Tips Desain interior rumah minimalis yang nyaman dan melegakan

Meski tren desain rumah minimalis sudah dimulai beberapa tahun yang lalu, namun desain rumah minimalis ini sampai saat ini masih banyak yang meminati. Selain karena alasan luas lahan rumah yang semakin sempit, gaya urban yang kini menjadi bagian dari gaya hidup manusia, memberikan pilihan kesederhanaan. Dan kesederhanaan inilah yang menjadi ciri dari desain interior rumah minimalis.

desain interior rumah minimalis

Meski minimalis dan sederhana, tidak berarti bahwa rumah dengan desain rumah minimalis tidak mampu memberikan kenyamanan pada penghuninya. Semua tergantung bagaimana seseorang menata elemen-elemen desain interior rumah minimalis. Penataan yang apik sehingga menciptakan perpaduan elemen desain interior minimalis yang seimbang dan estetik tentu menjadikan rumah dengan desain interior minimalis menjadi nyaman dan melegakan.

Untuk menciptakan itu semua ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sehingga rumah yang kita desain dengan desain interior rumah minimalis ini benar-benar memberikan kenyamanan dan kelegaan serta kesan estetika yang tinggi. Dengan demikian kita pun akan betah tinggal berada di rumah yang kita tata dengan desain interior rumah minimalis tersebut.

Menjaga setiap ruang dalam keadaan rapi

desain interior rumah minimalis 3

Inilah salah satu hal yang harus kita perhatikan ketika sebuah rumah ditata dengan desain interior rumah minimalis. Tentu ini dapat dimengerti, dan Anda pun dapat membanyangkan bagaimana sumpeknya yang memiliki ruangan yang sempit ditambah dengan tata interiornya yang tidak rapi.

Kesan sumpek itu akan semakin terasa manakala penataan furniture dan elemen dekorasi tidak diperhatikan. Bisa jadi rumah menjadi seperti gudang. Jika demikian tentu menempatinya akan menjadi sangat melelahkan dan membosankan.

Karenanya berapapun ukuran luas rumah Anda, kerapian setiap ruangan hendaknya selalu dijaga. Dengan desain interior rumah minimalis yang apik ruang akan terlihat rapi dan tetap dapat memberi kesan kelegaan dan kenyamanan. Apalagi jika banyak didapatkan hal-hal yang dapat menyejukkan pandangan.

Perhatikan warna cat dasar

desain interior rumah minimalis 6

Warna dalam sebuah ruangan akan sangat mempengaruhi kesan yang dimunculkan. Sebagai contoh warna gelap yang kuat, akan memberikan kesan sempit dan kaku dalam sebuah ruangan apabila tidak diimbangi dengan warna-warna yang mampu mengurangi kesan kuat warna gelap tersebut.

Karena itulah, untuk mengaplikasikan warna cat rumah pada desain interior rumah minimalis hendaknya dipilih warna-warna yang sesuai. Pemilihan warna netral sangat disarankan dalam desain interior rumah minimalis. Warna-warna tersebut antara lain krem, putih ataupun abu-abu.

Meskipun demikian Anda dapat memadukan warna-warna yang natural atau warna terang yang lainnya. Dengan menerapkan warna netral dan warna natural diharapkan kesan luas dan melegakan dapat tercipta dari ruangan tersebut.

Pilihlah furniture sebagai titik fokus

desain interior rumah minimalis 5

Titik focus atau focal point sangat penting dalam setiap ruangan. Fokus ini akan menjadi kesan pertama yang dirasakan oleh penghuni ruangan. Karena akan memberikan kesan pertama, hendaknya dalam menentukan titik fokus benar-benar memperhatikan kenyamanan saat mata pertama kali memandangnya.

Anda dapat menggunakan furniture sebagai titik fokus. Selain furniture elemen-elemen lain dalam desain interior rumah minimalis juga dapat Anda jadikan sebagai titik pusat perhatian. Lukisan pemandangan, gaya lampu atau bahkan lukisan mural sederhana yang artistik dapat Anda jadikan sebagai titik fokus. Intinya usahakan titik fokus yang kita hadirkan dapat memberi kesan yang nyaman pada orang yang melihatnya.

Ciptakan balance dalam setiap ruangan
desain interior rumah minimalis 2

Desain interior rumah minimalis seperti halnya desain rumah maksimalis, merupakan kumpulan dari beberapa elemen yang harus mampu mendatangkan keutuhan dan kepaduan. Sehingga unsur-unsur dalam desain interior rumah minimalis ini juga harus menciptakan keseimbangan dalam semua ruangannya.

Karenanya, keseimbangan tersebut harus diupayakan hadir dalam setiap ruangan. Tentu kita tidak ingin menikmati beberapa ruangan dan merasa bosan dengan ruangan yang lain gara-gara keseimbangan desain interior rumah minimalis yang tidak dapat kita hadirkan dalam ruanga tersebut.