menjadikan desain interior rumah nyaman dan aman untuk anak (bag.2)

Pada postingan yang lalu telah kita bahas tentang pemilihan meja, pelapisan kaca, pengadaan pintu ganda dan pengadaan batas jendela. Postingan kali ini masih berbicara tentang elemen-elemen yang harus diperhatikan ketika kita ingin merancang desain interior rumah yang nyaman dan aman untuk anak kita. Elemen-elemen berikutnya adalah:

Elemen Desain interior,  Cahaya

Desain interior rumah

Cahaya ini penting kita perhatikan saat mendesain interior rumah untuk kamar anak. Karena kita sering mendengar bahkan munngkin pernah mengalami ketika sang anak ingin ke toilet mereka jatuh gara-gara terantuk sesuatu karena penerangan atau pengaturan cahaya yang tidak cukup pada malam hari.

Sebenarnya hal itu dapat kita atasi dengan memasang lampu yang kita pasang di sudut rumah kita. Fungsi dari lampu ini adalah untuk memandu si anak saat mereka akan ke kamar mandi. Anda dapat memasang lampu yang hemat energi (downlight). Kehadiran lampu ini selain berfungsi sebagai penerang, ia juga menjadi salah satu elemen dalam dekorasi interior rumah Anda.

Elemen Desain Interior, Tirai Tanpa Tali

Desain interior rumah2

Anda mungkin tidak setuju dengan saya. Mengapa harus dipasang tirai yang tidak bertali? Jawabannya memang hanya satu, yakni menjaga keamanan si anak. Bukankah anak dengan rasa keingintahuannya suka berbuat yang semaunya? Bukankan tali tirai dapat menjerat si anak, bahkan bisa jadi jeratan tersebut dapat mencekiknya?

Adanya tali ini akan meningkatkan resiko tersebut. Ok, jika Anda memang tetap ingin memasang tirai yang menggunakan tali, it’s doesn’t matter, tidak masalah. Namun saya menyarankan agar Anda menggunting atau memendekkan tali tirai tersebut sehingga tidak dapat diraih oleh si anak. Jangan pula Anda memasang perabot yang dekat dengan tali itu.

Tujuannya agar si anak tidak menggunakan perabot tersebut untuk menggapai tali tirai yang ada di kamarnya. Karenanya, sebaiknya Anda berpikir ulang saat akan mengadakan tirai yang bertali pada desain interior rumah yang nyaman dan aman bagi anak Anda. Keamanan si buah hati tentu lebih Anda utamakan.

Elemen Desain Interior Rumah, Penahan Pintu

Pernahkan Anda membanyangkan bagaimana sakitnya saat Anda terjepit ? Yah, itulah mengapa kita harus menyediakan penahan pintu dalam desain interior rumah yang nyaman dan aman bagi anak kita. Terjepit memang sering dialami oleh si anak. Ini wajar karena si anak belum cukup kuat untuk menahan daun pintu yang berayun.

Sementara si anak mempunyai aktivtas yang tinggi. Anda lihat kalau anak Anda sedang bermain. Mereka akan ke sana ke mari, bersembunyi di balik pintu tanpa ada sedikitpun rasa takut apalagi hanya dengan daun pintu karena mereka memang tidak pernh membayangkan akan adanya insiden kecil yang akan mereka alami.

Elemen Desain Interior Rumah, Tempat Tidur yang Rendah

Aktivitas Anak yang suka loncat-loncat mengharuskan kita menempatkan tempat tidur yang rendah dalam kamar tidur si anak. Kita sering mendengar si anak yang terjatuh dari tempat tidur. Keadaannya akan menjadi vatal ketika tempat tidur yang ada di dalam kamarnya tinggi, sehingga berakibat benturan kepala si anak dengan lantai kamar tidur mereka.

Untuk menghindari resiko yang lebih besar itulah kita memilih ranjang atau tempat tidur yang tidak terlalu tinggi untuk si buah hati. Akan lebih nyaman lagi jika ada karpet yang tebal di tempat tidur mereka sehingga benturan yang keras dengan lantai dapat terhindari jika mereka terjatuh dari tempat tidur.

Beberapa hal yang telah kami uraikan tersebut sangat perlu Anda perhatikan ketika Anda akan mendesain interior rumah yang nyaman dan aman untuk anak Anda.