Tips Merencanakan Rumah Minimalis yang Nyaman, Melegakan

Siapa yang tidak ingin mempunyai rumah nyaman dan menyenangkan. Jawabannya tentu tidak ada. Hal itu disebabkan rumah merupakan kebutuhan pokok manusia. Belum lengkap kehidupan seseorang tanpa adanya rumah sebagai tempat tinggal. Apalagi bagi sebuah keluarga. Bahkan terkadang rumah menjadi prioritas ketika seseorang menentukan ingin memasuki jenjang keluarga.

desain rumah minimalis modern kokoh

Nilai rumah dalam kehidupan manusia kini meningkat. Tidak hanya sebagai tempat tinggal tetapi juga menjadi aksesoris dalam kehidupan manusia. Karenanya, perkembangan desain rumah kini meningkat pesat. Berbagai model rumah pun bermunculan. Salah satunya adalah desain rumah minimalis, yang masih tetap menjadi trend desain rumah 2018.

Kata minimalis selalu mengingatkan kita pada bentuk simple dengan furniture yang mengedapankan fungsional dan sebuah penataan yang rapi. Desain rumah minimalis identik dengan upaya seseorang menghadirkan rumah kerapian dan keteraturan, baik dari sisi penataan ruangnya maupun pengadaan furniturenya.



Mengupayakan desain rumah minimalis berarti mengupayakan sebuah kenyamanan dan kelegaan dalam sebuah keterbatasan. Karenanya, semua elemen interior maupun eksterior yang akan diterapkan dalam sebuah rumah minimalis selalu mengarah pada tetap terciptanya kelegaan dan kenyamanan saat berada di dalamnya.

Semua itu diupayakan akan diperoleh melalui warna, perabot dan berbagai pernik aksesoris dan dekorasi rumah minimalis tersebut. Semuanya terfokus pada fungsional dan estetika. Benda-benda atau apapun yang mengganggu untuk mendapatkan itu semuanya, hendaknya dijauhkan dari rumah minimalis.

desain rumah minimalis lantai 1

Penataan semua unsur itu membutuhkan kecerdasan, kecermatan dan jiwa seni. Jangan dibanyangkan bahwa menata rumah dengan desain rumah minimalis ini menunjukkan ketidakmampuan seseorang dari sisi finansial. Bisa jadi seorang yang dari sisi finansial cukup mampu tetapi mengimpikan sebuah rumah minimalis yang modern, nyaman dan elegan.

Nilai-nilai filosofi dari sebuah desain rumah minimalis juga dapat dirasakan oleh seseorang. Memprioritaskan yang penting dari yang tidak penting memberi pelajaran kepada seseorang untuk menghindarkan diri dari perilaku konsomtif yang jauh dari efektif dan efisien.



Banyak faktor yang menjadikan desain rumah minimalis ini tetap menjadi favorit. Kemungilannya tidak menjadikan seseorang sumpek tinggal di dalamnya. Karena kemungilan tersebut disertai dengan kepiawaian dalam menata ruangan atau interiornya. Sehingga kesan lega justru bisa ditampilkan dalam keterbatasannya. Dan ini menjadi salah satu keunggulanna.

Untuk mendapatkan sebuah rumah minimalis baik yang modern maupun yang sederhana, beberapa hal berikut patut dipertimbangkan. Karena bagaimanapun, ide pembuatan sebuah rumah minimalis salah satunya muncul karena adanya keterbatasan.

Luas Tanah

desain rumah minimalis modern

Bagaiamanapun sebuah rumah pasti berdiri di atas sebuah lahan. Karenanya, sebelum Anda membuat rumah minimalis, Anda harus memperhatikan dan memperhitungkan luas area yang akan Anda dirikan rumah di atasnya. Dengan demikian Anda dapat memaksimalkan area tersebut untuk kebutuhan rumah Anda. Biasanya ukuran rumah minimalis yang banyak dan laris di pasaran adalah 36 meter persergi atau 45 meter persegi.

Penataan Ruang dan Jumlahnya

denah rumah minimalis modern

Dalam desain rumah minimalis, fungsionalitas yang lebih diprioritaskan. Menghindari ruang-ruang yang tidak terlalu mendesak penggunaannya sering dilakukan. Karenanya, sering terjadi penggabungan fungsi sebuah ruangan. Misalnya, ruang tamu yang sekaligus berfungsi sebagai ruang keluarga, ruang dapur yang menyatu dengan ruang makan dan ruang keluarga.

Intinya tidak ada ruangan kosong dalam rumah minimalis. Semua berfungsi secara maksimal, namun tetap menjaga kenyamanan dan kelegaan. Triks dan tips desain interior rumah minimalis pun sering dilakukan untuk menciptakan kesan luas dan melegakan.

Pemilihan Furniture

Seperti halnya pengadaan ruangan, pengadaan furniture dalam rumah minimalis pun juga mempertimbangkan fungsi furniture tersebut. Karenanya, ketika Anda memutuskan untuk memiliki rumah minimalis yang nyaman dan melegakan, Anda harus mampu menahan diri untuk memasukkan perabot-perabot yang tidak dibutuhkan sekalipun Anda sangat menyukai perabot tersebut.

Ketidaktepatan Anda memilih furniture untuk rumah minimalis Anda akan berakibat semakin sempitnya ruangan, kekacauan dalam penataan sehingga ruangan menjadi sumpek dan tidak nyaman. Sebaliknya, kemampuan Anda memilih dan menata ruangan dengan perabot yang memang benar-benar dibutuhkan akan menjamin tetap tersedianya space dalam ruangan Anda yang menciptakan kesan lapang.

Memperhatikan Aksesoris Dekorasi

Elemen ini juga sangat penting Anda perhatikan. Jangan sampai maksud hati menghadirkan keindahan dalam desain rumah minimalis tetapi justru kesan kacau dan saling bertabrakan yang Anda dapatkan. Karenanya, hindari penggunaan elemen dekorasi yang berlebihan dalam sebuah ruangan rumah minimalis. Penempatan aksesoris yang tepat dan tidak berlebihan akan menimbulkan kesan indah dan elegan.

Memilih desain rumah minimalis

desain rumah minimalis sederhana elegan

Setelah hal-hal di atas Anda pertimbangkan, bahkan kalau memungkinkan buatlah sketsa dari penataan ruang tersebut, tahap selanjutnya adalah mempertimbangkan dan memilih desain rumah minimalis. Apakah Anda akan memilih desain rumah minimalis 1 lantai atau 2 lantai. Semua terserah Anda. Namun ada baiknya Anda ketahui kelebihan dan kekurangan dari kedua model rumah minimalis tersebut.

Desain rumah minimalis 1 lantai tidak kalah menarik dari desain rumah minimalis 2 lantai. Beberapa kelebihan yang dimiliki rumah minimalis 1 lantai antara lain:

Menghadirkan Kenyamanan

Salah satu faktornya adalah Anda atau siapapun tidak perlu naik turun tangga untuk masuk ruangan tertentu. Sehingga Anda tidak merasakan kelelahan hanya gara-gara naik turun tangga. Di samping itu, kenyamanan hubungan antaranggota keluarga juga akan lebih mudah diciptakan.

Sederhana dalam Kontruksi



Dibandingkan dengan desain rumah minimalis 2 lantai, rumah minimalis 1 lantai tentu lebih simple konstruksinya. Sehingga biayapun lebih bisa ditekan tanpa mengurangi kualitas bangunan.

Penghematan dalam Pemeliharaan

Bukan hanya dari sisi biaya namun juga dari sisi tenanga. Karena merawat rumah minimalis 2 lantai sama seperti Anda merawat 2 buah rumah. Anda harus naik turun tangga. Biaya listrik juga lebih besar. Dan biaya-biaya perawatan lainnya tentu menjadi dua kali lipat jika disbanding dengan perawatan rumah minimalis 1 lantai.

Mendekatkan Keluarga

Coba Anda bayangkan kalau ada kamar atas dan bawah, seolah olah ada sekat pada keluarga itu. Bahkan bisa jadi terkadang putra Anda akan lebih memilih ruang atas, sementara Anda lebih suka di ruang bawah. Sehingga keluarga akan lebih sulit berkumpul jika dibandingkan dengan kondisi ketika berada di rumah minimalis 1 lantai.


Hal lain yang patut dipertimbangkan dalam perencaan rumah minimalis adalah pembuatan atap yang tinggi yang dapat menjamin baiknya penghawaan dan pencahayaan. Sehingga rumah minimalis menjadi rumah yang nyaman, sehat dan melegakan bagi semua penghuninya.