangan Jika Ingin Menentukan Desain Interior Dapur

desain interior dapur klasik kayu elegan

Desain interior ruang dapur tentu saja harus memperhatikan luas ruangan yang tersedia. Anda harus berfikir bagaimana cara menciptakan keindahan dapur tanpa mengesampingkan fungsionalitas dan kenyamanan dapur. Oleh karena itu, jangan pernah melupakan kitchen set, tempat mencuci piring dan kabinet atau rak dalam dapur Anda.

Bagi Anda yang memiliki ruang dapur sempit, dan ingin menentukan desain interior dapur, konsep desain interior ruang dapur simpel mungkin bisa menjadi solusi yang paling pas. Untuk menerapkannya, cobalah menata kitchen set secara menyudut dengan susunan yang rapat. Gunakan pula lemari atau rak piring gantung sehingga dapur lebih longgar namun tetap mencerminkan kemewahan.

desain interior dapur pojok

Konsep ruang dapur segitiga juga bisa menjadi pilihan lain bagi Anda yang memiliki dapur berukuran mungil. Konsep segitiga adalah konsep desain yang menempatkan seluruh perkakas fungsionalitas dalam satu sudut. Untuk itu, letakkan kompor, kitchen set dan kabinet atau rak piring dalam sudut yang terjauh dari pintu masuk dapur.

Warna Apa yang Anda Anggap Paling Sesuai?

desain interior dapur mewah

Pada dasarnya, Anda bebas memilih warna apa yang akan diaplikasikan pada dinding dapur. Namun, jika tak ingin menentukan desain interior dapur terlihat suram atau sempit, sebaiknya gunakanlah warna-warna yang senada dengan warna furniture. Jika sedari awal furniture tak memiliki warna senada, pilihan warna putih adalah warna yang paling pas untuk dapur Anda.

Bagi Anda yang menyukai suasana ceria, Anda juga bisa menambahkan warna-warna yang berani pada desain interior ruang dapur Anda. Namun, ingin menentukan desain interior dapur dengan suasana lain, gunakan warna-warna mencolok hanya sebatas aksen saja. Contoh penerapannya adalah dengan membuat garis vertikal warna-warni pada salah satu sisi dapur.

Di manakah Posisi Ventilasi Udara?

desain interior dapur warna putih 2

Desain interior ruang dapur yang sehat dan nyaman harus memiliki ventilasi udara yang cukup. Oleh karena itu, sebisa mungkin letakkan kompor berdekatan dengan ventilasi udara. Dengan demikian, asap yang keluar dari masakan dapat keluar ruangan tanpa membuat Anda merasa sesak ketika memasak.

Ventilasi yang cukup juga kan mempengaruhi intensitas cahaya matahari yang masuk. Jika ventilasi kurang lebar atau bahkan tertutup, dapur akan menjadi lembab dan bakteri pun akan mudah tumbuh di dalamnya.

ventilasi dapur minimalis

Dari jawaban 4 pertanyaan di atas, Anda dapat menyimpulkan sendiri desain interior ruang dapur seperti apa yang paling pas untuk Anda. Setelah menemukan desain yang tepat, jangan lupa menambahkan beberapa perabot wajib seperti tempat sampah tertutup dan juga penampung limbah minyak sehingga desain interior ruang dapur tidak hanya indah, namun juga nyaman dan sehat.