menjadikan desain interior rumah nyaman dan aman untuk anak

Selain kenyamanan, desain interior rumah baik yang minimalis maupun yang luas hendaknya memperhatikan segi keamanannya, apalagi jika di dalam rumah ada anak yang usianya masih balita. Tentu segi keamanan harus Anda perhatikan tanpa meninggalkan sisi kenyamanannya.

Berapa banyak berita kecelakaan atau musibah yang menimpa seorang anak di rumah mereka. Dari musibah kecil seperti terjatuh sewaktu berjalan di karpet, tergores kaca, jatuh dari tempat tidur dan bahkan jatuh dari tangga atau dari jendela lantai dua. Karenanya hal-hal yang kelihatannya sepele kalau tidak mendapat perhatian Anda, terkadang akan membawa akibat yang tidak Anda inginkan.

Untuk itulah Anda harus cermat dalam memilih material yang akan Anda gunakan dalam desain interior rumah dimana ada balita di dalam rumah tersebut. Elemen-elemen desain interior rumah di bawah ini adalah sesuatu yang sering dianggap remeh dan terkadang terlupakan saat kita merencanakan desain interior rumah kita.

Pemilihan jenis Meja untuk desain interior rumah

desain interior rumah

Sering ketika kita sedang asik ngobrol dengan anggota keluarga kita di ruang keluarga, tiba-tiba terdengar tangisan si kecil, buah hati kita yang terluka karena terjatuh dan membentur bagian tepi meja. Karenanya, untuk meningkatkan sisi keamanan meja bagi si kecil hendaknya Anda melapisi meja yang ada dengan sesuatu yang menghalangi benturan langsung dengan sisi meja jika anak kita terjatuh.

Karena sisi meja biasanya lebih tajam dan lebih mudah menyebabkan luka bagi siapa saja yang terbentur, apalagi bagi balita. Jika Anda tidak sempat melapisi bagian tepi meja Anda dapat menggunakan ottoman sebagai alternatif dari meja yang akan Anda letakkan dalam desain interior rumah Anda. Sisi dan juga bagian atas ottoman yang empuk akan menghindarkan benturan keras anak Anda.

Perhatikan Ruangan yang Penuh dengan Material Kaca.

desain interior rumah 2

Seperti kita tahu bahwa material kaca sangat mudah untuk pecah. Dengan pecahan kaca yang jatuh di lantai dapat melukai si buah hati Anda. Karenanya jika dalam desain interior rumah Anda banyak menggunakan material kaca sebaiknya Anda melapisi material kaca dengan film.

Pelapisan ini bertujuan untuk menghindarkan adanya pecahannya yang berserakan di lantai karena pecahan kaca tetap menempel di lapisannya. Hal ini akan mempermudah Anda dalam membersihkan remukan-remukan kaca dan tentu akan menghindarkan diri Anda dan keluarga Anda dari resiko yang lebih besar.

Anda juga perlu melapisi tepi cermin dengan rangka dari kayu. Sehingga setiap ujung dari cermin itu tidak membahayakan buah hati Anda. Apalagi kalau cermin tersebut Anda letakkan pada dinding yang terjangkau oleh anak, melapisi bagian sudut tepi cermin menjadi sebuah keharusan bagi Anda.

Pintu Ganda Dalam Desain Interior Rumah

desain interior rumah 3

Yang dimaksud pintu ganda di sini adalah sebuah pintu yang mempunyai dua bagian. Bagian pertama adalah pintu utama dan bagian berikutnya adalah pintu yang dirancanng agar ketika pintu utama dibuka, orang atau anak kita tetap tidak dapat keluar karena terhalang pintu kedua yang biasanya berupa terali baik yang terbuat dari kayu maupun dari besi.

Pintu ganda ini memberi jaminan kepada Anda bahwa sirkulasi udara di ruangan Anda akan lancar. Di samping menghalangi si balita kita keluar rumah tanpa sepengetahuan kita, fungsi pintu ganda dalam desain interior rumah Anda adalah meningkatkan keamanan dari adanya pencurian dan sejenisnya.

Upayakan Pembatas antara Jendela dan Kamar
desain interior rumah4

Si anak dengan sifatnya yang ingin selalu bergerak cenderung akan tertarik melihat apa-apa yang terlihat dari dalam ruangnya. Karenanya desain interior rumah yang Anda rencanakan hendaknya mengupayakan adanya pembatas antara jendela dengan ruangan di mana anak melakukan aktivitas.

Apalagi jika area ruang anak tidak luas yang memungkinkan si anak berdekat-dekatan dengan jendela. Batas ini dapat berupa terali ataupun daun jendela. Pengadaan batas ini juga berfungsi melindungi anak agar lebih aman dari bahaya terjatuh dari jendela.

(Bersambung)