Tepat Memilih Sink Dapur Aktivitas di Dapur Jadi Menyenangkan dan Nyaman

Salah satu elemen yang saat ini menjadi wajib dalam sebuah dapur adalah sink dapur. Keberadaan sink dapur ini akan sangat membantu seseorang ketika hendak menyiapkan masakan. Ketepatan memilih sink dapur dalam sebuah desain interior dapur akan menjadikan aktivitas memasak menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Tepat Memilih Sink Dapur Suasana Memasak di Dapur Jadi Menyenangkan 6

Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan seseorang yang akan memilih sink dapur. Jangan sampai justru hadirnya sink dapur membuat tampilan interior dapur Anda menjadi tidak menarik, terkesan ruwet dan bahkan membuat kepala pusing sebelum Anda beraktivitas di dapur.

Perhatikan Faktor Besar Kecilnya Sink Dapur

Tepat Memilih Sink Dapur Suasana Memasak di Dapur Jadi Menyenangkan 2

Ukuran sink dapur menjadi hal pertama yang harus Anda perhatikan. Sesuaikan ukuran sink dapur yang akan Anda pasang dengan ukuran luas dapur Anda. Tentu tidak bijaksana untuk ukuran dapur kecil atau minimalis Anda aplikasikan sink dapur berukuran besar. Bisa jadi sink dapur tersebut akan memenuhi ruang dapur Anda sehingga kesan sumpek justru sangat terasa.

Perhatikan Faktor Kedalaman Sink Dapur

Tepat Memilih Sink Dapur Suasana Memasak di Dapur Jadi Menyenangkan 5

Ukuran kedalaman sink dapur dapat Anda sesuaikan dengan perabotan dapur yang akan dicuci di sink dapur tersebut dalam satu waktu. Jika dalam satu waktu Anda mencuci banyak perabot dapur seperti piring, gelas dan sebagainya dalam jumlah banyak dan hal itu sering

Anda lakukan tentu saja sink dapur dengan kedalaman yang cukup dapat Anda pertimbangkan.
Tetapi jika Anda sering mencuci perabot dapur yang tidak begitu banyak, pemilihan sink dapur yang tidak terlalu dalam tentu menjadi penting untuk Anda pertimbangkan. Apalagi jika memang anggota keluarga Anda termasuk anggota keluarga kecil.

Perhatikan Faktor Bahan Sink Dapur

Tepat Memilih Sink Dapur Suasana Memasak di Dapur Jadi Menyenangkan 3

Saat ini ada banyak sink dapur yang ditawarkan dengan berbagai bahan. Bahan pembuat sink dapur antara lain kuningan, stainless steel, besi, alloy bahkan plastik. Terkait dengan bahan sink dapur ini, yang perlu Anda perhatikan adalah kekuatan dan kualitas bahan serta aman tidaknya bagi kesehatan.

Dari sekian banyak bahan sink dapur yang disebutkan di atas, disarankan Anda memilih sink dapur berbahan kuningan atau stainles steel. Selain bahan tersebut baik sekali untuk saluran air sehat juga telah mendapat sertifikat DVGW yaitu sertifikat berstandar internasional khusus alat alat yang menyangkut saluran gas dan air.

Hindari sink dapur berbahan plastik, alloy atau pun besi. Karena bahan-bahan tersebut dapat menimbulkan racun yang bercampur dengan air. Mungkin dalam waktu yang dekat efek dari sink dapur berbahan tersebut tidak terasa. Tetapi jika hal itu berlangsung lama tentu akan sangat mengganggu kesehatan Anda dan semua keluarga.

Perhatikan Jumlah Bak Sink Dapur

Tepat Memilih Sink Dapur Suasana Memasak di Dapur Jadi Menyenangkan 8

Biasanya setiap set sink dapur terdiri dari satu hingga tiga bak. Banyaknya bak ini tentu akan mempengaruhi luas ruangan dapur Anda. Maksudnya jika Anda memilih sink dapur dengan bak 3 tentu saja space yang dibutuhkan untuk memasang sink dapur tersebut menjadi lebih besar.

Karenanya, pastikan aktivitas yang sering Anda lakukan di dapur Anda karena masing masing sink dapur dengan jumlah tertentu sangat tergantung dari aktivitas Anda tersebut. Misalnya, untuk sink dapur dengan triple bowl (3 bak) sangat pas untuk diaplikasikan pada dapur yang selalu sibuk digunakan.

Sebaliknya untuk single bowl pas jika Anda jarang beraktivitas di dapur. Atau kalau lah Anda beraktivitas sederhana dan tidak banyak mencuci dengan jumlah cucian yang banyak.

Perhatikan Kemudahan Sink Dapur Saat Dibersihkan

Tepat Memilih Sink Dapur Suasana Memasak di Dapur Jadi Menyenangkan 4

Hal ini tentu saja bertujuan agar sink dapur Anda selalu terlihat bersih dan terbebas dari warna kusam dan kotor. Karenanya, pilihlah sink dapur yang mudah untuk dibersihkan. Jangan sampai Anda direpotkan dengan noda-noda makanan yang menempel di sink dapur Anda dan sulit dibersihkan.

Permukaan sink dapur yang tidak berpori juga sangat disarankan. Karena ini akan menghindarkan sisa-sisa makanan yang akan terselip di pori pori sink dapur tersebut. Kemudian tentu saja sink dapur Anda akan selalu terlihar bersih.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk memilih sink dapur yang tepat dan sesuai dengan desain interior dapur Anda. Anda dapat mendapatkan informasi tentang 5 hal penting menciptakan desain interior dapur yang nyaman dan menyenangkan pada postingan jenis-jenis sink dapur.