Inilah Jenis-Jenis Desain Interior Ruang Dapur yang Harus Mendapat Perhatian

Dapur merupakan sebuah ruangan yang ada dalam setiap rumah yang berfungsi sebagai tempat pengolahan makanan. Namun dalam perkembangan desain interior fungsi dapur saat ini bukan hanya sebagai tempat pengolahan makanan tetapi juga untuk berkumpul dengan keluarga saat makan. Karena saat ini banyak desain interior ruang dapur yang disatukan dengan ruang keluarga dan menyatu dengan ruang makan.

Fungsi dapur yang semakin berkembang ini mengharuskan pemilik rumah memperhatikan betul desain interior ruang dapurnya. Dengan demikian kenyamanan saat seluruh anggota berada di area ruang keluarga yang menyatu dengan dapur tetap dapat terjaga.

Desain interior ruang dapur modern 1

Ada baiknya jika Anda mengenal jenis-jenis dapur yang sering didiaplikasikan dalam desain interior ruang keluarga. Dengan demikian Anda akan terbantu saat Anda akan merenovasi maupun re desain interior ruang dapur. Jenis-jenis dapur tersebut akan diuraikan dalam postingan berikut. Anda juga dapat menyimak pulan informasi seputar desain interior dapur di  5 hal penting dalam desain interior dapur

Pertama, Dapur Tradisional.

Desain interior ruang dapur tradisional 2

Desain interior ruang dapur tradisional banyak diminati oleh banyak orang karena desain interior ruang dapur tradisional mampu menghadirkan kesan hangat dan elegan. Di samping itu desain interior ruang dapur tradisional akan mencerminkan kepribadian pemilik rumah yang sangat menyukai keindahan dan kenyamanan.

Di samping itu desain interior ruang dapur tradisional ini banyak dipilih karena luasnya yang lebih besar dibanding dengan luas desain interior ruang dapur modern. Luas yang cukup besar tersebut akan mampu menampung lebih banyak anggota keluarga.

Baca juga : Jenis Desain Interior

Desain interior ruang dapur tradisional memang agak mirip dengan gaya desain interior ruang dapur old world country. Meski demikian penataan desain interior ruang dapur tradisional ini sangat berbeda dengan desain interior ruang dapur gaya old world countru tersebut.

Desain interior ruang dapur tradisional 3

Desain interior ruang dapur tradisional ini akan terasa lebih hangat dan terkesan klasik jika ada banyak elemen yang didasari elemen interior ruang dapur dari Inggris dan Perancis. Namun hal itu tidak berati bahwa desain interior ruang dapur tidak baik menggunakan elemen-elemen lokal.

Salah satu perbedaan yang mencolok antara desain interior ruang dapur tradisional dengan desain interior ruang dapur adalah aplikasi warna dalam desain interior ruang dapur keduanya. Masing-masing mempunyai ciri warna yang khas dan unik.

Dalam desain interior ruang dapur tradisional biasanya menggabungkan warna soft dan calm. Warna yang bisasa dipakai dalam desain interior ruang dapur tradisional adalah warna krem, abu-abu tua, abu-abu muda ataupun warna hijau. Sedangkan warna yang diaplikasikan dalam desain interior ruang dapur gaya old world country adalah warna biru terang dan emas

Desain interior ruang dapur tradisional

Hal lain yang menarik dari desain interior ruang dapur tradisional adalah adanya hiasan buah-buahan, bunga dan kupu-kupu. Perpaduan dari berbagai hiasan dalam desain interior ruang dapur tersebut akan menjadikan desain interior ruang dapur tradisional Ada menjadi lebih nyaman, artistik dan melegakan.

Ciri lain dari desain interior ruang dapur tradisional adalah pemilihan furniture atau perabot dalam desain interior ruang dapur tradisional yang didominasi oleh furniture berbahan kayu usang, bahkan sebagian lantai desain interior ruang dapur tradisional berlantai parket.

Tradisional-dapur-kayu-solid-furniture

Selain furniture perkakas yang digunakan dalam desain interior dapur tradisional adalah kebanyakan perkakas berbahan tembaga. Demikian juga aksesoris yang diaplikasikan dalam desain interior ruang dapur lebih didominasi dengan aksesoris tradisional.

Kedua, Dapur Modern

Desain interior ruang dapur modern 2

Berbeda dengan desain interior ruang dapur tradisional, desain interior ruang dapur modern terbagi menjadi dua area, yaitu area basah dan area kering. Area dapur basah biasanya difungsikan untuk menyiapkan makanan dan memasak masakan sehari-hari yang rumit, membutuhkan waktu masak yang lama dan menimbulkan kotor.

Sementara dapur kering difungsikan untuk sekedar memanaskan makanan yang sudah jadi, membuat makanan atau minuman yang mudah dan bersih. Terlihat sudah perbedaan antara desain interior ruang dapur tradisional dengan desain interior ruang dapur modern.

Desain interior ruang dapur modern 4

Sekarang terserah Anda mana jenis dapur yang akan Anda aplikasikan dalam desain interior ruang dapur Anda.

Yang harus diingat adalah apapun jenis dapur yang akan Anda pilih Anda tidak dapat mengabaikan syarat-syarat desain interior ruang dapur yang baik. Di antara syarat-syarat tersebut adalah ventilasi, penerangan, bahan lantai dan dinding dapur, warna dinding dan ketersediaan air serta tidak dekat dengan tempat pembuangan sampah rumah tangga. Perhatikan pula hal-hal penting dalam desain interior dapur di postingan 5 hal penting dalam desain interior dapur.