Optimalisasi Fungsi Halaman Belakang dan Teras dengan Perabot yang Tepat

DP_Grubb-outdoor-umbrella_s4x3.jpg.rend.hgtvcom.966.725

Halaman belakang sering tidak diperhatikan. Keberadaan halaman belakang sering digunakan sebagai gudang bagi barang-barang yang tidak bermanfaat. Akibatnya fungsi halaman belakang menjadi tidak optimal. Padahal halaman belakang dapat dijadikan sebagai suatu tempat yang nyaman untuk acara keluarga.

Anda dapat menggunakan halaman belakang sebagai tempat untuk makan malam outdoor bersama keluarga dan bahkan dengan kerabat. Selain itu halaman belakang juga dapat digunakan sebagai tempat untuk bersantai menikmati udara luar yang segar setelah seharian bekerja di kantor.

Karenanya, penataan halaman belakang rumah perlu mendapatkan perhatian agar fungsi halaman belakang menjadi lebih optimal. Berikut ini beberapa contoh penataan halaman belakang rumah ataupun teras. Semoga beberapa contoh ini mendorong Anda untuk membuat fungsi halaman rumah atau teras menjadi lebih optimal.

DP_Robert-mission-patio_s4x3.jpg.rend.hgtvcom.966.725

Teras belakang rumah ini menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai sambil melakukan kegiatan ringan seperti membaca buku atau yang lainnya. Beberapa tanaman dalam pot dengan bunga-bunga kecil sengaja ditempatkan di teras ini untuk memberikan kesan keindahan dan kesejukan.

Sementara itu garden furniture, yang berupa kursi berbahan rotan sangat pas dengan warna dasar dari dindidng rumah. Kesan natural rumah juga menonjol dengan dieksposnya warna kayu pada bingkai jendela dan pintu.

HVHFR101H_backyard-deck-plants-outside-shower_h.jpg.rend.hgtvcom.966.725

Pada gambar di atas, tatanan satu set kursi yang menampilkan warna kayu asli membuat halaman belakang rumah ini sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan ketenangan. Beberapa tanaman baik yang berada di dalam pot maupun yang tidak menciptakan kesan nyaman dan sejuk.

Kesegaran udara luarpun dapat dihirup sepuasnya. Berlama-lama dalam suasana alam di luar rumah ini menjadi suatu kenikmatan tersendiri. Meski demikian, taman yang ditata di halaman belakang ini juga dapat Anda jadikan sebagai tempat berkumpul dengan teman maupun keluarga Anda.

CI-Jamie-Duree_outdoor-room-Jamie-Durie-Puerto-Rico-HORJD205_s4x3.jpg.rend.hgtvcom.966.725

Makan di luar rumah bersama semua anggota keluarga dan kerabat menjadi kegiatan yang menyenangkan. Untuk itu, Anda hanya perlu sebuah meja out door yang panjang dengan beberapa kursi yang sederhana. Bahkan kursi-kursi tersebut dapat Anda buat sendiri dengan bahan-bahan sisa yang mungkin Anda miliki.

Untuk menambah keceriaan suasana, Anda dapat menempatkan bantal atau alas kursi terbuat dari busa yang dilapisi kain warna cerah, misalnya warna biru seperti terlihat pada gambar. Penataan tanama pada beberapa sisi juga menambah keindahan dan kesejukan halaman belakang tersebut.

DP_Terre-Houte-modern-terrace-stairs_s4x3.jpg.rend.hgtvcom.966.725

Jangan biarkan tangga-tangga dalam halaman belakang rumah Anda kosong dan tidak memberikan keindahan dan kesejukan. Beberapa tanaman hias dalam pot dapat Anda tata pada setiap anak tangganya, sehingga lebih menghidupkan suasana. Demikian juga berbagai jenis bunga anggrek yang sedang berbunga menjadikan halaman belakan rumah Anda menjadi hidup dan memancarkan keindahan.

Untuk kebutuhan bersantai, Anda dapat menempatkan kursi sesuai dengan kebutuhan. Tentu saja dengan mengingat luas are halaman belakang rumah Anda. Kombinasi yang pas antara warna dinding yang natural dengan hijaunya daun serta warna bunga, lantai dan bantal menjadikan halaman belakang rumah Anda menjadi tempat yang sangat tepat untuk memanjakan diri dalam menikmati keindahannya.

DP_Bob-Hursthouse-Exterior-Patio-Porch_s4x3.jpg.rend.hgtvcom.966.725

Kesan klasik sekaligus mewah terpancar dari halaman belakang rumah Anda. Penataan beberapa perabot di teras dan di halaman belakang ini menciptakan suasana romantis. Apalagi dengan adanya lilin-lilin yang dinyalakan, menambah suasana semakin hangat dan mesra.

Untuk menguatkan kesan romantis, lampu sengaja dibuat tidak terlalu terang. Meskipun demikian pancaran dari cahaya lampu tersebut justru menambah keindahan alam sekitar halaman belakang dan teras rumah Anda.

Itulah beberapa contoh penataan halaman belakang rumah ataupun teras rumah untuk mengoptimalkan fungsi keduanya. Anda ingin mencobanya? Silakan.