tips memelihara dapur minimalis agar selalu rapi, bersih dan nyaman

Dulu dapur merupakan salah satu area yang mempunyai privasi yang tinggi, sehingga tidak sembarang orang diperkenankan masuk ke dapur. Tetapi masa telah berubah. Kini dapur bahkan menjadi ruangan yang seing dipamerkan kepada tamu yang sedang berkunjung. Perubahan ini tentu saja membawa perubahan sikap dalam menata dapur.

Desain interior dapur bahkan kini menjadi sesuatu yang sering dibanggakan oleh pemilik rumah kepada tamunya. Tidak jarang juga pemilik rumah sengaja mengundang teman atau tetangganya untuk masak di dalam dapurnya. Karenanya, jika Anda mempunyai dapur yang akan Anda banggakan tentu Anda harus mendesainnya dengan sebaik mungkin. Anda akan mendapat wawasan penting perihal desain interior dapur di  5 hal penting dalam desain interior dapur.

Agar dapur bersih dan rapi

Tidak usah malu dengan dapur yang minimalis, karena sebenarnya esensi sebuah dapur bukanlah minimalis atau maksimalisnya, tetapi fungsi dari dapur tersebut dan juga penataan serta kebersihan dan kerapian peralatan yang ada di dalamnya. Karenanya tips berikut perlu Anda perhatikan jika Anda menghendaki dapur yang dapat Anda banggakan.

Yang harus dipahami pertama kali adalah bahwa konsep minimalis itu lebih mengedepankan fungsi bukan desain yang berlebihan. Tetapi tetap saja desain interior dapur harus Anda perhatikan. Karena keduanya, fungsi dan desain yang berpadu akan menciptakan suasana nyaman sehingga orang merasa betah berada di dalamnya.

Selian mengedepankan fungsi dan desain, yang tidak kalah pentingnya adalah bahwa desain interior dapur juga mengedepankan kebersihan dan kerapian dari dapur. Suasana dapur yang kotor dan berantakkan tentu menjadikan Anda malu untuk memperlihatkan dapur Anda pada teman atau bahkan saudara Anda.

Agar dapur Anda selalu terlihat bersih dan rapi, beberapa hal berikut patut Anda cermati dan perhatikan.

Pertama, Perhatikan Kebutuhan Barang Harian

Agar dapur bersih dan rapi 7

Mungkin ada banyak peralatan yang Anda miliki untuk kebutuhan masak memasak. Tetapi Anda harus memilah dan memilih mana barang yang Anda butuhkan setiap hari dan mana yang bukan. Jika Anda sudah memilihnya, simpanlah barang-barang yang bukan merupakan kebutuhan harian Anda.

Kedua, Area Kulkas bukan Tempat Penyimpanan

Agar dapur bersih dan rapi 6

Sering karena tergesa-gesa Anda menaruh barang-barang di area kulkas, seperti kertas catatan atau hanya sekedar barang bekas yang mungkin sudah tidak berguna lagi. Sekali-kali jangan Anda lakukan lagi hal ini. Karena selain akan menambah kotor dan mengganggu pandangan mata, benda-benda yang Anda taruh di area kulkas akan menyebabkan kulkas cepat rusak.

Ketiga, simpan barang dengan urutan yang logis

Agar dapur bersih dan rapi 3
Anda sering merasa pusing hanya gara-gara mencari sesuatu yang akan Anda gunakan untuk memasak? Salah satu penyebabnya adalah Anda tidak sistematis dalam menyimpan barang-barang tersebut. Untuk mengatasi hal itu, mulai sekarang simpanlah barang dengan urutan yang logis. Jika hal ini Anda lakukan yakinlah Anda akan sangat terbantu saat Anda mencari peralatan yang Anda butuhkan saat memasak.

Keempat, tata serapi mungkin barang-barang yang terdapat rak kaca atau gantungan

Agar dapur bersih dan rapi 2
Jika di dalam desain interior dapur Anda terdapat lemari kaca dan rak gantung, sebaiknya Anda memperhatikan penataan peralatan dalam lemari atau rak tersebut. Jika Anda asal-asalan dalam menatanya, maka mata seseorang akan secara langsung dapat melihat ketidakrapian dalam lemari tersebut, dan tentu itu sangat mengganggu pandangan mata seseorang.

Kelima, sortir barang

Agar dapur bersih dan rapi 8
Sudah menjadi kebiasaan seorang wanita yang selalu pingin memiliki sesuatu yang dimiliki orang lain. Hingga akhirnya banyak hal yang sebenarnya tidak diperlukan menumpuk dalam dapur. Jika Anda mempunyai peralatan dapur yang menumpuk, sebaiknya Anda mulai memilih dan memilah barang mana yang memang masih Anda pakai dan mana yang tidak.

Kemudian ada baiknya Anda memberikan barang yang tidak Anda pakai tersebut kepada orang lain atau tetangga Anda sehingga barang tersebut lebih berguna. Jika ini tidak Anda lakukan, saya yakin suatu saat nanti Anda akan merasa kebingungan bagaimana menyimpan barang tersebut karena space yang ada dalam dapur Anda tidak sebanding dengan barang yang Anda miliki.

Keenam, kembalikan barang pada tempatnya

Agar dapur bersih dan rapi 4
Nampaknya mudah, tetapi ini yang sering dilupakan. Menempatkan kembali barang yang telah dipakai pada tempatnya akan memudahkan Anda mencarinya jika pada suatu saat nanti Anda membutuhkan peralatan yang sama. Anda selain membaca postingan di atsa,  Anda juga harus membaca 5 hal penting dalam desain interior dapur.