Inilah Hal Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Kamar Bayi

Merawat buah hati menjadi kebanggaan tersendiri bagi seorang ibu. Di samping kehadiran bayi menjadi dambaan bagi pasangan suami istri, tingkah polah si bayi yang lucu kadang membuat hati ini tak mau jauh darinya. Karenanya, wajar jika untuk menyambut kehadirannya sudah dipersiapkan sejak lama. Bahkan beberapa bulan sebelum bayi itu lahir di dunia.

Namun demikian, seorang ibu harus selalu hati hati dalam merawat bayinya. Sang ibu harus memperhatikan mulai dari sabun mandi, handuk, selimut bahkan kamar bayinya. Nah, pada postingan berikut akan diuraikan sekilah tentang kamar bayi. Semoga ini bisa memberi inspirasi dan motivasi bagi siapa saja yang sedang berbahagia dengan si buah hati atau yang masih menunggu kehadiran sang bayi.

Ranjang Tidur

Hindari ranjang tidur yang mempunyai sudut sudut runcing. Pilihlah ranjang bayi yang ujung ujungnya melengkung. Hal ini untuk menghindarkan bayi terluka akibat menyentuh bagian bagian tersebut. Jangan pula memilih ranjang bayi dengan pintu terbuka di bagian sisi sampingnya. Hal ini akan mengandung resiko. Apalagi ketika bayi sudah mulai aktif membalikkan tubuhnya.

Matras Tempat Tidur

Sentuhan lembut antara tubuh bayi dengan tempat tidur menjadi kenyamanan tersendiri dari si bayi. Karenanya, usahakan ada matras yang lembut di atas tempat tidur. Di samping memberi efek lembut, si bayi juga akan merasa nyaman karena tidak bersentuhan langsung dengan lantai ranjang yang barangkali keras.

Pilihlah matras yang sesuai dengan ukuran ranjang. Pasanglah dengan benar dan pilihlah matras yang lembut. Di samping itu akan memberi kenyamanan, matras yang lembut tidak membahayakan kulit si bayi yang masih sangat sensitif. Jangan lupa pula perlengkapan tidur bayi yang lain, seperti bantal, selimut.

Lemari Bayi

Meskipun masih bayi tidak berarti dia tidak membutuhkan lemari. Memang hakikatnya keberadaan lemari bayi ini untuk mempermudah sang ibu dalam merawat bayinya, khususnya ketika sang ibu ingin mengganti pakaian si bayi. Keberadaan lemari bayi ini akan sangat membantu saat si ibu membutuhkan pakaian tertentu untuk buah hatinya.

Karenanya, usahakan lemari bayi tersebut mempunyai banyak rak sehingga dalam menyimpan pakaian bayi bisa disesuaikan dengan kategori pakaian bayi tersebut.

Meja atau Tempat Mengganti Bayi

Selain memang berfungsi untuk membantu sang ibu tatkala mengganti baju bayi, meja ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu sarana dekoratif yang mempercantik ruangan kamar bayi.  Terkadang sang ibu akan merasa kesulitan jika harus mengganti pakaian bayi di ranjang bayi. Di samping ribet, mengganti pakaian di ranjang bayi mempunyai potensi menjadikan ranjang menjadi kotor.

Kursi Menyusui

Kenyamanan sebuah kamar bayi hendaknya juga bisa dirasakan oleh sang ibu. Apalagi saat saat ia sedang menyusui bayinya. Karenanya, sangat baik jika di dalam kamar bayi disediakan kursi menyusui sehingga tatkala sedang melakukan kegiatan tersebut si ibu akan merasa nyaman. Jika mungkin, Anda bisa menambahkan rak rak buku yang sederhana untuk menyimpan buku buku yang sering Anda baca.

Itulah beberapa hal yang patut Anda pertimbangkan tatkala menyiapkan kamar untuk bayi Anda. Semoga dengan memperhatikan itu semua, kenyaman saat merawat bayi dapat Anda rasakan. Selamat berbahagia bersama buah hati Anda.