Inilah Yang Harus Anda Perhatikan Agar Desain Interior Ruang Sempit Terkesan Luas dan Melegakan

Orang terkadang merasa bosan tinggal di rumah yang sempit. Selain bosan ruangan terasa penuh sesak dan menyesakkan. Kesan semrawut semakin menjadikan suasana tidak nyaman. Akhirnya keluh kesah tinggal di rumah yang sempit sering terdengar bahkan Anda sendiri yang mengungkapkan.

Hal tersebut di atas memang tidak bisa dipungkiri dan sering terjadi. Namun, sebenarnya Anda bisa mempunyai rumah dan ruangan yang tetap nyaman dihuni sekalipun rumahnya sempit dan minimalis. Kuncinya ada pada penataan desain interior pada rumah minimalis. Kreativitas dan keahlian dalam menata ruangan yang sempit menjadi syarat utama agar ruangan yang sempit tetap mampu memberikan kenyamanan dan kelapangan.

Berikut ini hal hal yang bisa Anda perhatikan ketika hendak membuat kesan lapang, luas dan nyaman pada ruangan yang sempit.

Menyatukan Beberapa Ruagan Menjadi satu

Sekat sekat yang memisahkan ruang yang satu dengan yang lain menjadi pemicu ruangan terlihat sempit. Apalagi ruangan tersebut memang benar benar sudah sempit. Selain itu ruangan akan terasa kaku dan mati. Nah, untuk itu adanya sekat pada setiap ruangan perlu Anda minimalisir jika ruangan Anda sempit. Bukalah sekat sekat itu sehingga ruangan terasa terbuka lebar.

Anda bisa mengatur dan menata perabot yang Anda dalam kelompok kelompok tertentu. Ya, tentu dengan tetap memperhatikan estetika. Dengan demikian ruangan akan terasa tampak lebih longgar. Meminimalisir sekat ruangan tidak berarti tidak boleh ada sekat dalam ruangan tersebut. Ruangan yang membutuhkan privasi tentu saja harus dipisahkan dengan memberi sekat atau partisi.

Pilih Furniture yang Multifungsi

Tidak berarti tidak boleh menaruh furniture dalam ruangan yang sempit. Hanya diperlukan kecermatan dalam memilih furniture tersebut. Pilihlah barang barang yang multifungsi. Misalnya, sebuah sofa yang sekaligus di bawahnya digunakan sebagai ruang penyimpanan, sehingga tidak diperlukan lagi ruang untuk penyimpanan. Intinya, carilah furniture yang bisa dimanfaatkan untuk lebih dari satu fungsi. Sehingga kebutuhan ruangan dapat diminimalisir dan akan menyisakan ruangan yang longgar dalam desain interior tersebut.

Pencahayaan

Pencahayaan menjadi bagian yang penting dalam desain interior. Pernahkan Anda rasakan berada di ruangan yang tanpa lampu (misalnya ketika listrik tiba tiba mati) tentu Anda akan merasakan sumpek dan sempit. Lalu rasakan perbedaan rasanya ketika tiba tiba lampu kembali nyala. Kelegaan akan terasa kembali.

Memang pencahayaan yang cukup akan menjadikan ruang terasa lebih luas dan longgar. Demikian pula sebaliknya. Karenanya, usahakan ada cahaya yang cukup dalam ruangan yang sempit. Tentu pencahayaan alami akan lebih baik jika dibanding dengan pencahyaan lampu. Setidaknya dari sisi keuangan. Namun, jika terpaksa Anda harus menggunakan lampu, gunakan lampu yang benar benar cukup untuk menerangi seluruh bagian dalam ruangan itu, baik sudut sudut ruangannya maupun cukup terang untuk setiap bagian fungsi dari ruangan tersebut. Untuk menciptakan kesan dramatik dan romantis Anda bisa memasang beberapa lampu yang memang sengaja dirancang

Pasang Cermin

Cermin dengana pantulan cahaya dan bayangannya akan memberikan kesan luas. Itulah sebabnya para pedagang emas selalu memasang kaca di bagian belakang etalase emasnya untuk memberi kesan banyak emas yang dijualnya. Padahal itu adalah bayangan dari emas di depan cermin. Hal itupun bisa diterapkan pada ruang yang sempit. Bayangan ruangan akan memberi kesan bahwa ada ruang lain di depannya. Padahal itu hanyalah pantulan bayangan saja.

Selain memberi kesan luas seperti yang diharapkan, cermin dengan pigura yang sengaja dibuat seni juga bisa menambah nilai estetik sebuah ruangan.

Pola Penataan Vertikal

Jika ruangan dengan langit langit tinggi usahakan penataan ruangannya secara vertikal. Aplikasikan furniture lemari yang tinggi, sehingga bisa menghemat ruangan tapi tetap mampu sebagai storage yang maksimal. Demikian juga jika memasukkan rak dalam ruangan tersebut.

Pemilihan Warna Dinding

Ruangan yang sempit dengan warna gelap akan semakin tampak sempit. Karenanya, usahan aplikasi warna yang diterapkan adalah warna warna yang terang. Seperti warna putih, biru langit, krem dan sebagainya. Atau setidaknya warna warna lembut. Hindari penggunaan warna yang gelap, kecuali memang difungsikan sebagai aksen atau focal poin.

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat menata ruangan yang sempit hingga terlihat longgar. Anda ingin mencobanya? Semoga berhasil.