tips mengecat dinding interior rumah minimalis

Cat selain akan membuat dinding interior rumah minimalis Anda nampak bersih, warna cat rumah juga akan menciptakan suasana artistik dalam ruangan Anda. Tentu Anda mengetahui bahwa satu dinding tidak harus dicat dengan warna cat yang sama dan merata. Bahkan ada kalanya untuk menciptkan suasana tertentu, Anda dapat mengecat interior rumah minimalis Anda dengan tekstur cat yang sesuai dengan keinginan Anda. Pilihan lain adalah dengan memberi gambar lukisan yang mudah.

Namun, sebelum Anda melakukan pekerjaan mengecat dinding interior rumah minimalis Anda, ada baiknya Anda mengetahui hal-hal berikut sehingga pekerjaan Anda akan menghasilkan dan menghadirkan suasana seperti yang Anda harapkan dan ruangan Anda menjadi benar-benar ruangan yang nyaman.

cat interior rumah minimalis5

Pertama, Bersihkan dinding dinding dari debu yang mungkin menempel pada dinding Anda.

Atau mungkin ada jamur di dinding interior rumah minimalis Anda, jamur itupun harus Anda bersihkan. Pembersihan dinding dari debu dan jamur yang mungkin ada, harus Anda lakukan agar cat dinding interior rumah minimalis Anda dapat menempel dengan kuat dan awet. Karena jika ini tidak Anda lakukan, hasil pengecatan dinding interior rumah minimalis Anda tentu tidak akan optimal apalagi memuaskan.

cat interior rumah minimalis10

Kedua, Gunakan Penutup untuk area yang tidak ingin Anda cat.

Terkadang ada bagian-bagian tertentu dari tembok Anda yang tidak ingin Anda sentuh dengan cat yang akan Anda gunakan. Alasan menutup area ini dapat bermacam-macam. Mungkin Anda akan mengecatnya dengan warna lain atau mungkin Anda akan menempatkan lukisan dinding langsung yang menyerupai ornamen dalam tembok-tembok lama.

Ornamen yang sengaja ditata atau dilukiskan di tembok itu akan memberi kesan elegan pada desain interior rumah minimalis Anda. Agar area tersebut tidak terkena cat yang mungkin akan sulit kita hapus atau bersihkan, tutuplah area tersebut dengan lakban ataupun kertas koran.

Atau bisa jadi Anda akan menerapkan pola tertentu dalam dinding interior rumah minimalis Anda. Jika memang itu yang Anda harapkan, Anda dapat menutup area tersebut untuk kemudian dicat dengan pola dan warna cat lain sesuai dengan keinginan Anda. Pola pun dapat Anda buat sendiri sehingga benar-benar kepuasan hasil Anda dapatkan.

cat interior rumah minimalis8

Ketiga, Menutup bagian yang lubang atau retak pada dinding adalah tindakan bijaksana.

Kenapa demikian? Ya, karena memang itu akan menghilangkan bekas lubang atau garis yang menempel di dinding interior rumah minimalis Anda. Hal itu biasa dilakukan oleh setiap orang yang akan mengecat dinding mereka. Jika lubang atau goresan ini tidak Anda tutup, lubang atau goresan tersebut akan nampak menonjol sehingga akan mempengaruhi baik buruknya dinding ruangan Anda.

cat interior rumah minimalis9
Keempat, Penggunaan Kuas Cat yang Tepat.

Saya yakin tidak semua area yang akan Anda cat mempunyai pola dengan luasan yang sama. Karenanya Anda dapat menggunakan kuas cat yang kecil sehingga Anda bisa melakukan pengecatan pada area yang sulit dijangkau dengan kuas cat yang besar. Jangan sampai gara-gara tidak ada cat yang sesuai.

Keempat, Alasi bagian bawah area pengecatan dinding interior rumah minimalis Anda dengan kertas koran ataupun kain.

Ini perlu Anda lakukan supaya lantai Anda tidak terkotori oleh cat Anda yang memercik ke bawah. Kalaupun ada, maka segeralah bersihkan cat yang mengotori lantai Anda tersebut sesegera mungkin sebelum cat yang tercecer di lantai tersebut mengering dan sulit di bersihkan. Karenanya, ada baiknya Anda siapkan air untuk jaga-jaga jika ada cat yang tertumpah atau terpercik ke lantai yang Anda jaga kebersihannya.