Inilah Detil Tren Warna Desain Interior Tahun 2020

Meski masih bulan Oktober, pembicaraan mengenai tren warna tahun 2020 sudah santer. Warna-warna yang diprediksikan menjadi tren di tahun 2019-2020 adalah warna-warna natural dan driftwood color, charcoal color, patina color. Mari coba kita simak warna-warna yang bakal ngetren di tahun 2020 nanti.

Warna Charcoal

Warna Charcoal sebenarnya sudah menjadi tren warna di tahun 2018. Tahun 2020 ini nampaknya charcoal akan bangkit lagi menjadi warna yang diminati oleh masyarakat, baik di dunia fashion maupun desain interior, termasuk di dalamnya furniture.

Warna yang mempresentasikan dirinya dengan warna arang merupakan warna hitam keabu abuan akibat terbakarnya sebuah kayu. Warna ini pertama kali disebut dalam bahasa Inggris tahun 1606. Dalam ISCC-NBS Dictionary of Color Names (1995) sample warna charcoal terdapat pada sample #187, #229 dan # 234. Sedangkan warna charcoal gray terdapat pada sample warna #266 dan # 267 dan warna charcoal grey pada sample warna #266.

Warna charcoal ini sangat cocok dipadupadankan dengan warna apapun, terlebih warna hitam. Anda bisa mengaplikasikan warna charcoal ini pada dinding. Efek dramatis akan Anda dapatkan apalagi jika dikombinasi pencahayaan.

Selain pada dinding, warna charcoal ini juga akan sangat bagus diterapkan pada furniture rumah Anda. Jika kombinasi warna charcoal pada dinding dan furniture ini pas, kehangatan akan terasa dalam ruangan tersebut.

Warna Natural

Natural yang kecenderungannya ke warna alam selalu memberi kesejukan dan ketenangan. Yang masuk pada kategori warna natural adalah warna-warna hitam, abu-abu dan putih. Warna-warna natural dapat diperoleh dari warna sekunder dan tertier yang memiliki tone rendah/gelap.

Warna putih yang diaplikasikan pada interior rumah atau dinding akan memberi efek segar dan bersih. Jika dikombinasikan dengan warna netral lainnya warna, seperti warna hitam, coklat atau abu abu, selain bersih juga akan memberikan kesan nyaman dan menenteramkan.

Warna Patina

Mungkin warna ini masih asing bagi sebagian besar kalangan. Namun di tahun 2020 nanti warna patina akan menjadi tren dan mendominasi baik di dunia fashion maupun desain interior. Warna patina memang sulit dijelaskan. Sebagai gambaran, jika Anda mempunyai sepatu kulit berwarna coklat, perhatikan dari waktu ke waktu. Warna coklat itu akan secara alami berubag seiring dengan pemakaian dan lama pemakian.
Patina merupakan lapisan terluar atau permukaan yang dibentuk oleh kombinasi proses penuaan yang disebabkan oleh menggosok, debu dan waxing, ditambah dengan oksidasi kayu dan aksi sinar matahari, menghasilkan kilau seperti perunggu, atau “kulit”. Warna itulah yang kemudian dikenal dengan warna patina.

Warna Driftwood

Hasil kerja alam selalu memberikan nilai keindahan yang lebih. Terik matahari, hembusan angin dan air hujan merupakan faktor yang menjadikan warna natural pada sebuah kayu. Kebakaran hutan, meranggasnya daun yang diikuti dengan keringnya kayu dan ranting mampu memberi efek artistik pada sebuah kayu.

Keindahan warna kayu yang dihasilkan selama bertahun tahun melalui proses pemanasan, kebakaran, banjir tanah longsor hingga menjadikan kayu terseret ke sungai dan akhirnya ke laut ini merupakan proses alam yang luar biasa yang menghasilkan warna yang luar biasa pula.

Ada dua cara untuk mendapatkan warna driftwood ini. Yang pertama secara alami, cara ini mengharuskan Anda pergi ke area sungai atau pantai kemudian mencari dan mengumpulkan driftwood baru kemudaian mengolahnya menjadi furniture yang indah.

Cara kedua, adalah menggunakan kayu lain untuk membuat furniture dengan finishing menggunakan cat warna driftwood.

Itulah beberapa warna yang diperdiksi akan menjadi tren di tahun 2019-2020. Jika Anda tidak ingin tertinggal dengan tren warna tahun 2020 ini segera pelajari dan cari informasi terkait tren warna desain interior tahun 2020.