Prinsip-Prinsip Dasar Desain Rumah Tempat Tinggal

Memiliki sebuah rumah adalah impian setiap keluarga. Karena memang rumah merupakan salah satu kebutuhan primer manusia. Sehingga belumlah sempurna kehidupan sebuah keluarga tanpa adanya rumah. Di rumah inilah akan muncul nilai-nilai kehidupan yang ditanamkan oleh orang tua kepada anak-anaknya.

desain rumah minimalis

Karenanya, mengetahui prisip-prinsip dasar desain rumah sangat penting bagi seorang yang ingin membangun sebuah rumah tempat tinggal. Karena dengan pengetahuan tersebut rumah yang dibangun diharapkan dapat sesuai dengan kebutuhan.

Membangun sebuah rumah tak dapat dilepaskan dengan membuat desain rumah. Untuk mendesain rumah tentu kita harus memahami dahulu bahwa kegiatan mendesain rumah membutuhkan kepekaan estetika, kepraktisam dan pemahaman terhadap bahan bangunan. Rumah yang indah dilihat tidak terlepas dari kemahiran seseorang memadukan unsur-unsur tersebut.



Pada postingan berikut akan diuraikan prinsip-prinsip dalam mendesain sebuah rumah hunian. Dengan memerhatikan prinsip-prinsip berikut diharapkan dapat memenuhi keinginan dan tujuan membuat sebuah rumah. Adapun prinsip-prinsip dasar dalam membuat desain rumah adalah sebagai berikut:

Lokasi

desain rumah minimalis

Pembuatan rancangan atau desain sebuah rumah baru dapat dikerjakan setelah diketahui lokasi rumah yang akan dibangun. Pemahaman yang baik terhadap lokasi rumah ini akan menentukan bentuk rumah. Bagaimanapun, rumah yang baik adalah rumah yang sesuai dengan lingkungan dimana rumah itu berada. Hal ini bukan berarti tidak boleh membuat rumah yang ‘nyleneh’ bentuk dan gayanya dengan lingkungan yang ada.

Perhatian terhadap lokasi ini sedikit banyak akan memengaruhi gaya yang akan diusung serta material yang akan digunakan. Sebuah rumah bisa dibangun dari bahan-bahan lokal sehingga tampaknya telah tumbuh dari lanskap, atau dapat kontras dengan lanskap untuk membuat kesan dramatis.

Bahan

desain rumah sederhana

Bahan sangat penting dalam sebuah konstruksi sebuah rumah. Karenanya, persoalan memilih bahan jangan hanya berdasaarkan pertimbangan murahnya bahan tersebut. Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah kualitas dari bahan yang akan digunakan. Sebuah desain rumah yang baik akan menjadi tidak ada artinya ketika bahan yang digunakan murah, jelek atau bahkan mengandung zat-zat yang dapat merusak konstruksi bangunan dalam waktu singkat.

Karenanya, Anda harus memperhatikan bahan atau material rumah ini sebaik baiknya. Dengan begitu sebuah rumah dengan perfoma yang bagus dan mempunyai estetika tinggi terlihat seimbang dan selaras dengan ukuran dan bentuk rumah.

Simpel, Sederhana dan Praktis

desain rumah sederhana

Membuat sebuah rumah tentu mempunyai harapan agar dapat ditempati dengan nyaman. Kenyamanan sebuah rumah tidak selalu ada dalam desain dan bentuk rumah yang mewah dan mahal. Bahkan, pada beberapa pertimbangan, sebuah rumah yang sederhana, praktis sering menjadi impian sebuah keluarga. Apalagi bagi keluarga yang masih baru atau keluarga kecil.

Praktis dan nyaman akan menjadi pilihan keluarga tersebut. Tapi harap dipahami bahwa tidak setiap rumah yang sederhana dan praktis itu sedikit biayanya. Bisa jadi justru rumah tersebut menuntut anggaran yang tidak sedikit karena nilai kepraktisan tidak selalu bermakna ekonomis. Hal penting yang harus Anda pertimbangkan dalam menentukan sederhana dan praktis ini adalah terpenuhinya keinginan dan kebutuhan.

Perhatikan sirkulasi udara yang ada dalam rumah, sinar atau cahaya matahari yang cukup. Karena kedua hal ini menjadi factor terpenting kenyamanan sebuah rumah. Rumah dengan sirkulasi udara yang baik akan menciptakan kesan lega. Apalagi dipadu dengan cahaya matahari yang masuk dalam ruang-ruang rumah akan menjadikan suasana yang terang dan lapang, meski rumah yang dibangun tidak seluas kesan yang ditimbulkannya.

Komposisi

desain rumah sederhana

Komposisi atau perbandingan unsur-unsur rumah hal yang harus diperhatikan. Seperti halnya sebuah lukisan akan tampak indah ketika ada keseimbangan unsur-unsur dalam lukisan itu. Sama halnya dengan sebuah rumah, yang terdiri dari halaman, teras, ruang tamu, ruang tidur, ruang dapur dan sebagainya, semua itu harus dipadupadankan dengan komposisi yang baik sehingga didapatkan keseimbangan.

Beberapa nilai-nilai komposisi yang sering digunakan dalam sebuah desain rumah antara lain golden section, bentuk geometri dasar, pengulangan, hierarki dan lain-lain. Nilai-nilai komposisi tersebut sebenarnya adalah nilai seni universal yang bisa ditemui pada karya seni lain seperti music, luisan, atau patung. Ketika seorang desainer atau arsistektur mampu mengaplikasikan nilai-nilai tersebut pada sebuah desain rumah, pada dasarnya dia sudah membuat karya seni yang diwujudkan dalam sebuah rumah.



Itulah beberapa prinsip dasar dalam membuat desain rumah. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam membuat rumah yang sesuai dengan harapan dan kebutuhan Anda.