Konsep Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Beserta Denahnya

trend desain rumah minimalis

Trend desain rumah minimalis seakan tak pernah usang. Bahkan rumah dengan desain rumah minimalis ini kini seolah telah menjamur. Tidak hanya di perkotaan desain rumah minimalis ini bahkan sudah sampai ke desa-desa. Pertimbangan luas lahan bukan lagi menjadi pertimbangan pertama seseorang membangun rumah.

Kesederhanaan yang mampu menampilkan kemewahan dan elegan sering menjadi pertimbangan pertama seseorang akan membangun rumah. Jika pertimbangan itu yang dijadikan sebagai yang utama, maka pilihan selalu pada desain rumah minimalis. Mengapa desain rumah minimalis yang menjadi pilihan?

trend desain rumah minimalis lantai 2

Ya, karena di samping akan lebih sederhana dalam perawatannya, desain rumah minimalis mampu memberikan suasana dinamis. Di samping itu desain rumah minimalis juga tetap akan dapat memberikan kesan luas dan melegakan. Hal itu menjadi salah satu keunggulan yang mencolok pada desain rumah minimalis.

Apalagi jika memang lahan yang akan didirikan bangunan memang tidak terlalu luas. Desain rumah minimalis akan mampu menghadirkan kesan melegakan dan elegan jika diiringi dengan penataan interior dan eksterior yang pas dan serasi.

 Gbr. Type desain rumah minimalis

Saat ini berbagai desain rumah minimalis muncul dengan berbagai type. Anda dapat memilih type rumah minimalis sesuai dengan yang Anda butuhkan. Di antara type desain rumah minimalis yang saat ini banyak diminati antara lain, type 36, type 45, type 54 bahkan type 70. Untuk memilihnya tentu saja banyak hal yang harus Anda pertimbangkan, seperti anggaran dan luas lahan yang Anda punyai.

Anda pun dapat memilih desain rumah minimalis yang sederhana atau pun yang modern. Namun yang pasti semua desain rumah minimalis yang akan Anda pilih harus mampu menciptakan suasana kelegaan dan keindahan. Jangan disangka juga desain rumah minimalis tidak dapat mengikuti gaya Eropa, Jepang maupun gaya klasik.

desain rumah minimalis gaya jepang

Perkembangan desain rumah minimalis menjadikan kemudahan bagi Anda mewujudkan impian untuk mempunyai rumah minimalis yang pas dan cocok untuk Anda dan keluarga. Tentu saja karena rancangan dari desain rumah minimalis ini sudah memperhitungkan jumlah anggota keluarga yang akan menempati rumah dengan desain rumah minimalis tersebut.

Bagi seorang yang mempunyai keluarga besar dan hanya memiliki luas lahan yang terbatas, desain rumah minimalis 2 lantai dapat menjadi pilihan. Berikut ini adalah contoh-contoh desain rumah minimalis dengan 2 lantai beserta denah ruangannya.

Desain Rumah Minimalis, Fleksibilitas Tata Letak Interior

perspektif 2

Pada gambar di bawah terlihat denah dari desain rumah minimalis. Ruang tamu dan ruang makan sengaja terbuka atau menjadi satu bagian. Ini memungkinkan Anda menata elemen interior ruang yang lebih fleksibel. Tamu pun lebih mudah mengakses ruang makan jika sewaktu-waktu Anda mengundangnya juga untuk makan.

Di samping itu, Anda pun dapat membuat acara memasak bersama dengan tamu atau siapa saja yang Anda undang. Atau pernahkan Anda pada saat sedang memasak tiba-tiba ada tamu yang datang? Nah, tentu hal itu akan sangat mengganggu aktivitas masak Anda.

denah lantai 1b

Dengan dijadikannya ruang tamu dengan ruang makan terbuka, komunikasi Anda dengan tamu Anda tetap akan dapat terjaga. Atau kalau perlu Anda pun dapat mengajaknya untuk memasak bersama kemudian sekaligus disajikan dalam keadaan hangat di meja makan yang terbuka dan bersambung dengan meja makan tersebut.

Jika Anda menghendaki ruang terpisah antara ruang makan dan ruang tamu dalam desain rumah minimalis tersebut, Anda dapat menambahkan elemen partisi ruangan portable. Partisi portable memang sering digunakan dalam desain rumah minimalis. Salah satu pertimbangannya adalah untuk memudahkan pemilik rumah dalam meredesain interior jika menginginkannya.

Luas lahan 12m x 10m tidak digunakan semuanya untuk bagunan. Disediakan area taman yang memungkinkan Anda mendapatkan kesejukan dan keindahan dari luar rumah. Kehadiran taman dalam desain rumah minimalis ini sangat penting untuk menciptakan kenyamanan dalam rumah.

denah lantai 2b

Kemudian di lantai dua selain balkon, sengaja disisakan bagian-bagian untuk void sehingga dapat menimbulkan kesan lapang pada penghuninnya. Selain menciptakan kesan lapang pada desain rumah minimalis, kehadiran void juga sangat membantu menjagi sirkulasi udara sehingga kesegaran tetap terjaga dalam ruangan.

Konsep desain rumah minimalis 2 lantai ini sangat pas untuk sebuah keluarga yang mempunyai banyak anggota keluarga. Karena dengan demikian Anda dapat mengoptimalkan ruangan yang ada untuk kepentingan anggota keluarga.

Tentu saja desain rumah minimalis 2 lantai ini lebih banyak membutuhkan biaya jika dibanding dengan desain rumah minimalis 1 lantai. Tetapi semuanya tentu saja sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda memaksakan diri membuatt desain rumah minimalis 1 lantai dengan jumlah anggota keluarga yang banyak, tentu hal itu akan sangat merepotkan.

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Lebar Menawan

perspektif 2

Pada desain rumah minimalis 2 lantai kedua ini dapat juga menjadi referensi Anda. Kondisi tanah yang tersedia mengharuskan desain rumah minimalis ini dirancang dengan rancang bangunan melebar. Hal ini memberi kesan rumah yang luas.

Lantai bawah dalam denah desain rumah minimalis yang mungkin menjadi idaman Anda ini sengaja didedikasikan untuk kepentingan tamu. Sehingga tamu Anda akan mendapatkan kenyamanan saat berkunjung bahkan menginap di rumah minimalis Anda.

denah lantai 1

Sang tamu diberi kebebasan mengakses dapur ruang dan ruang makan. Kedua ruang itu menyatu dan secara terbuka hal ini memberi kesan keterbukaan pemilik rumah dengan tamu. Meski lantai bawah didedikasikan untuk tamu, tidak berarti ruangan itu tidak dapat digunakan untuk anggota keluarga Anda.

Pengkhususan itu hanyalah untuk memudahkan mempersiapkan jika sewaktu-waktu ada tamu yang tidak diundang dan membutuhkan istirahat di rumah Anda untuk beberapa hari. Karenanya, ada baiknya apapun yang disimpan di teras bawah yang didedikasikan untuk tamu ini bukan barang-barang yang sifatnya pribadi.

denah lantai 2

Sementara itu di lantai bagian atas, difokuskan untuk seluruh anggota keluarga. Ruang tidur utama, ruang tidur anak dan ruang keluarga semuanya berada di atas. Tata letak ruang seperti ini akan membantu seluruh anggota keluarga dapat berkomunikasi dengan baik.

Selain itu keakraban dapat tercipta dengan dukungan kemudahan komunikasi. Karena mereka setiap saat dengan mudah bercengkerama di ruang keluarga tanpa harus turun ke lantai satu. Pemenuhan kebutuhan pun lebih mudah dengan diletakkannya ruang pembantu di lantai yang sama.

Dari sini terlihat betapa desain rumah minimalis kedua ini di rancang untuk merekatkan hubungan baik antara anak, orang tua dan pembantu. Dengan begitu, kehangatan dan keharmonisan keluarga juga akan tercipta. Karena semuanya bermula dari desain rumah minimalis yang dirancang untuk menciptakan kehangatan.

Desain Rumah Minimalis Lantai 2, Tamu adalah Raja

perspektif 3

Pada denah desain rumah minimalis ketiga ini, sekilas agak sama tata ruangnya dengan desain rumah minimalis kedua. Perbedaanya salah satunya terletak pada tersedianya dua ruang keluarga. Ruang keluaraga pertama diletakkan di lantai bawah sementara ruang keluarga kedua diletakkan di atas.

denah lantai 1

Tetapi prioritas pelayanan tamu tetap terjaga. Bahkan, ruang keluarga yang terletak di lantai satu memang disediakan untuk tamu yang membawa anggota keluarganya. Sehingga keberadaan tamu di rumah ini seperti berada di rumahnya sendiri, lengkap dengan berbagai fasilitas yang memadai.

Dua void disediakan pada desain rumah minimalis ini. Semuanya berfungsi untuk menghubungkan ruangan lantai satu dengan ruangan lantai dua. Selain fungsi tersebut, adanya void pada dua sisi ini menjadikan desain rumah minimalis ini menjadi terasa lebih lapang.

Pada lantai satu, sebuah taman indoor sengaja dibuat di antara ruang tidur utama dengan ruang dapur. Hal ini bertujuan untuk kenyamanan tamu ketika menginginkan santai di dalam ruangan. Selain itu adanya taman indoor ini juga menjadikan keindahan dan kenyamanan ruangan semakin terasa.

Denah 2 Desain rumah minimalis 2 lantai

Selain taman indoor, tersedia space untuk taman outdoor. Hadirnya taman di luar rumah ini juga memungkinkan tersedianya udara segar yang dibutuhkan dalam rumah, apalagi saat suasana panas. Taman di outdoor tersebut juga menambah tampilan rumah menjadi lebih asri dan enak dipandang mata.

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai, Pengoptimalan Basement

perspektif 1

Denah desain rumah minimalis berikutnya, bisa jadi lebih sederhana menurut Anda. Lantai bawah terbagi menjadi beberapa ruang untuk keperluan tamu, Ruang tidur tamu dan ruang keluarga.

Untuk kepentingan menikmati udara luar, di lantai satu ini juga tersedia space untuk kolam kecil yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk tanaman air seperti teratai, ataupun untuk ikan hias.

denah lantai 1

Anda dapat menjadikan teras lebih indah dengan menghadirkan tanaman bunga hias yang ditanam di dalam pot-pot. Selain di area teras keindahan juga dapat Anda buat di samping kanan atau di depan ruang keluarga.

Untuk menghubungkan lantai bawah dengan lantai atas sebuah void yang cukup lumayan luasnya dimunculkan. Sehingga kesan luas dari ruang rumah dengan desain rumah minimalis inii tetap terjaga. Sementara itu untuk lantai dua digunakan untuk kamar tidur utama, kamar mandi, kamar tidur anak dan ruang untuk mencuci dan menjemur pakaian.

Gbr. Denah lantai 1 Desain rumah minimalis, Optimalisasi Basement

Mungkin Anda bertanya, dimana ruang dapur dan ruang makannya? Ya, kedua ruang tersebut sengaja disediakan oleh perancang rumah minimalis ini di ruang bawah tanah (basement). Di bagian basement inilah ditempatkan ruang makan, ruang dapur dan ruang pembantu.

denah lantai basement

Mungkin Anda akan membayangkan ruang bawah tanah itu seperti ruangan yang sumpek dan tidak menarik. Tentu saja tidak demikian. Sebab meskipun ruangan tersebut di bawah tanah tetapi jika penataan ruangannya proporsioal dan cermat, bisa jadi basement tadi menjadi ruang favorit keluarga Anda.

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai, Penciptaan Kesan Longgar

perspektif 3

Ada perbedaan mencolok pada denah rumah minimalis keempat ini jika dibandingkan dengan denah-denah sebelumnya. Pada denah rumah minimalis sebelumnya, desainer sengaja menjadikan lantai satu untuk kepentingan tamu, tetapi pada denah desain rumah ini tidak ada ruang khusus untuk tamu, selain ruang tamu.

denah lantai 1

Lantai satu dirancang untuk ruang tidur utama, ruang keluarga, ruang makan, ruang penyimpanan makanan (pantri), ruang cuci dan toilet. Ruang makan dan ruang keluarga dibiarkan terbuka dan menyatu, hal ini akan memberi kesan lapang dan longgar pada kedua ruangan tersebut.

Sementara itu tersedia dua kamar mandi di lantai satu ini. Kamar mandi yang satu berada di samping ruang tamu dan memang kamar mandi ini didedikasikan untuk tamu untuk buang hajat. Space yang berada di sebelah ruang keluarga sengaja dibiarkan sehingga Anda dapat menempatkan taman indoor dekat dengan ruang keluarga tersebut.

denah lantai 2

Sementara itu lantai dua dari desain rumah minimalis ini lebih banyak digunakan untuk kepentingan anak dan pekerjaan. Pada lantai dua ini dirancang dua buah ruang tidur untuk anak, ruang kerja dan ruang pembantu dan sebuah kamar mandi.

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai, Nyaman untuk Bercengkerama

perspektif 1

Gbr. Desain Rumah Minimalis yang Nyaman untuk Bercengkerama
[/caption]

Kalau diperhatikan rancangan desain rumah minimalis berikut ini sangat menarik. Semua ruangan dirancang dan difungsikan dengan baik. Lantai bawah dioptimalkan untuk kepentingan bercengkerama. Untuk kepentingan tersebut disediakanlah ruang keluarga yang secara terbuka menjadi satu dengan ruang makan, dapur dan ruang tamu. Tata letak ruang yang demikian selain memberi kesan luas, juga menjadikan setiap ruang memberi nuansa keakraban pada pemiliknya.

denah lantai 1

Pada bagian kiri ruang tamu dibuat taman kecil, sehingga meskipun berada di dalam ruangan, sang tamu dapat dengan leluasa menikmati taman yang sengaja diciptakan oleh pemilik rumah. Sementara itu, lantai atas.
denah lantai 2

Ini bukan dengan alasan, mengapa semua ruang tidur diletkkan di lantai atas. Alasan utamanya adalah untuk menjaga kualitas tidur dan kenyamanan istirahat. Dengan kualitas tidur yang optimal ini diharapkan dapat meningkatkan kesegaran dan daya kerja pada hari berikutnya.

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Kuat nan Hangat

perspektif 1

Pada bagian terakhir postingan ini kita akan lihat desain rumah minimalis dengan rangcangan yang berbeda. Sebuah rumah minimalis yang menyuguhkan tampilan modern dan memberi kehangatan pada penghuni rumah.
Dengan aplikasi kaca pada sebagian besar pintu dan jendelanya menjadikan rumah minimalis ini terkesan luas dan mewah. Apalagi dengan adanya taman di depan rumah semakin melengkapi kesempurnaan hunian ini sebagai hunian yang memberikan kenyamanan dan ketenteraman.

denah lantai 1

Seperti kebanyakan desain rumah minimalis yang lain, lantai satu dari rancangan rumah minimalis ini digunakan sebagian untuk kepentingan tamu dan keluarga. Ruang pembantu juga diletakkan di samping dapur dan ruang makan. Ruang tamu dan ruang makan sengaja tidak dipasang dinding permanen, supaya ruangan nampak terkesan luas. Untuk membatasinya, cukup dengan partisi portable sehingga jika suatu saat dibutuhkan ruangan yang lebih luas, partisi portable tersebut dapat dipindah atau dihilangkan

Sementara itu space untuk taman disediakan di halaman depan dan pada bagian dalam di depan ruang tidur keluarga. Sehingga jika suatu saat penghuni rumah menginginkan untuk menikmati hidangan di luar rumah, maka dengan mudah dia akan mendapatkan ruangan yang tepat, yakni di taman indoor tersebut.
denah lantai 2

Bagian lantai dua difungsikan untuk kamar tidur anak. Meskipun, masih terlihat banyak space yang kosong namun tidak berarti lantai atas ini menjadi kurang berfungsi. Justru ruang yang kosong ini sebagai tantangan pemilik rumah dengan desain minimalis tersebut untuk membuat rumah lebih menarik dengan rancangan desain interiornya.

Kalau diperhatikan rancangan desain rumah minimalis berikut ini sangat menarik. Semua ruangan dirancang dan difungsikan dengan baik. Lantai bawah dioptimalkan untuk kepentingan bercengkerama. Untuk kepentingan tersebut disediakanlah ruang keluarga yang secara terbuka menjadi satu dengan ruang makan, dapur dan ruang tamu. Tata letak ruang yang demikian selain memberi kesan luas, juga menjadikan setiap ruang memberi nuansa keakraban pada pemiliknya.

Pada bagian kiri ruang tamu dibuat taman kecil, sehingga meskipun berada di dalam ruangan, sang tamu dapat dengan leluasa menikmati taman yang sengaja diciptakan oleh pemilik rumah. Sementara itu, lantai atas digunakan untuk ruang tidur. Ini bukan dengan alasan, mengapa semua ruang tidur diletkkan di lantai atas. Alasan utamanya adalah untuk menjaga kualitas tidur dan kenyamanan istirahat. Dengan kualitas tidur yang optimal ini diharapkan dapat meningkatkan kesegaran dan daya kerja pada hari berikutnya.
594-interior-minimalisdesign.com

Nah, itulah beberapa desain rumah minimalis beserta denah ruangnya. Ketika Anda sudah mendesain rumah minimalis, berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah penataan interior yang akan Anda aplikasikan dalam desain rumah minimalis tersebut. Penataan ini penting Anda perhatikan sehingga desain rumah minimalis Anda nantinya tidak terkesan sumpek dengan kehadiran elemen interior rumah.

Karenanya, jangan memaksakan elemen interior ke dalam desain rumah minimalis Anda jika akibatnya akan memberikan kesan sempit dan sesak dalam ruangan. Akan lebih baik Anda mengaplikasikan elemen interior minimalis dalam desain rumah minimalis Anda.

Lebih baik ruangan Anda masih menyisakan space yang memberikan kesan longgar dalam desain rumah minimalis Anda daripada banyaknya elemen interior yang membuat Anda tidak nyaman melihatnya.

Satu hal yang mesti diingat dalam menjadikan desain rumah minimalis menjadi nyaman, yakni keseimbangan antara ruang yang tersedia dalam desain rumah minimalis dengan eleman interior yang diterapkan dalam desain rumah interior tersebut.