Inilah Tanaman Tanaman yang Cocok untuk Taman Vertikal

Kreasi manusia untuk mendapatkan hunian yang sejuk, nyaman dan menyenangkan selalu ada. Meskipun area rumah sempit dan minimalis, namun tidak menghalangi seseorang untuk mendapatkan hunian yang nyaman tersebut.

Salah satu yang banyak ditempuh orang adalah membuat vertical garden. Sebuah tatanan tanaman yang disusun secara vertical sehingga tidak banyak space yang dibutuhkan.

Keberadaan vertical garden tersebut sangat membantu, terlebih untuk hunian di kota yang tingkat polusi udaranya tinggi. Dengan vertical garden minimal kebutuhan oksigen yang bersih bisa terpenuhi. Di samping itu kehadiran sebuah taman vertikal juga akan menjadikan rumah menjadi terasa sejuk dan menenteramkan.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui untuk membuat taman vertikal di sebuah hunian. Salah satunya seseorang harus mengetahui tanaman apa saja yang cocok untuk taman vertikal. Berikut akan dipaparkan beberapa tanaman yang pas untuk taman vertikal.

Pakis gunung (Nephrolepis exaltata)

Tanaman yang mempunyai nama lain Boston fern / sword fern memang layak menjadi tanaman untuk taman vertikal. Kemampuannya bertahan pada suhu 18,5 sampai 24 derajat Celsius ini menjadikan ia pantas dipajang di dinding dinding sebuah ruangan. Bentuk daun dengan batang daun yang menjuntai ini menyebabkan ruangan menjadi terasa tidak kaku. Cuma sayangnya tanaman ini harus dijaga kelembabannya. Jangan sampai tanaman ini menjadi kering sehingga daunnya yang hijau berubah menjadi coklat. Sisi baiknya selain keindahan daun yang menjuntai hijau, tanaman ini dikenal dengan kemampuannya beradaptasi dan tangguh terhadap perubahan.

Sirih Gading (Epipremnum aureum)

Kelebihan dari sirih gading yang mempunyai nama lain Money plant, (Golden Pothos), Devil’s ivy adalah tidak terlalu banyak membutuhkan cahaya matahari. Di samping itu tumbuhan ini akan tumbuh baik pada suhu kamar sehingga sangat pas jika dijadikan pajangan di dinding rumah Anda.
Daunnya yang berwarna hijau dengan kombinasi warna kuning cerah menjadikan tanaman ini cocok ditempatkan di ruang ruang rumah. Apalagi memang tabiat tanaman ini adalah merambat sehingga pas untuk sebuah taman vertikal.

Selain sedikit membutuhkan cahaya sirih gading juga dikenal sebagai tanaman yang tahan banting. Mudah ditanam dengan media apapun dan tidak sulit perawatannya. Di samping itu tanaman sirih gading juga mudah diperbanyak. Cukup dengan cara stek daun atau akar daun-tunas atau stek di ujung batang.

Daun Ivy/ English ivy (Hedera helix)

Selain tangguh, kerimbunan tanaman ini mampu menutupi semua media yang ditempelinya. Sangat cocok untuk taman vertikal. Cuma sayangnya ia sangat suka dengan cahaya matahari sehingga tidak cocok ditempatkan di ruangan yang kurang sinar mataharinya.
Pada dasarnya tanaman ini bisa tumbuh pada media dengan berbagai jenis pH. Tetapi ia akan tumbuh dengan baik pada media ber pH 6,5. Anda bisa melakukan pengapuran untuk mendapatkan pH yang tepat.
Selain sebagai penghias ruangan, ternyata tanaman ini juga banyak mempunyai manfaat. Daunnya bisa menjadi obat anti -inflamasi, rematik, antioksidan, antivirus, antispasmodik, antimikroba, dan anti-tumor. Untuk memperbanyaknya bisa dilakukan dengan stek batang.

Geranium varieties (Geranium dissectum)

Jika Anda suka dengan tanaman hias yang berbunga, tanamana ini cocok Anda tanam untuk taman vertikal Anda. Selain bunganya yang berwarna warni dan tahan lama, tanaman ini juga tahan kekeringan. Meskipun Anda tidak boleh membiarkannya kering.
pH yang baik untuk tanaman ini berkisar antara 6,0 sampai 7,5.

Bunga Lili Perdamaian/ Peace lily (Spathiphyllum wallisii)

Inilah tanaman yang menjadi favorit di dunia taman vertikal. Tidak salah memang karena bunga ini akan menjadikan ruangan menjadi indah dan nyaman dilihat. Selain keindahannya ternyata bunga lili ini mempunyai manfaat yang banyak. Bunga ini dikenal bisa membersihkan ruangan dari polutan di sekitarnya, sehingga layak untuk ditempatkan di ruang rumah dan perkantoran.

Kelebihan lainnya dari bunga ini adalah dia termasuk bunga Evergreen perenial, yaitu tanaman yang tidak menggugurkan seluruh daunnya secara serentak pada musim atau kondisi tertentu, serta tanaman yang dapat meneruskan kehidupannya setelah bereproduksi atau menyelesaikan siklus hidupnya dalam jangka waktu lebih dari dua tahun di dalam siklus hidupnya.

Itulah beberapa jenis tanaman hias yang bisa untuk Anda jadikan sebagai taman vertikal, yang bisa membuat ruangan Anda menjadi sejuk, nyaman, menyenangkan dan menyehatkan.