Langkah-langkah Membuat Rooftop yang Indah, Nyaman dan Menyenangkan

langkah-langkah Membuat Rooftop – Roof Garden atau rooftop merupakan istilah dalam desain rumah yang menunjuk pada sebuah taman yang diletakkan di atap. Singkatnya roof garden merupakan taman di atas atap atau taman atap. Roof garden menjadi kebutuhan yang penting pada saat ini terutama di kota-kota besar

rooftop area sempit

Mengapa di kota besar? Ya, karena kualitas udara untuk kehidupan sangat menurun. Kepulan asap baik dari pabrik maupun kendaraan bermotor telah menyebabkan polusi udara. Akibatnya banyak orang yang kemudian mendesain taman rumah untuk menjaga kualitas udara. Tentu saja taman rumah membutuhkan area lahan yang cukup dan ini persoalan berikutnya.

Roof top menjadi alternatif untuk membuat taman karena rooftop tidak membutuhkan area yang luas dan Anda tidak perlu menambah area karena taman dapat diletakkan di atas atap rumahnya. Tetapi Anda perlu mengetahui langkah-langkah membuat rooftop.

rooftop dengan dasar kayu

Selain itu perlu dipahami bahwa untuk membuat rooftop dana yang harus dikeluarkan tidak sedikit. Karena rooftop membutuhkan struktur dan konstruksi atap yang kuat. Ini dapat dimengerti karena nantinya atap tidak hanya menyangga beratnya sendiri tetapi atap juga harus menyangga berat tanah, tanaman, air, dan manusia yang ada di roof garden.

Memang untuk kebutuhan lahan untuk rooftop tidak banyak. Dengan area seluas 4 x 4 meter persegi Anda sudah dapat membuat roof top. Bahkan sekecil apapun area yang Anda miliki Anda tetap dapat membuat rooftop tentu saja dengan spesifikasi fungsi yang terbatas.

langkah-langkah membuat rooftop 2

Hal tidak boleh diabaikan dalam pembuatan roof top adalah sistim drainase, khususnya untuk pembuangan air dan juga penampungan air hujan. Jika ini tidak Anda perhatikan, air yang kotor akan lari kemana-mana, bahkan bisa jadi akan menyebabkan merembesnya air ke tembok sehingga kebersihan tembok menjadi tidak terjaga.

Karenanya, sebelum Anda mengerjakan proyek membuat rooftop rencanakan dan persiapkan baik-baik langkah-langkah membuat rooftop yang akan Anda lakukan. Sebelum Anda mengisi taman dengan tanah disarankan Anda melapisi terlebih dulu struktur beton dengan material penahan air atau waterproof. Jika perlu beton cornya pun perlu diberi aditif yang memperkuat bangunan.

Desain-Rooftop-Rumah-Minimalis-1

Anda dapat menggunakan waterproof yang berupa lembaran atau komposit dengan bahan serat fiber. Ini dilakukan untuk menghindari sumbatan saluran air penyirmana taman. Selain itu juga untuk menjamin bahwa air tidak merembes dan mengalir ke mana-mana.

Dibandingkan dengan pembuatan taman biasa, langkah-langkah membuat rooftop jauh lebih sulit. Anda membutuhkan pemahaman dan pengetahuan tentang kualitas atap rumah, pemilihan lahan, dan pemilihan tanaman yang pas untuk roofto yang akan Anda buat. Jika Anda sembarangan, bisa jadi atap rumah Anda akan mudah hancur dan pertumbuhan tanaman menjadi liar.

Desain-Rooftop-Rumah-Minimalis-2

Lalu langkah-langkah membuat rooftop yang dapat memperindah dan memberi kenyamana itu apa saja ? Untuk menjawab pertanyaan itu tips berikut ini perlu Anda coba.

  • Langkah-langkah membuat rooftop yang pertama adalan Anda perlu menyiapkan atap dak beton dengan kemiringan sekitar 20 – 30 derajat. Anda dapat membuatnya dengan material material cor beton bertulang dengan besi diameter 8 mm. Ukura setiap kolom beton 20cm x 20cm. Tebal lantai dak 20cm untuk luasan 50 m².
  • Selanjutnya Anda dapat membikin bak tanaman di tepi dak beton dengan bentuk sesuai dengan keinginan Anda, seperti berbentuk kotak, bulat, oval atau kombinasi. Tetapi Anda harus memperhatikan dan menyesuaikan dengan luas dak yang Anda sediakan.

view rooftop

  • Langkah berikutnya adalah melapisi dak beton dengan bahan waterproffing. Pelapisan ini berfungsi untuk menghindari rembesnya air yang akan mengotori tembok atau lantai di bahwanya. Selain itu juga dapat difungsikan sebagai pelindung kerangka besi yang ada di dalam dak.
  • Setelah itu Anda perlu merancang dan membuat instalasi air, baik yang bersih maupun yang kotor. Fungsi dari instalasi air bersih adalah untuk penyiraman tanaman. Instalasi air bersih ini berhubungan langsung dengan pompa air.
  • Sedangkan instalasi air yang kotor bertujuan untuk jalan air kotor sehingga air kotor tersebut dapat dibuang lewat jalur yang sesuai sehingga tidak mengotori bagian rumah yang lain. Perhatikan juga instalasi air buangan yang tersambung dengan tepi dak terendah, lalu hubungkan ke pipa talang air menuju bak resapan di tanah dan ke saluran pembuangan air.

instalasi air rooftop

  • Langkah berikutnya, Anda perlu memasang ijuk atau cocopeat di atas dak beton dengan ketebalan sekitar 10cm. Adapun kegunaan dari ijuk ini adalah sebagai filter air yang merembes dari tanah, pasir atupun kerikil yang kita taruh di atas dak sebagai media tanam.
  • Jika semua sudah beres, barulah Anda menaruh tanah dan humus yang akan Anda pergunakan untuk menanam tanaman. Tentu saja semua langkah tersebut menyesuaikan dengan tata letak tanaman yang akan Anda tanam. Artinya, Anda tidak perlu menaruh media tanam itu pada semua area rooftop tetapi hanya area yang akan Anda tanami saja yang perlu diberi media tanam tersebut.

langkah-langkah membuat rooftop 2

  • Langkah selanjutnya adalah menanam dan menata elemen rooftop termasuk tanaman dan elemen-elemen lainnya yang Anda akan letakkan di rooftop tersebut. Jika diperlukan, Anda dapat memasang pagar untuk memperindah rooftop yang Anda buat.

Pemilihan Tanaman untuk Rooftop

puring tanaman untuk rooftop

Setelah langkah-langkah membuat rooftop tersebut Anda lakukan, agar rooftop Anda dapat maksimal dari segi fungsi dan pemeliharaan, Anda perlu memilih tanaman-tanaman untuk rooftop yang Anda rencanakan. Karena tidak semua tanaman yang dapat dipakai untuk taman biasa cocok untuk rooftop.

Secara umum, tanaman seperti Bougenville varigata , kamboja jepang, dedaunan puring, bromeliad dan daun calathea merupakan tanaman daun yang cocok untuk melengkapi keindahan roof garden Anda. Selain itu Anda dapat memilih tanaman yang ringan, jangan yang berakar serabut yang dapat merusak struktur beton dak rumah.

tanaman untuk rooftop

Untuk memilih tanaman atau bunga apa saja yang dapat Anda hadirkan di rooftop Anda, perhatikan luas rooftop Anda. Hal ini untuk menghindari penggunaan tanaman yang memakan banyak tempat sehingga fungsi rooftop menjadi tidak maksimal.

Selain itu, Anda perlu memperhatikan view dari rooftop Anda. Hal ini untuk memudahkan Anda dalam menata setiap tanaman dan elemen taman yang akan Anda hadirkan. Ketepatan penataan semua elemen rooftop, termasuk tanaman, akan mempengaruhi kenyamanan seseorang berada dalam rooftop tersebut.

bunga sepatu untuk rooftop

Untuk memilih tanaman apa saja yang baik untuk rooftop, berikut kami tuliskan beberapa kriteria dan jenis tanaman yang cocok untuk rooftop.

Tanaman yang Membutuhkan Intensitas Cahaya Matahari Banyak

bunga tahan cuaca untuk rooftop

Hal ini dapat dipahami karena nantinya tanaman tersebut memang akan langsung berhadapan dengan sinar matahari. Tanaman yang sensitif terhadap sinar matahari langsung jika ingin Anda tanam di rooftop, harus ada pelindungnya, dan hal itu akan menambah anggaran yang tidak sedikit.

Pemilihan Tanaman yang Mempunyai Batang Lunak termasuk Langkah-langkah Membuat Rooftop

bunga berbatang lunak

Berbagai pertimbangan mengapa tanama yang berbatang lunak ini menjadi pilihan untuk tanaman rooftop. Batang lunak memungkinkan Anda membentuk pohon tersebut dengan pola tertentu sehingga akan memiliki nilai estetika dan keindahan.

Selain itu tanaman yang berbatang lunak ini mempunyai tingkat pertumbuhan tergolong lambat sehingga Anda dapat lebih mudah mengontrol pertumbuhannya. Pertimbangan lainnya adalah tanaman ini tidak membahayakan kualitas dari atap rumah. Contoh tanaman berbatang lunak adalah pandan kuning, aracea, lili paris, sambang darah, dan rulea.

Tanaman yang Mempunyai Batang Keras

kamboja

Mengapa tanaman ini dipilih? Salah satu alasannya adalah tanaman ini lebih tahan terhadap kuatnya sinar matahari dan tingginya curah hujan. Selain itu tanaman berbatang keras juga lebih sedikit membutuhkan air sehingga akan mempermudah dalam perawatannya.

Satu yang harus Anda pertimbangkan tatkala memilih tanaman berbatang keras untuk rooftop rumah Anda, adalah tanaman yang dapat berbuah. Ini dilakukan karena kalau tanaman ini berbuah akan menjadi daya tarik tersendiri bagi rooftop Anda. Contoh tanaman berbatang keras adalah bougainville, jeruk, belimbing wuluh, cermai, dan kamboja.

Tanaman yang Dapat Berbunga

bunga mawar tahan panas dan hujan

Hampa terasa jika suatu taman tidak ada bunga. Memang kehampaan itu bisa diminimalisir dengan menghadirkan tanaman yang mempunyai warna dan bentuk daun yang berbeda-beda. Tetapi indahan warna dan bentuk daun itu akan lebih eksotik dan menarik tatkala ada bunga mekar yang mengiringinya.

Keindahan sebuah rooftop akan sempurna dengan mekarnya bunga yang berwarna-warni disertai dengan keharuman bunganya. Kenyamanan berada di rooftop pun akan Anda dapatkan. Apalagi bunga tersebut adalah bunga kesayangan Anda. Tentu Anda akan betah memandanginya. Contoh tanaman berbunga untuk taman atap adalah mawar, melati, anggrek, dan kembang sepatu.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan ketika Anda akan membuat rooftop yang indah nyaman dan menyenangkan. Selamat mencoba.