Tips Mudah Membuat Gambar Lukisan Dinding Pada Sebuah Ruangan

Keindahan sebuah ruang salah satu penentunya adalah dekorasi yang diaplikasikan pada dinding ruangan itu. Karenanya, berbagai ragam cara digunakan seseorang agar dinding desain interior rumahnya mampu memberikan nilai artistik pada siapa saja yang memandangnya. Selain dengan melapisi dinding dengan wallpaper, digital printing ataupun sticker seseorang juga sering mengaplikasikan gambar lukisan dinding ruangannya.

Cara yang terakhir tersebut dinamakan dengan mural atau gambar lukisan dinding. Ya, saat ini mural menjadi satu cara yang sering digunakan seseorang untuk menampilkan kesan artistik pada dinding ruangnya. Objek gambar lukisan pun dapat bermacam-macam, mulai dari lukisan pemandangan alam, bunga, pantai, kaligrafi, lukisan wajah orang, lukisan air terjun bahkan lukisan abstrak.

lukisan gambar dinding 3

Anda tidak perlu memikirkan aliran saat melukis pada dinding. Tetapi jika Anda ingin menerapkan aliran saat melukis, beberapa aliran yang dapat Anda terapkan antara lain lukisan aliran realisme, naturalisme, romantisme.

Mural adalah cara menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen. Dalam menggambar dinding, warna cat rumah sangat penting untuk diperhatikan. Sebelum Anda menggambar di dinding, ada baiknya membuat sketsa lukisan terlebih dulu.

Bisa juga Anda menggambar dengan lukisan pensil, meski lukisannya sederhana, sketsa lukisan dengan pensil tersebut sangat membantu pada proses pembuatan mural selanjutnya. Untuk mengawalinya Anda bisa mencontoh lukisan pemandangan yang mudah ditiru atau lukisan pantai.

Salah satu kelebihan gambar lukisan dinding ini adalah dia dapat menampilkan lukisan 3D. Tampilan 3D lukisan pada dinding ini mampu memberikan kesan yang kuat. Selain menambah nilai artistik ruangan, lukisan itu juga akan memperkuat tema yang diaplikasikan dalam sebuah ruangan.

gambar lukisan dinding 7

Namun meski banyak kelebihan dari gambar lukisan dinding atau mural jika diaplikasikan dalam sebuah ruangan desain interior rumah, tidak banyak yang mempunyai keahlian membuat gambar lukisan dinding ruang desain interior rumah. Tetapi jika Anda ingin mencoba membuat gambar lukisan di dinding berikut beberapa trik membuat lukisan di dinding secara sederhana.

Pertama, pilihlah ruang mana yang akan Anda lukisi

lukisan gambar dinding 5

Pilihlah kamar atau ruangan yang tidak membutuhkan dekorasi yang rumit. Misalnya, Anda memilih ruang tamu, Anda perlu membuat sketsa ruang tamu untuk memudahkan pekerjaan. Karena ruangan anak memang tidak terlalu membutuhkan gambar lukisan yang rumit, namun sederhana. Sebelum Anda menetapkan ruangan yang akan dilukisi dengan gambar lukisan dinding ada baiknya Anda mendiskusikannya dengan pemilik atau penghuni ruangan itu.

Kedua, carilah gambar yang akan jadikan mal dalam mural.

hiasan dinding

Carilah gambar lukisan yang disukai oleh anak-anak Anda. Setalah itu Anda dapat mengajak anak Anda untuk menempel gambar lukisan tersebut di dinding dan mulailah membuat outline dari gambar tersebut. Berilah tanda setiap perbedaan warna yang ada dalam gambar lukisan tersebut. Hal itu akan memudahkan Anda memberi warna tersebut setelah dilepas.

Selain dengan cara menempel kemudian menjiplak gambar, Anda dapat menggunakan cara lain yaitu dengan menggunakan proyektor untuk mendapatkan gambar lukisan pada dinding. Caranya, setelah Anda mendapatkan gambar, gunakan slide proyektor untuk menampilkan gambar lukisan di tembok. Setelah itu buatlah outline yang sama mengikuti gambar lukisan yang ada dalam dinding yang disorotkan oleh proyektor.

Ketiga, mulailah memberi warna.

lukisan gambar dinding

Setelah Anda mendapatkan outline sebuah gambar lukisan di tembok dalam ruangan desain interior rumah Anda, pewarnaan dapat langsung Anda lakukan. Tentu ini dengan asumsi sebelum Anda menggambar outline dari sebuah gambar lukisan, Anda sudah menyiapkan kesiapan tembok yang akan dilukisi dengan mural.

Maksudnya, sebelum Anda menduplikat gambar lukisan tersebut di tembok, pastikan bahwa tembok sudah dalam keadaan bersih dan terbebas dari lubang atau retak. Jika hal itu tidak Anda lakukan sebelumnya, ini akan mempersulit pekerjaan Anda berikutnya. Karena lubang tersebut pasti akan mengganggu saat Anda mewarnai atau melukisinya.

Setelah semuanya siap, baik itu dinding yang bersih yang akan dilukisi, outline gambar lukisan dan cat yang akan digunakan untuk memberi warna, proses menggambar lukisan dinding pun dapat dimulai. Sebaiknya jika belum terbiasa menggambar lukisan dinding pilihlah gambar lukisan yang Anda contoh yang hanya mempuyai warna utama, bukan warna gradasi.

Kenapa? Ya, karena ini akan mempermudah Anda dalam menggambar lukisan di dinding. Tetapi jika Anda sudah terbiasa dengan menggambar lukisan dinding, warna gradasi tentu dapat juga Anda aplikasikan.