Tips Memilih Warna Cat Dinding Luar Rumah sehingga Rumah Tampak Indah Mempesona

Apa yang Anda pikirkan saat memiliki rumah sendiri. Hunian pribadi yang kita beli atau bangun dengan dana hasil jerih payah sendiri tentu akan sangat berkesan. Maka sudah pasti Anda ingin mendesain rumah tersebut sebagus mungkin. Berkaitan dengan desain tersebut, Anda perlu juga menerapkan tips memilih warna cat dinding rumah yang tepat.

tips memilih warna cat dinding

Tips memilih warna cat dinding rumah ini sangat penting. Sebab akan membawa pengaruh besar terhadap desain interior maupun eksterior rumah Anda. Keduanya menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Cara memilih warna cat dinding yang benar akan membawa nilai estetika dalam rumah.



Tips memilih warna cat dinding akan mendukung dekorasi interior dan eksterior rumah menjadi semakin berkesan. Pemilihan warna cat untuk rumah akan memberikan kesan nyaman bagi Anda sebagai penghuninya. Selain itu, Anda juga pasti menginginkan hunian yang terlihat indah dipandang bukan. Sehingga cara memilih warna cat dinding rumah juga harus diperhatikan.

tips memilih warna cat dinding 2

Tips memilih warna cat dinding ini tidak boleh sembarangan. Ada banyak aspek yang menjadi pertimbangan saat memilih. Sehingga penerapan cat dinding ini akan mempercantik hunian Anda. Istilah cantik ini relatif, bergantung pada konsep desain rumah yang diusung. Ingin model minimalis, mewah, atau sederhana.



Semua konsep hunian tersebut tentu berhubungan dengan pemilihan warna cat dinding yang tepat. Warna cat dinding ini tentu mencakup seluruh bagian rumah, tidak terkecuali dinding luar rumah. Maka Anda memerlukan tips memilih warna cat luar rumah yang tepat. Agar tampilan rumah Anda dari luar terlihat menawan.

tips memilih warna cat dinding 10

Bagian eskterior rumah memang selalu menjadi sorotan pertama saat dipandang. Jadi wajar bila Anda akan mempercantik bagian ini terlebih dahulu daripada bagian atau ruangan lain yang ada di dalam rumah. Berbagai tips memilih warna cat dinding bagian eksterior rumah bisa diaplikasikan pada hunian Anda.



Namun, cara memilih warna cat luar rumah ini haruslah teliti dan hati-hati. Sebab hal ini akan membawa pengaruh pada keindahan rumah Anda. Tips memilih warna cat dinding eksterior rumah harus diselaraskan dengan konsep dan juga berbagai elemen yang ada di sekitarnya. Jangan sampai kesalahan terjadi saat memadukan ketiganya.

tips memilih warna cat dinding 9

Bila Anda tidak yakin, maka sebaiknya mencari panduan atau tips memilih warna cat untuk rumah yang benar. Hal ini tujuannya untuk mendapatkan hasil memuaskan dengan biaya yang kita anggarkan untuk tindakan tersebut. Agar semua itu tercapai, maka Anda perlu tips memilih warna cat dinding berikut ini.

Memilih Warna yang Cocok dengan Elemen Rumah yang Sulit Diganti

tips memilih warna cat dinding 11

Tips memilih warna cat dinding luar rumah yang harus Anda perhatikan adalah terkait elemen rumah. Ada beberapa elemen rumah yang tidak bisa dirubah atau diganti serta merta. Elemen tersebut antara lain genteng, atap sirap, dan batu-batuan. Bagian rumah ini akan sangat sulit untuk dirubah. Terlebih saat Anda hendak melakukan renovasi total terhadap rumah.



Warna-warna dari elemen yang sulit diganti tersebut harus menjadi pertimbangan saat Anda hendak memilih warna cat dinding luar rumah. Tips memilih warna cat dinding luar rumah ini bertujuan agar cat eksterior rumah terkesan menyatu dengan warna elemen yang ada di sekitarnya. Pilih warna senada dengan warna elemen rumah.

Memperhatikan Efek Visual Sesuai Keinginan

tips memilih warna cat dinding 6

Salah satu tips memilih warna cat dinding bagian luar rumah ini juga harus memperhatikan visual rumah secara keseluruhan. Penting untuk memandang rumah Anda dari luar, bagaimana perpaduannya dengan tanaman, pohon, atau taman di bagian depan.

Tips memilih warna cat dinding luar rumah yang tepat untuk Anda adalah warna terang. Sebab hal ini akan memberikan kesan hunian Anda lebih menonjol. Bila Anda memilih warna gelap untuk eksterior rumah, justru akan membuat rumah Anda terkesan surut dari lingkungan sekitarnya. Selain itu, perhatikan juga efek visual pemilihan warna tersebut bagi rumah Anda hingga beberapa tahun ke depan.

Setidaknya Memilih 3 Warna untuk Dinding Luar Rumah

cat-rumah-terbaru 2016

Tips memilih warna cat dinding berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah terkait penggunaan 3 paduan warna. Pemilihan cat eksterior dinding luar rumah perlu memperhatikan 3 aspek. Pertama, warna utama sebagai pendominasi. Kedua, warna aksen yang akan diterapkan pada bagian pintu, jendela, serta bagian yang lebih kecil. Ketiga warna trim untuk pintu, jendela, dan sebagainya.



Tips memilih warna cat dinding luar rumah tersebut sebenarnya berpusat pada perpaduan ketiga aspek tersebut. Sebagai contoh, ideal dari warna lis haruslah dibuat kontras dengan warna bidang utamanya. Warna lis pada pintu seharusnya dibuat beda dengan bidang pintu itu sendiri. Bila warna bidang pintu putih, maka Anda bisa padukan dengan cat warna gelap untuk lisnya.

Intinya, Anda juga harus berani berekspresi dengan warna-warna cat dinding tersebut. Bila tidak merasa yakin akan kreativitas pribadi. Maka ada baiknya Anda bertukar pikiran dengan orang lain yang ahli dalam mendesain interior maupun eksterior rumah.

Ketiga tips memilih warna cat dinding luar rumah tersebut layaknya akan membantu Anda dalam mendesain eksterior hunian yang indah. Selain itu, perhatikan juga kualitas dari cat dinding. Anda harus memilih cat yang tahan terhadap cuaca. Sehingga tidak mudah kusam dan pudar.