inilah tema-tema desain interior yang menjadi favorit para desainer

Salah satu fungsi rumah adalah memberikan keteduhan, kenyamanan dan kebahagiaan pada penghuni rumah. Kenyamanan tersebut tentu berkaitan erat dengan desain interior rumah yang diaplikasikan dalam rumah tersebut. Jika rumah tertata dengan apik dan mampu memberi kenyamanan serta keteduhan pada siapapun yang berada di rumah tersebut pasti menjadikan orang betah berada di rumah itu. Dan inilah yang menjadi prinsip desain interior.

Sebaliknya jika desain interior rumah tidak tertata dengan baik, dan suasana nyaman tidak didapatkan pada orang yang berada di dalam rumah tersebut, pasti orang tidak betah berada di dalam rumah itu. Karenanya mendesain interior rumah dengan sebaik-baiknya mutlak dilakukan untuk mendapatkan kenyamanan tinggal di dalam rumah.

inilah tema desain interior yang menjadi favorit para desainer9

Ada beberapa tema yang dapat diaplikasikan dalam sebuah desain interior rumah. 5 konsep tema desain interior di antaranya akan dibahas dalam artikel berikut.  Tema-tema yang kami tulis di sini adalah tema-tema desain interior yang banyak dan sering digunakan oleh para desainer interior rumah. Anda pun dapat mengaplikasikan salah satu tema berikut untuk mendesain interior rumah Anda.

Pertama, desain minimalis

inilah tema desain interior yang menjadi favorit para desainer3

Desain interior rumah dengan tema minimalis saat ini sangat berkembang. Hal ini disebabkan bebarapa hal, terutama tuntutan praktis dalam segala sisi kehidupan termasuk dalam desain rumah. Karena desaian minimalis merupakan konsep desain yang mengaplikasikan bentuk-bentuk sederhana dalam proses pembuatannya. Anda dapat menyimak 9 hal yang penting untuk desain interior rumah minimalis di www.interdesain.com



Kepraktisan fungsi, pemanfaatan ruang atau lahan secara simpel sering mendasari seseorang menerapkan konsep minimalis ini dalam desain interior rumahnya. Namun Anda tidak perlu khawatir karena meskipun dikonsep dengan tema minimalis, kesan mewah dan elegan tetap dapat Anda wujudkan dalam desain interior rumah Anda, jika penataan elemen desain benar-benar dilakukan dengan cermat.

Memadukan unsur estetika, kenyamanan dan elemen yang multifungsi merupakan ciri khas dari rumah yang didesain dengan tema minimalis. Sehingga terkadang ruangan yang minimalis dapat terlihat mewah dan melegakan karena kelihaian pemiliknya dalam menata elemen-elemen pendukung desain interior rumah. Sehingga jangan heran kalau banyak orang yang kemudian memilih tema minimalis dalam desain interior rumahnya.

inilah tema desain interior yang menjadi favorit para desainer2

Meski minimalis jangan disangka biaya yang dibutuhkan tidak banyak. Tentu ini juga jangan menjadikan Anda kemudian mundur dan enggan untuk mengaplikasikan minimalis dalam desain interior rumah Anda. Apalagi jika memang sejak awal desainrumah Anda sudah dikonsep dengan tema minimalis. Karena banyak tidaknya biaya yang dibutuhkan sangat tergantung dengan jenis dan mutu bahan yang digunakan.



Ciri lain dari tema minimalis terlihat dalam warna dinding yang diterapkan. Biasanya tema minimalis dalam desain interior rumah adalah tidak membutuhkan warna yang macam-macam karena hal itu akan membuat suasana ruangan menjadi terkesan ramai dan semrawut. Untuk mendapatkan aksen sebuah ruangan yang ditata dengan konsep minimalis Anda dapat mengaplikasikan wallpaper pada satu sisi dinding sebuah ruangan.

inilah tema desain interior yang menjadi favorit para desainer

Furniture yang menjadi salah satu elemen dalam sebuah desain interior rumah dengan tema minimalis pun dipilih furniture yang sederhana dan jenis furniture minimalis. Furniture bertekstur dengan warna yang sesuai dengan warna wallpaper sering digunakan untuk memberikan kesan padu pada desain interior rumah minimalis. Informasi 9 hal yang harus diperhatikan dalam desain interior rumah minimalis dapat Anda temukan juga di www.interdesain.com.

Kedua, desain interior tema kontemporer

inilah tema desain interior yang menjadi favorit para desainer4

Rumah dengan desain interior bertema kontemporer dapat dikenali dari warna yang digunakan. Warna-warna yang digunakan biasanya dipusatkan pada satu warna yang menjadi aksen. Sementara warna-warna yang menjadi latar belakang merupakan perpaduan dari beberapa warna yang digunakan. Dibandingkan dengan tema minimalis, desain kontemporer banyak menampilkan lekukan-lekuakan sehingga didapatkan kesan hangat.

Lekukan-lekukann seperti itu dapat dilihat dari furniture yang digunakan yang berbahan kayu atau logam bahkan kaca. Aksen biasanya tidak diperlihatkan pada furniture-furniture tersebut. Tetapi lebih banyak ditampakkan dalam permainan warna yang diaplikasikan pada dinding ruangan. Desain furniture nya pun memang lebih sederhana.



Warna yang digunakan dalam desain interior rumah bertema kontemporer ini lebih banyak menggunakan warna-warna netral seperti warna krem yang lembut, grey serta warna monokrom putih hitam. Pewarnaan yang diaplikasikan pun tidak sebatas pada dinding, bahkan optimalisasi warna itu juga terlihat pada karpet dan tirai yang digunakan.

Dalam desain interior rumah bertema kontemporer penataan cahaya sangat memegang peranan penting. Pencahayaan itu digunakan untuk memperkuat elemen desain interior rumah yang lain. Focal point dalam sebuah ruang yang didesain dengan tema kontemporer dapat lebih menarik dan memberi makna dan suasana tertentu sesuai yang diinginkan dengan sorotan cahaya lampu.

Ketiga, desain interior tema klasik

inilah tema desain interior yang menjadi favorit para desainer8

Tema klasik merupakan tema yang selalu cocok di segala zaman. Tema klasik seolah menjadi tema yang monumental yang selalu memberi kesan mewah nan elegan. Desain interior rumah dengan tema klasik ini tidak berbeda dengan yang lainnya dalam hal unsur warna. Warna menjadi sesuatu yang akan memberi warna dalam setiap rumah.



Dalam desain interior rumah bertema klasik beberapa warna yang dapat menjadi pertimbangan antara lain, warna putih klasik, biru keabu-abuan. Selain itu warna lain yang bisa menjadi kombinasi adalah warna kuning, hijau, kuning dan coklat. Perpaduan yang apik dari warna-warna tersebut akan menciptakan suasana tempo dulu yang tetap menawan untuk masa kini.

Yang perlu dicermati lagi adalah bahwa desain interior dengan tema klasik ini banyak didominasi oleh profil dan uraian. Furniture dengan bahan kayu akan membuat suasana ruangan lebih natural dan kuat. Penerapam warna natural seperti coklat warna kayu, kuning emas dan hijau daun serta warna tanah akan lebih menguatkan kesan klasik yang selalu natural. Demikian juga elemen dekorasi yang lain seperti vas bunga dapat dijadikan aksen sebuah ruangan.

Selain vas bunga, elemen dekorasi lain seperti lukisan, lampu gantung kristal selain memberi kesan mewah dan elegan juga akan menambah visual interior rumah menjadi lebih apik dan artistik. Apalagi jika hal itu dipadukan dengan batu alam atau marmer dengan pola tertentu yang diaplikasikan pada lantai atau sebagian dinding ruangan.

Keempat, desain interior tema victoria

inilah tema desain interior yang menjadi favorit para desainer6

Salah satu desain dari luar yang saat ini juga mulai banyak dikenal dan digunakan oleh orang adalah desain victoria, yang merupakan produk dari eropa. Desain ini menonjolkan ruangan dengan pencahayaan baik yang berasal dari lampu maupun dari lilin. Warna yang sering diaplikasikan pada dinding rumah dengan desain interior bertema victoria ini adalah warna gelap dan warna yang paling sering digunakan adalah warna merah tua, hijau tua dan warna emas.

Selain itu untuk mempercantik dan menambah kesan artistik wallpaper dan tirau dengan pola alam sering digunakan. Hamparan permadani di atas lantai parket memberikan kesan mewah dan elagan pada ruangan yang ditata dengan desaian interior rumah bertema victoria. Kalau pada desain tema klasik warna netral dihindari, jutru pada tema victoria ini warna netral dieksplorasi.

Kelima, desain interior bertema retro

inilah tema desain interior yang menjadi favorit para desainer12

Tema yang sudah terkenal sejak tahhun 1960-an kini juga mulai digemari. Gaya retro yang berciri khas dengan warna-warna terang, cerah, dan dinamis ini menggambarkan dinamis dan vitalitas penghuninya. Kegairahan serta atraktif sering dimunculkan dalam desain interior bergaya retro ini. Selain unsur warna yang menjadi ciri khasnya, unsur metalik juga mendukung rumah bergaya retro.

Pada perkembangannya warna masih menjadi ciri khas yang menonjol pada desain interior rumah bertema retro ini. Saat ini rumah berdesain interior retro lebih memilih warna shoking, seperti orange, biru, dan merah. Di samping itu motif geometris yang dikombinasikan dengan desain modern juga menjadi alternatif dalam pengembangan desain interior bergaya retro.



Sementara itu elemen dekorasi yang muncul dalam desain interior bertema retro ini terlihat pada pemilihan dan penempatan aksesoris ruang, seperti lampu, lukisan, vas bunga, dan bingkai foto pun harus memberikan suasana yang nyaman (cozy). Sedangkan untuk lampu, gemerlap lampu vintage juga dapat menjadi alternatif untuk memberi kesan dramatis.

Itulah beberapa tema desain yang saat ini masih menjadi kebanggaan para desain interior rumah. Dengan kreasi Anda, bisa saja Anda memadukan berbagai tema yang ada menjadi satu kesatuan yang utuh. Karena memang salah satu prinsip yang harus dipegang oleh setiap orang yang ingin mendesain interior rumahnya adalah prinsip keutuhan dan keseimbangan.