Strategi Membuat Ruang Rumah Anda Unik dan Nyaman

Membuat nyaman sebuah rumah tidaklah harus diartikan dengan biaya yang mahal. Anda tidak perlu khawatir karena kenyamanan sebuah rumah dapat Anda ciptakan tidak harus merogoh saku yang banyak. Jika Anda mengetahui strateginya akan meminimalisir pengeluaran.

Karenanya, pada postingan berikut akan diuraikan bagaimana strategi membuat ruang rumah yang nyaman dengan biaya yang minimal.

Pengaplikasian Warna

Dalam dunia desain interior, warna menjadi unsur terpenting. Karena warna bisa menciptakan suasana seperti yang diharapkan. Warna juga memberi efek tertentu. Karenanya, pemilihan warna terkadang merupakan pekerjaan tersulit namun wajib dilakukan untuk mendapatkan efek ruangan seperti yang diharapkan.

Pemilihan warna juga menjadi cara yang termurag untuk mengganti suasana sehingga ruangan terasa lebih segar, nyaman dan bahkan mewah nan elegan. Karenanya, disarankan untuk memperhatikan karakter warna sebelum mengaplikasikan sebuah warna dalam sebuah ruangan.

Warna-warna yang dapat Anda pilih antara lain warna netral seperti abu-abu muda, beige, krem. Warna warna tersebut akan tetap cocok diaplikasikan pada setiap musim. Anda bisa memadupadankan warna-warna dengan tetap memperhatikan suasana yang ingin diciptakan.

Selain warna-warna netral yang menciptakan suasana nyaman dan tenang, Anda pun bisa menggunakan warna warna berani untuk menciptakan kesan dinamis dan semangat dalam ruangan. Padupadankan warna warna tersebut dengan warna furniture yang ada dalam ruangan. Pengaplikasian pola dan tekstur yang berbeda juga dapat menekankan sebuah elemen dalam desain interior.

Manfaatkan Karya Seni Sendiri

Sebuah ruangan akan menjadi menarik tatkala ada sesuatu yang beda. Kehadiran vocal point menjadi daya tarik tersendiri dalam sebuah ruangan. Tidak harus mahal dan rumit membuat vocal point dalam sebuah ruangan. Anda bisa memanfaatkan kreasi seni yang pernah Anda ciptakan untuk menjadi sesuatu yang menonjol dalam ruangan. Pede aja kali untuk memajang karya seni yang pernah Anda ciptakan.

Selain bisa menjadi vocal point, karya seni yang Anda buat, meski simple dan sederhana justru akan menjadi keunikan tersendiri dalam ruangan tersebut. Kesan personal dan intim akan menjadi sangat kuat terasa. Jikan Anda merasa tidak mempunyai karya seni, Anda bisa memanfaatkan barang barang yang ada yang mewakili pribadi Anda, seperti kain sarung dengan pola tenun yang asli, atau kumpulan kain perca yang Anda rangkai menjadi hiasan yang indah juga tak kalah menarik untuk dipajang.

Bisa juga Anda membuat kanvas berpola khusus untuk dipajang di dinding. Kreasi Anda dengan kertas kardus yang ditempeli sesuatu atau dibuat gambar dengan pola dan motif tertentu akan menjadi karya seni yang layak dilihat oleh orang lain dan menjadikan nilai keindahan dalam ruang rumah Anda.

Jika itupun masih Anda rasakan sulit, lihatlah barang-barang di rumah. Mungkin ada beberapa koleksi yang Anda miliki dapat dijadikan sebagai elemen dekorasi dalam sebuah ruangan. Pilihlan yang sesuai dengan ruangan yang akan Anda desain ulang. Anda bisa menempelkan koleksi Anda tersebut dalam sebuah dinding atau ke dalam rak-rak yang memang sudah Anda persiapkan.

Terkhusus untuk ruangan kamar tidur, Anda dapat berkreasi pada sisi headboardnya. Stop! Jangan berpikiran mahal dan harus mengeluarkan banyak uang. Untuk menjadikan tempat tidur berefek tertentu, Anda bisa menempel stiker pada headboard. Jika ranjang Anda tidak mempunyai headboard, Anda bisa tambahkan dengan papan yang diwarnai dan ditempeli sticker atau bahkan Anda lukisi sendiri headboard tersebut.

Pemasangan Cermin Berbingkai

Cermin sering digunakan orang untuk memanipulasi ruangan. Ruangan yang sempit bisa terkesan longgar dan lapang dengan cermin. Pantulan cahaya cermin juga bisa menghemat penggunaan listrik. Hadirnya cermin yang berbingkai bisa menjadi vocal point dalam sebuah ruangan. Cermin memang mempunyai fleksibilitas yang tinggi. Ia dapat diaplikasikan hampir di semua ruangan.

Selain fungsi cermin seperti tersebut di atas, cermin juga bisa digunakan untuk mempercantik sebuah ruangan. Dengan bingkai yang artistik, cermin akan menjadi karya seni yang dapat dijadikan sebagai elemen dekorasi dalam sebuah ruangan.

Masih ada banyak yang bisa Anda lakukan untuk membuat ruangan Anda menjadi nyaman sesuai dengan keinginan Anda. Selain strategi di atas, Anda bisa melakukan strategi-strategi yang lain, seperti menambahkan teks kratif, memajang piring, menghadirkan tanaman dalam ruangan dan sebagainya. Berkreasilah, maka Anda akan mendapatkan kepuasan dari kreasi Anda nantinya.