Konsep Desain Interior Ruang Dapur yang Perlu Diperhatikan

Konsep Desain Interior Ruang Dapur – Saat ini konsep rumah minimalis memang sedang trend dan banyak digemari oleh banyak orang dari semua kalangan. Ketika memilih konsep minimalis, maka sudah pasti sudut-sudut ruang di dalamnya seperti ruang tidur, ruang tamu hingga dapur juga akan berbentuk minimalis. Untuk mengubah desain interior ruang dapur pun Anda memerlukan beberapa tema.

konsep desain interior ruang dapur

Jangan khawatir jika dapur Anda mungil dan cenderung minimalis. Sebab Anda masih dapat mengubahnya agar nampak mewah dan lebih luas, dengan beberapa pengubahan teknik seperti pemberian warna dinding, pemilihan furniture yang digunakan serta dekorasi yang tepat.

Untuk membuat suasana dalam dapur menjadi nyaman dan enak untuk disinggahi, aplikasikan konsep desain interior ruang dapur berikut ini.

Konsep Desain Interior Dapur Minimalis yang Sederhana

desain interior ruang dapur 2

Agar dapat merancang dapur minimalis yang sederhana, Anda memerlukan beberapa tips dan desain interior ruang dapur yang tepat. Selain itu Anda perlu mengetahui jenis-jenis dapur. Nah, coba ikuti beberapa langkah, yang menjadi bagian dari konsep desain interior ruang dapur di bawah ini agar dapur Anda menjadi tertata apik dan cantik.

Memilih Warna Cat Dinding yang Cerah

warna tembok desain interior ruang dapur

Agar tercipta ruang dapur miimalis yang luas, Anda harus memilih warna cat dinding yang cerah. Upayakan warna tersebut serasi dengan langit-langit, lantai serta dinding. Desain interior ruang dapur untuk tema minimalis sederhana ini dapat menggunakan variasi warna-warna pastel seperti coklat muda, putih, hingga krem.

Sedangkan agar tercipta ilusi ruangan yang lebih besar, Anda perlu memerhatikan pemasangan beberapa genteng kaca, sehingga penghuni rumah pun dapat menatap pemandangan langit yang cantik.

Memerhatikan Sirkulasi Udara dan Pencahayaan

cahaya dan sirkulasi udara desain interior ruang dapur

Berikan cahaya di bagian lemari dapur, maka dengan demikian akan tercipta pencahayaan yang sempurna untuk membuat dapur tampak lebih longgar. Desain interior ruang dapur yang tidak boleh dilewatkan ialah adanya jendela atau tempat sirkulasi udara. Anda dapat memilih jendela dengan ukuran besar yang dikemas dengan bingkai yang indah.

Sedangkan untuk ornamen lantai pilihlah ubin yang diagonal menggunakan pemilihan warna yang senada dengan warna dinding. Jendela selain memperindah tampilan dapur juga dapat berperan sebagai sirkulasi udara yang membuat dapur berhawa segar.

Gunakan Furnitur yang Seimbang

warna desain interior ruang dapur

Desain interior ruang dapur yang digunakan harus seimbang. Anda harus menempatkan perabotan yang sesuai dengan ukuran dapur Anda. Saat ini sudah banyak beberapa peralatan kitchen set yang serasi digunakan pada dapur minimalis. Anda dapat memanfaatkan hal tersebut untuk mewujudkan desain interior ruang dapur bergaya minimalis modern.

Jika sekiranya peralatan dapur tersebut tidak begitu penting, maka hindari untuk membelinya. Pilih saja furnitur dapur yang fungsional dan dapat di aplikasikan dengan baik.

Tata dengan Rapi Peralatan Dapur

desain interior ruang dapur 3

Pilih tata letak yang rapi dan tepat untuk peralatan memasak Anda. Seperti panci dan wajan sebaiknya digantung pada rak, hal ini agar lemari dapur mempunyai ketersediaan ruang untuk menyimpan beberapa peralatan lain. Dan untuk bagian meja serta kursi pilih yang berbentuk counter tinggi saja untuk menghemat ruangan.

Konsep Desain Interior Ruang Dapur Berema Dekorasi Dapur Bergaya Retro

desain interior ruang dapur warna putih bukaan

Untuk desain interior ruang dapur bergaya retro atau vintage berikut dapat diterapkan pada ruang dapur yang minimalis maupun yang berukuran besar. Anda hanya perlu memerhatikan tiap-tiap interior yang digunakan, seperti:

Penggunaan warna-warna off-white, krem, coklat muda hingga biru pudar. Beberapa warna berikut dapat menyatu di antara lantai, plafon, serta dinding. Anda juga dapat menggunakan walpaper yang mendukung.

desain interior ruang dapur 4 klasik

Untuk menciptakan desain interior ruang dapur yang unik Anda perlu memerhatikan detail-detail kecilnya, seperti jendela. Jendela yang dilengkapi dengan ornamen tirai juga akan mempercantik dan memperkuat unsur retro. Anda dapat memilih bingkai jendela berwarna putih, dengan tirai warna kream.

Furnitur yang dapat digunakan pun bisa sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya lemari es, lemari penyimpanan hingga rak-rak kecil. Namun disarankan untuk memilih kitchen set serta kursi makan yang berbahan kayu.

abu abu desain interior ruang dapur

Hal ini dapat menonjolkan kesan vintage pada desain interior ruang dapur Anda. Furnitur yang digunakan dapat berwarna off-white atau biru muda.

Desain interior ruang dapur lain yang dapat Anda gunakan agar terkesan lebih vintage ialah beberapa interior yang spesial, seperti pot yang terbuat dari tanah, adanya ornamen tanaman kering dalam ruangan, stiker dinding, adanya motif kotak-kotak untuk menghiasi meja, penerapan motif catur untuk lantai, serta Anda dapat menggunakan lampu gantung klasik.

vintage desain interior ruang dapur

Anda juga dapat menghadirkan desain interior ruang dapur yang berbeda daripada biasanya dengan menerapkan konsep desain interior ruang dapur. Untuk menghidupkan suasana dapur yang dipadukan dengan ruang makan, sebaiknya hadirkan ornamen bunga beserta vasnya. Ini akan membuat ruangan tampak segar dan bersahaja.

Dewasa ini kian banyak desain interior ruang dapur yang unik dan menarik untuk diterapkan pada ruang dapur rumah. Jika Anda mempunyai bentuk dapur yang minimalis bukan menjadi alasan untuk membiarkannya tidak terawat dan seolah penuh sesak karena ada barang tak beraturan.

Ingin menggunakan konsep dan tema dapur yang mana dapat sesuai dengan keinginan Anda. Jika memang rumah Anda minimalis, maka sebaiknya gabungkan saja ruang dapur dengan ruang makan. Dengan demikian akan tercipta desain interior ruang dapur yang sempurna bagi penghuni rumah dan Anda sendiri.