Perindah Teras Rumah Dengan Bunga Bunga Ini

Keasrian sebuah rumah selalu dikaitkan dengan tanaman dan warna yang ada dalam area rumah tersebut. Yang dimaksud area rumah tentu meliputi bagian halaman baik muka maupun belakang, teras serta ruang ruang dalam rumah. Pemandangan area rumah yang hijau dengan aneka warna bunga sangat memengaruhi keindahan dan keasrian sebuah rumah. Karenanya, jika Anda ingin membuat asri rumah Anda unsur unsur itu penting untuk Anda munculkan di area rumah.

Tiga jenis tanaman hias berikut bisa menjadi alternative untuk menjadikan area rumah Anda menjadi asri dan menyejukkan pandangan.

Dianthus

Bunga dianthus atau sering disebut dengan bunga anyelir ini menjadi bunga yang sangat digemari dan sering dihadirkan dalam area rumah. Selain variasai warnanya yang cukup banyak, bunga ini terlihat cantik cerah serta memberi kesan dekoratif yang sangat kuat.

Dianthus sendiri merupakan nama binomial dari bunga anyelir yang lengkap nama binomialnya  Dianthus caryophyllus. Selain bunga ini bisa ditanam di dalam pot, bunga ini juga sering hadir di dalam ruangan rumah dalam bentuk bunga potong ditaruh di dalam vas bunga. Warna warni serta gradasi warna yang dimiliki sangat cocok untuk menambah keceriaan ruangan tapi tetap dengan keindahan yang mempesona.

Bunga dianthus ini banyak ditemukan di dataran tinggi. Kalau Anda ingin mendapatkan dan menyaksikan keindahan bunga dianthus atau anyelir ini, Anda bisa datang ke Cibodas. Tanaman ini tidak menyukai udara panas atau sinar matahari yang terik. Karenanya, sangat cocok diletakkan di dalam ruangan, apalagi ruangan ber AC. Jika Anda ingin mengoptimalkan pertumbuhan bunga dianthus Anda bisa mengusahakannya dengan suhu kamar antara 25 sampai 30 derajat celcius dengan pH normal yakni antara 6 sampai 7.

Jika dicermati, bunga hias dianthus ini memiliki bentuk bunga yang mirip dengan bunga Carnation dengan bentuk yang kecil. Variasi warna dan gradasinya selalu menjadi perhatian dan daya pikat orang yang melihatnya.

Terkadang orang sering menyamakan bunga dianthus dengan bunga teluki. Memang hal itu tidak salah. Karena dua hal yang perlu diperhatikan terkait dengan bunga dianthus ini adalah jumlah kuntum bunga dalam satu tangkai. Jika dalam satu tangkai ada lebih dari satu kuntum bunga maka bunga dianthus ini disebut anyelir spray. Tetapi jika satu tangkai hanya terdiri dari satu kuntum bunga maka disebut bunga teluki.

Aster

Berbeda dengan bunga Dianthus, bunga aster lebih besar tampilannya. Kuntum bunganya pun berbeda. Kalau bunga dianthus kuntumnya tidak terlihat tumpuk, tetapi bunga aster bunganya terlihat tumpuk.

Bunga aster ini masih satu rumpun dengan bunga kertas. Karenanya, jika diperhatikan ada kemiripannya dengan bunga kertas.

Family bunga aster ini mempunyai lebih dari 600 spesies di seluruh dunia. Ada banyak variasi warna dari bunga aster ini,  mulai dari putih, biru, ungu, dan lain – lain dengan ciri khas, bagiah tengah bunga berwarna kuning.

Selain bisa menjadikan ruangan menjadi asri karena warnanya, bunga aster ini menjadi salah satu bunga yang menjadi wajib ada dalam setiap karangan bunga.

Hal yang menjadikan bunga aster ini menjadi favorit adalah bunga aster tidak mengenal musim. Dia dapat berbunga kapanpun sesuai dengan kondisi fisik bunga aster sendiri dan perawatannya.

Selain bisa ditaruh di dalam ruangan, karena bunga aster ini memang tidak tahan terhadap sinar matahari langsung, bunga aster sangat cocok diletakkan di teras rumah. Bunga aster akan mempermanis perfoma teras Anda.

Berikut ini jenis jenis bunga aster berdasarkan warna bunganya. Dan semua jenis berikut ini sangat cocok Anda hadirkan di area rumah Anda.

  • Jenis Aster chinensis tipe Princes: memiliki warna bunga merah muda, kuning muda, biru muda, biru tua dan putih.
  • Jenis Aster chinensis tipe Amerika: memiliki warna bunga biru muda, merah muda, merah tua, merah lembayung dan putih.
  • Jenis Aster chinensis tipe Liliput: memiliki warna bunga merah muda, merah tua, biru dan putih.
  • Jenis Aster chinensis tipe Giant Cornet: memiliki warna bunga merah tua, merah muda, dan putih
  • Jenis Aster novae-angliae: memiliki warna bunga hanya violet muda.
  • Jenis Aster incises: memiliki 2  warna bunga, yakni violet dan agak kebiruan.

Anda bisa menanam jenis jenis bunga aster tersebut dalam pot. Caranyapun sangat mudah.

Penanaman dimulai dengan penyemaian pada media semai berupa campuran, tanah, sekam dan kompos dengan perbandingan 1:1:1. Setelah bibit tumbuh dan berdaun 2 atau 4 daun bibit bisa dipindah ke dalam pot yang telah diisi media tanam seperti mendia semainya.

Tanamlah pada pot yang cukup untuk pertumbuhan daun dan bunganya. Saat ditanam, letakkan bunga di tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung. Setelah kelihatan kuat dan beradaptasi Anda boleh meletakkan di tempat yang terkena sinar matahari untuk fotosintesis tetapi jangan terlalu lama yang berakibat bunga akan coklat terbakar.

Siramlah bunga aster dalam pot setiap pagi dan sore dengan air yang cukup untuk menjaga kelembabannya. Berilah pupuk untuk bunga berupa gandasil B atau NPK. Jika perawatan baik, Anda akan mendapatkan keindahan bunga aster dengan berbagai warnanya. Untuk bunga yang sudah kering, Anda bisa membiarkannya agar bisa dijadikan benih, atau Anda bisa memotongnya untuk merangsang pertumbuhan tunas dan bunga berikutnya.

Krokot

Bunga krokot yang mempunyai nama keren moss rose sangat layak menghiasi teras rumah Anda. Bunga mungil ini mempunyai banyak variasi warna. Warna bunganya yang cetar membahana ini akan membuat teras rumah Anda indah berseri dengan warna warninya. Di daerah pedesaan bunga krokot masih banyak ditemukan di pekarangan dan sawah-sawah. Apalagi sawah yang masih sering ditanami dengan kacang tanah. Mungkin Anda tidak mengira di pasar bunga Pasty Yogyakarta satu polybag krokot lokal ada yang harganya serratus duapuluh lima ribu. Padahal di pedesaan mungkin krokot banyak diabaikan orang, atau maksimal digunakan sebagai bahan sayuran.

Jika Anda mempunyai teras yang cukup banyak terkena sinar matahari, tanaman krokot layak untuk ditempatkan di teras rumah Anda. Pembudidayaan tanaman ini pun juga tidak sulit. Selain untuk tanaman hias bunga krokot juga bisa dijadikan sebagai the untuk minuman. Kandungan zat yang bermanfaat bagi tubuh membuat krokot menjadi alternative selain untuk masakan juga untuk minuman. Adapun zat yang dikandung oleh tanaman krokot antara lain, kalsium, tanin, saponin, phospat, zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, magnesium, mangan, sodium, fosfor, dan banyak lagi.

Jadi selain dapat memperindah area rumah, tanaman krokot juga dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Itulah tiga jenis tanaman hias yang mampu menjadikan area rumah Anda indah, asri dan menyenangkan.  Anda ingin mencobanya ? Tentu hal itu sangat menyenangkan untuk dilakukan.