Siapa Bilang Menata Ruangan di Hari Lebaran Sulit? Coba Ikuti Langkah langkah Berikut

Horee, lebaran sebentar lagi. Hari raya Idul Fitri tinggal menunggu hari. Tidak sampai 10 hari. Hanya tinggal beberapa hari. Hari kemenangan bagi orang yang berpuasa itu akhirnya hadir kembali. Ups… sudahkan Anda mempersiapkan ruang ruang dalam rumah Anda untuk menyambut kedatangannya. Well.. hari raya Idul Fitri selalu identik dengan kehadiran sanak saudara dan handai taulan ke rumah kita. Rama-ramai mereka akan datang silih berganti. So, tentunya Anda tidak ingin memberi kesan semarawut dan tidak nyaman ketika sanak kerabat dan keluarga Anda datang ke rumah Anda.

Karenanya, seluruh ruangan dalam rumah Anda ada baiknya Anda lihat lagi dan mungkin ada beberapa ruangan yang perlu di desain ulang agar nantinya memberikan kesan nyaman dan menyenangkan kepada siapa saja yang tinggal atau sekedar berkunjung di rumah Anda.

Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda jadikan refensi untuk menciptakan setiap ruangan yang ada dalam rumah Anda menjadi ruangan yang menyenangkan dan nyaman. Anda bisa menyesuaikan hal hal mana yang dapat Anda terapkan dalam rumah Anda.

Perhatikan Kebersihan Setiap Ruangan

Terkadang kita tidak sadar atau karena sudah biasa barangkali, kita membiarkan barang barang yang tidak berfungsi menumpuk di sebuah ruangan. Tentu ketika ini terlihat oleh siapapun, bahkan Anda sendiri barangkali, menjadi pemadangang yang tidak mengenakkan. Karenanya, ada baiknya Anda melihat lihat kembali setiap ruangan. Pastikan bahwa di setiap ruangan tidak ada tumpukkan barang yang mengganggu pemandangan. Kalau toh Anda ingin mempertahankan barang tersebut, tempatkanlah pada tempat tempat khusus yang tidak terlihat orang.

Setelah Anda yakin tidak ada barang yang menumpuk di setiap ruangan, selanjutnya Anda perlu pastikan kebersihan setiap bagian dalam rumah Anda, seperti kusen, lemari, kursi dan semua perabot yang Anda pastikan dalam keadaan bersih dan rapi.

Beri Tampilan Beda pada Sprei dan Gorden

Hari raya Idul Fitri identik dengan apa apa yang semua serba baru. Meski makna baru tidak harus beli dengan baran yang baru. Anda bisa menggunakan barang barang yang sebenarnya lama tetapi tidak pernah Anda keluarkan dari tempat penyimpanan karena memang barang barang tersebut Anda spesialkan untuk waktu waktu tertentu.

Salah satu hal yang harus Anda perbarui tampilannya adalah kamar tidur beserta semua perlengkapannya. Yang paling mudah adalah sprei dan gorden. Ciptakan perfoma yang berbeda dari kamar tidur Anda dengan sentuhan sprei yang berbeda. Pilih warna atau motif sprei yang sesuai dengan kondisi hari raya. Warna hijau dapat Anda jadikan pilihan karena warna itu disamping mampu menciptakan suasana ketenangan juga mampu memberikan nuansa segar dan ceria.

Pencahayaan dan Sirkulasi Udara

Pengap. Suasana pengap sering terasa pada ruangan yang kurang dalam pencahayaan dan sirkulasi udara yang tidak baik. Karenanya, Anda perlu melihat kembali pencahayaan yang ada dalam setiap ruangan. Memang idealnya, pencahayaaan alami cukup menerangi setiap ruangan. Tetapi jika pencahayaan alami sulit didapatkan, Anda bisa mencari solusi lain yaitu dengan mengaplikasikan cahaya lampu.

Yang tidak kalah pentingnya juga adalah sirkulasi udara. Pastikan setiap ruangan mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Dengan pergantian udara yang lancar suasana nyaman dan lancar akan Anda dapatkan.

Tambahkan Elemen Dekorasi

Nah, yang ini juga penting. Elemen dekorasi ini akan mempercantik ruangan Anda. Elemen dekoratif ini juga yang bisa menjadikan ruangan menjadi khas sesuai situasi dan kondisi saat ruangan di re-design. Anda bisa menempatkan elemen dekorasi berupa ikon-ikon hari raya Idul Fitri, dalam bentuk misalnya rangkaian janur ketupat atau kaligrafi dan sebagainya.

Itulah beberapa hal yang dapat dan harus Anda lakukan untuk menyambut kedatangan sanak kerabat dan handai taulan di hari raya Idul Fitri. Selamat merayakan hari raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin, semoga Allah menerima ibadah kita semua.