Inilah Tips Mendesain Ruangan Bertema Ramadhan

Ramadhan sebentar lagi datang. Ya, tinggal sekitar 2 pekan lagi. Momen Ramadhan selalu menarik. Ibarat raja kedatangannya selalu disambut dengan meriah dan suka cita. Bahkan persiapan telah dilakukan satu bulan sebelumnya. Tidak ingin gagal memanfaatkan bulan Ramadhan, inilah kata kuncinya. Ingin berhasil. Berhasil dalam berbagai hal. Khususnya dalam ibadah dan mendekatkan diri pada Allah SWT.

Banyak cara menyambut datangnya bulan Ramadhan. Mulai dari kebersihan dan kenyamanan lingkungan, persediaan makanan dan yang tidak kalah penting adalah menyiapkan kondisi hati agar benar benar mengptimalkan ibadah di bulan Ramadhan.

Dari berbagai upaya menyiapkan bulan Ramadhan, salah satunya adalah menata dan mendesain ruang ruang dalam rumah agar nyaman untuk istirahat dan beribadah. Mendesain ulang interior rumah menjadi hal yang penting untuk menghadirkan kenyamanan kepada penghuninya.

Beberapa hal berikut bisa Anda cobakan dalam upaya menciptakan ruangan yang nyaman dan menyenangkan.

Dekorasi gantung di pintu

Dekorasi gantung tersebut bisa berupa hiasan gantung bertema Ramadhan yang dapat Anda pasang di pintu, baik pintu kamar maupun pintu utama rumah. Anda bisa membuat sendiri hiasan itu dari kertas gambar yang Anda tulisi dengan tulisan bertema Ramadhan. Atau, Anda juga bisa memanfaatkan barang barang Anda yang sudah lama tidak terpakai dan hanya tersimpan di almari atau bahkan di gudang, misalnya topi, vas bunga dan sebagainya. Anda dapat kreasikan barang barang tersebut menjadi hiasan gantung yang unik dan menarik bertema Ramadhan.

Lukisan dinding dengan kaligrafi

Jika Anda menyukai lukisan, Anda bisa menempel atau memajang koleksi lukisan Anda di beberapa dinding dalam rumah Anda. Salah satu tema lukisan yang bisa Anda pasang dalam ruangan tamu atau keluarga adalah lukisan kaligrafi. Kalau memungkinkan jadikan lukisan kaligrafi ini menjadi vocal point dalam sebuah ruangan.

Ruang ibadah khusus

Ruangan ini sangat perlu, apalagi jika wabah covid 19 ini belum berakhir hingga Ramadhan nanti. Kenapa penting, ya, karena sebagian besar dari kita akan banyak menjalankan ibadah di dalam rumah. Jikapun sudah melakukan ibadah di masjid, biasanya di bulan Ramadhan ini semangat manusia untuk beribadah tinggi. Sehingga hadirnya ruang ibadah khusus dalam rumah akan menambah kekhusyukan.

Mewarnai Sebagian Furnitur atau Ruangan

Kebanyankan orang menyambut bulan Ramadhan ini dengan melakukan kegiatan bersih bersih, baik pisik maupun ruhani. Mewarnai ulang baik seluruhnya atau sebagian dari ruang rumah akan membuat tampilan ruangan berbeda. Sehingga rasa fresh dan bersih bisa dilihat hadir dalam ruangan.

Jikapun Anda tidak mampu mengecat secara total bagian bagian dinding rumah, karena alasan keterbatasan dana, Anda bisa mengecat ulang ruangan ruangang sering dijadikan tempat istirahat atau santai santai di rumah. Misalnya, Anda bisa mengecat ulang ruangan dapur yang mungkin menyatu dengan ruang makan. Ruang tamu atau ruang keluarga juga bisa Anda perbarui catnya. Hal ini karena kedua ruang tersebut akan banyak digunakan di saat bulan Ramadhan.

Atur Buku Secara Horizontal

Apa hubungannya? Mungkin Anda bertanya begitu. Salah satu alasannya adalah Anda sering menggunakan kesempatan libur untuk istirahat atau membersihkan ruagan.

Rak buku yang biasanya dipenuhi dengan tatanan buku yang vertical, bisa Anda rubah dengan tampilan tatanan buku yang horisontal. Hal ini akan mengurangi kejenuhan sehingga semangat membaca buku akan terpompa. Kegiatan membaca buku pun menjadi menyenangkan.

Papan Pengingat

Anda bisa memasang papan pengingat ini di ruang tamu, kamar tidur atau di ruang yang mudah terbaca. Tulisan tidak perlu panjang dan lebar. Kalimat kalimat yang singkat dan bermanfaat akan sangat berarti bagi siapapun yang melihat papan pengingat yang dipasang.

Itulh beberapa hal yang perlu dihadirkan dalam ruangan rumah. Semoga bisa menjadikan hati kita selalu senang dan sehat sehingga selalu dimudahkan oleh Allah dalam mengambil setiap kebikam.