Tips Desain Interior untuk Apartemen Berukuran Kecil

Apartemen merupakan salah satu solusi cerdas untuk saat ini, sebab jika seseorang memutuskan untuk membeli apartemen Ia tidak harus membangunnya dari awal. Sehingga dapat mempermudah dalam menganggarkan biaya rumah tangga. Ukuran apartemen bermacam-macam, salah satunya apartemen berukuran kecil. Sehingga memerlukan panduan atau tips desain interior apartemen untuk mengubah apartemen Anda menjadi lebih luas.

ruang tamu apartemen

Tips desain interior berikut ini akan menjadikan tampilan apartemen Anda menjadi lebih manis, dan yang semula sempit dapat terkesan agak longgar dengan teknik-teknik yang tepat. Seringkali beberapa orang malas menata apartemennya, sehingga terlihat berantakan walaupun sebenarnya aparteemn tersebut dapat disiasati agar tampak lebih longgar. Oleh karena itu, sebaiknya simak tips desain interior agar apartemen menjadi lebih longgar:

Sediakan Ruang Untuk Aktivitas

penataan ruang apartemen sederhana

Meskipun memiliki apartemen yang mungil, namun Anda harus tetap menyediakan fasilitas untuk pekerjaan Anda. Tips desain interior dengan peletakkan rak buku atau display frame dapat membantu Anda untuk memiliki ruang kerja yang terpisah. Sehingga dalam bekerja Anda akan jauh lebih nyaman. Selain itu, hadirkan interior berupa kursi, coffee table ataupun sofa pada karpet di ruang tamu untuk memberikan tanda bahwa ruangan tersebut berfungsi.

Pemilihan Furniture Multifungsi

furniture apartemen multifungsi

Tips desain interior untuk apartemen sempit yang tidak boleh Anda lewatkan ialah pemilihan furniture atau perabotan yang memiliki banyak fungsi. Tentunya Anda sadar benar bahwa ruangan yang sempit harus menggunakan perabotan yang multifungsi, sehingga tidak dapat digunakan utnuk satu kegiatan saja. melainkan bisa digunakan untuk aktivitas lain.



Salah satu furniture yang multifungsi ialah coffee table, yang dapat di aplikasikan sebagai rak buku, majalah serta kursi. Tips desain interior ini dapat membantu Anda untuk memilih perabotan mana saja yang perlu dipasang dalam apartemen dan mana yang perlu disisihkan.

Adanya Cermin dan Jendela

jendela kaca apartemen

Tips desain interior menganjurkan Anda untuk memberikan ornamen cermin pada apartemen Anda yang tidak terllau besar. Hal ini karena cermin dapat menghadirkan suatu ilusi yang menjadikan area nampak lebih luas. Letakkan cermin di sudut-sudut yang strategis, maka dengan begitu ruanagn akan terlihat lebih lebar daripada aslinya.



Tips desain interior terhadap pemilihan jendela juga perlu diperhatikan. Sebab jendela mampu mengendalikan sirkulasi udara yang masuk dalam apartemen Anda. Sesuaikan desain jendela dengan konsep apartemen Anda.

Pencahayaan yang Tepat

pencahayaan apartemen

Ornamen lampu pada apartemen akan dapat membuat ruanagn terlihat lebih luas. Anda dapat memasang lampu di tiap-tiap sudut apartemen, sehingga pencahayaan pada ruangan tersebut cukup. Untuk mempercantik tampilan ruangan, lampu gantung dapat Anda gunakan.

Jika Anda kurang berkenan dengan variais lampu gantung, maka gunakan saja lampu dinding atau lampu yang disematkan pada langit-langit apartemen agar terlihat pandangan mata yang lebih lebar. Tips desain interior terkait pencahayaan ini perlu Anda perhatikan.

Jaga Lantai Agar Tetap Terlihat Luas

lantai kamar tampak luas

Untuk melakukan hal ini caranya cukup mudah, Anda harus menghindari peletakkan barang-barang yang terllau banyak dalam satu ruangan. untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda dapat membuat mounted tv yang terbenam di dinding, rak buku dan sebagainya.



Selain itu, pembuatan mounted wall untuk memuat dvd, tv, rak buku serta beberapa ornamen juga dapat dilakukan, namun harus terpusat pada satu bidang di dinding.

Memilih Warna Cat

ruang keluarga apartemen

Warna memiliki pengaruh yang besar terhadap seseorang. Suasana hati pun dapat dipengaruhi oleh warna yang ada di ruangan dalam rumah. Selain itu, alternatif warna terang memang sangat dianjurkan untuk suatu ruang yang sempit agar terlihat luas dan lebih besar.

Alternatif warna gelap dapat menyerap cahaya sehingga menjadikan ruang nampak lebih sempit. Sehingga tips desain interior menyarankan untuk menggunakan warna-warna yang netral seperti putih.

Berikan Beberapa Gantungan di Kamar Tidur

hiasan gantung kamar tidur

Tips desain interior untuk kamar tidur apartemen juga tidak dapat dilewatkan. Untuk menghemat ruang, Anda dapat membuat beberapa gantunagn yang letaknya ada di belakang pintu kamar tidur Anda. Jika apartemen berbentuk studio, maka ini dapat membantu.

Pemilihan Ranjang Tidur

ranjang tempat tidur apartemen

Seperti yang telah dijelaskan oleh tips desain interior sebelumnya, jika pemilihan perabotan atau interior haruslah yang memiliki multifungsi. Salah satunya ialah ranjang. Anda dapat memilih ranjang yang mempunyai banyak laci.
Hal ini dilakukan agar Anda dapat menggunakan rak tersebut untuk menyimpan beberapa barang secara rapi. Rak-rak pada ranjang tersebut juga dapat di aplikasikan untuk menyimpan sejumlah dokumen penting milik Anda.

Penerapan Dapur Kreatif

dapur apartemen

Pada sebuah apartemen, tentu tidak tersusun atas ruang tidur dan ruang tamu saja. tentu ada ruang dapur yang digunakan untuk kegiatan memasak. Jika ruangan apartemen Anda terlalu penuh sesak, maka terapkan dapur kreatif. Tips desain interior untuk dapur kreatif ini ialah penggunaan lampu yang tidak hanya berpusat hanya pada satu titik saja.

Selain itu, pilihlah lemari yang dapat difungsikan untuk menampung banyak perabotan memasak Anda. Alternatif ini dapat membantu Anda untuk menciptakan suasana memasak yang nyaman walau di apartemen yang tidak terlalu luas.

Itulah beberapa tips desain interior untuk apartemen berukuran kecil di atas dapat Anda terapkan dengan seksama.