Tips Menghadirkan Cahaya dan Udara pada Desain Rumah Minimalis

Penataan ruangan sebuah rumah merupakan sebuah seni. Seperti halnya sebuah karya seni, hasil yang diinginkan tentunya berupa keindahan tatkala dilihat dan nyaman tatkala dihuni. Karenanya, menata ruangan sebuah rumah bukan persoalan yang remeh. Bahkan hal itu merupakan kunci untuk mendapatkan hunian yang nyaman dan menenteramkan ketika disinggahi, terlebih untuk sebuah rumah yang minimalis.

penataan cahaya dengan dinding kaca

Menata ruang pada rumah minimalis memang lebih sult dibandingkan pada rumah maksimalis. Salah satu penyebabnya adalah pada rumah maksimalis seorang desainer lebih leluasa meletakkan material-material atau elemen-elemen interior. Sebaliknya pada rumah minimalis seorang desainer selain berpikir tentang jenis elemen yang akan ditempatkan pada sebuah ruangan, dia juga harus berfikir bagaimana menjaga agar ruangan tetap memberi kesan luas dan melegakan.

Namun kesulitan menata ruang pada rumah minimalis menjadi tantangan tersendiri bagi seorang desainer. Apalagi saat ini rumah menimalis menjadi tren. Mau tidak mau seorang desainer atau siapapun yang ingin menjadikan rumah minimalisnya menjadi rumah yang menyenangkan harus berupaya semaksimal mungkin mendapatkan hunian yang nyaman dan melegakan.



Dua hal penting yang tidak boleh dilupakan saat mendesain ruangan rumah minimalis adalah pencahayaan dan sirkulasi udara atau penghawaaan. Perhatian terhadap keduanya akan menciptakan hasil tatanan ruang rumah minimalis yang nyaman untuk beraktivitas di dalam rumah, baik hanya sekedar istirahat atau aktivitas lainnya.

skylight dapur

Di samping kelembaban udara yang cukup, lingkungan yang sehat juga akan diperoleh dengan adanya cahaya yang cukup dan sirkulasi udata yang terjamin. Selain itu, penataan dan pencahayaan yang baik dapat menghemat energi yang berdampak pada berkurangnya anggaran untuk penerangan dalam rumah karena masuknya cahaya alami yang cukup dalam rumah.

Lalu bagaimana agar cahaya dan sirkulasi udara berfungsi optimal dalam rumah. Berikut ini trik untuk mengupayakannya.

Memasukkan Cahaya dan Udara ke dalam Ruangan Melalui Sisi Depan dan Tengah Rumah.

skylight dapur

Tidak sulit memasukkan cahaya dan udara alami ke dalam rumah bagi rumah yang mempunyai area terbuka. Cahaya dapat dimasukkan dari semua sisi rumah, baik dari depan, muka, kanan ataupun kiri. Berbeda dengan rumah yang merupakan bangunan perumahan yang sisi dindingnya biasanya saling berhimpitan. Memasukkan cahaya dari sisi samping rumah menjadi hal yang tidak mungkin dilakukan.

Salah satu cara yang dapat digunakan adalah memasukkan cahaya dan sirkulasi udara dari sisi depan dan tengah rumah. Anda dapat memasukkan cahaya dan udara alami dari sisi depan atau tengah rumah kemudian mendistribusikan cahaya tersebut ke dalam ruang-ruang rumah dengan material-material tertentu.



Namun jika saat ini Anda baru mendesain rumah yang akan dibangun, Anda meletakkan bangunan antara lintasan matahari. Peletakan bangunan pada lintasan matahari ini akan sangat menguntungkan. Anda dapat memasukkan cahaya matahari dengan lebih banyak. Kemudian cahaya yang masuk tinggal Anda pancarkan ke beberapa ruangan dalam rumah Anda.

Gunakan Elemen Interior Tembus Pandang

skylight ruang rumah minimalis

Salah satu cara untuk mendistribusikan cahaya dalam ruangan rumah Anda adalah dengan mengaplikasikan elemen tembus pandang atau elemen yang memancarkan cahaya ke dalam ruangan. Elemen tersebut dapat berupa partisi dengan bahan cermin atau kaca. Kaca yang Anda arahkan pada sumber cahaya atau ruangan yang terang akan menambah terang suasana di area kaca tersebut. Selain membuat ruangan terang, kesan lapang juga dapat Anda rasakan dalam ruangan tersebut.

Penempatan Kaca pada Atap atau Skylight

skylight

Menempatkan genting atap berbahan kaca juga sangat membantu membawa cahaya alami masuk pada sebuah ruangan. Selain garasi atau gudang teknik ini juga dapat Anda aplikasikan pada ruang keluarga, dapur bahkan pada kamar tidur. Selain berbahan kaca dapat juga Anda aplikasikan atap dengan bahan asbes transparan atau polikarbonat.

Anda juga dapat menggunakan atap skylight. Yakni sebuah ventilasi atau bukaan pada atap hunian tinggal yang sengaja dipakai untuk meningkatkan intensitas cahaya alami ke dalam ruangan dalam hunian tinggal. Penempatak skylight ini selain berfungsi untuk memasukkan cahaya ke dalam sebuah ruangan juga menjadi elemen yang menampilkan keindahan karena kemampuan skylight menghadirkan keindahan langit baik di waktu siang maupun malam.

Skylight juga dapat difungsikan sebagai ventilasi. Karena pemasangan penutup skylight dapat dikunci atau dibuka tutup. Hal ini tentu sangat menguntungkan karena sirkulasi udara menjadi lebih terjamin.