Optimalisasi Ruangan Bawah Tangga pada Rumah Minimalis, Indah dan Nyaman

Pemasangan tangga penghubung ruangan selalu menyisakan ruangan kosong. Ini menjadi masalah ketika ukuran rumah tidak terlalu besar atau rumah minimalis. Karenanya, diperlukan kreativitas untuk mengoptimalkan ruangan bawah tangga.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk memberi nilai lebih ruangan bawah tangga. Ruangan bawah tangga bisa Anda jadikan untuk menaruh rak rak atau lemari bahkan ruang bawah tangga dapat Anda setting menjadi sebuah tempat kerja yang asik.

Namun penting untuk diperhatikan, bahwa pengoptimalisasian ruangan bawah tangga harus tetap memperhatikan nilai nilai estetika. Sehingga keindahan dan kenyamanan dalam rumah tidak terganggu.

Beberapa hal yang layak mendapat perhatian ketika ingin menempatkan rak atau lemari atau apapun di ruang bawah tangga, antara lain:

Pemilihan Warna

Ruang bawah tangga biasanya ruangan yang agak jauh dari jangkauan sinar sehingga terkesan lebih gelap dari ruang yang lain. Karenanya, dalam memilih rak atau lemari yang akan Anda tempatkan dalam ruangan bawah tangga tersebut hendaknya berwarna terang.  Jangan sekali kali memilih warna gelap. Penempatan rak atau lemari berwarna gelap akan bisa menjadikan ruangan terkesan lebih sempit.

Menjaga Kerapian

Ini penting. Jangan sampai kesan asal-asalan muncul dalam menata dan menempatan sesuatu di ruang bawah tangga. Jika itu Anda lakukan, kesan berantakan sebuah ruangan akan menonjol dan ini akan berakibat ruangan menjadi tidak nyaman untuk ditempati.

Karenanya, sebelum Anda memilih perabot untuk ruang bawah tangga, Anda harus benar benar mengetahui ukuran ruang bawah tangga yang masih bisa Anda optimalkan. Ukurlah Panjang lebar serta tinggi dari ruangan tersebut.

Memang furniture yang akan Anda tempatkan di ruang bawah tangga itu akan lebih pas jika bentuknya custom. Sehingga Anda bisa menempatkan secara presisi furniture furniture tersebut. Jika begitu yang Anda lakukan, maka bukan hanya optimal tetapi kesan artistic sebuah ruangan juga akan Anda dapatkan.

Full Desain

Maksudnya, usahakan bahwa furniture yang Anda  tempatkan di ruang bawah tangga itu benar benar full, sehingga tidak ada celah. Ini jika Anda menggunakan rak atau lemari untuk optimalisasi ruangan bawah tangga. Karenanya, jika ada ruang kosong di antara ruang itu dengan lemari atau rak sangat potensial untuk menaruh kotoran di ruang yang kosong tersebut. Akibatnya kesan berantakan akan sangat terasa.

Pemilihan Lampu

Lampu sangat penting dipasang dalam ruang bawah tanah itu.  Nah, untuk menciptakan kesan indah dan artistic, sebaiknya digunakan lampu downlight. Selain itu ruangan tetap akan terlihat terang meski di malam hari. Pilihlah lampu yang sesuai dengan kebutuhan ruangan bawah tangga tadi.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika ingin mengoptimalkan ruangan bawah tangga dengan menghadirkan rak atau lemari.

Berikut beberapa gambar yang bisa Anda jadikan inspirasi dalam mengoptimalisasikan ruangan bawah tangga: