Ruang Tamu Mewah dan Elegan, Bagaimana Menciptakannya?

Ruang Tamu Mewah dan Elegan – Mempunyai ruang tamu mewah dan elegan tentu menjadi idaman setiap orang. Desain interior ruang tamu yang menawan dengan furniture dan dekorasi yang memancarkan keindahan akan membuat siapa saja terpesona melihatnya. Bukan hanya tamu, bahkan siapapun yang berada di dalam ruang tamu tersebut.

ruang tamu mewah dan elegan 3

Tunggu, mungkin Anda berpikiran kalau untuk mempunyai ruang tamu mewah dan elegan menawan itu membutuhkan biaya yang mahal. Hilangkan mindset seperti itu dalam pikiran Anda yang akan menjadikan Anda enggan untuk mengupayakan desain interior ruang tamu yang mewah dan elegan.

Karena ternyata dengan anggaran yang minim pun Anda dapat menciptakan ruang tamu Anda menjadi ruang tamu mewah dan elegan serta mempesona. Ya, kesan mewah nan elegan ruang tamu dapat Anda hadirkan dengan menggunakan material-material yang tidak terlalu mahal namun mampu memberi nuansa mewah dan mempesona.Tetapi tentu saja jika Anda mengetahui bagaimana cara mendesaian dan mengatur ruang tamu tersebut.

ruang tamu mewah dan elegan

Beberapa cara berikut dapat Anda aplikasikan dalam ruang tamu Anda. Sehingga Anda mendapatkan ruang tamu yang mewah, elegan dan menawan.

Perhatikan Semua Elemen yang Ada dalam Ruang Tamu Tersebut

 

warna cat ruang tamu

Ketika itu Anda lakukan, Anda akan segera mengetahui elemen mana yang dapat menghadirkan kesan ruang tamu mewah dan elegan dalam ruang tamu sehingga perlu dipertahankan dan elemen mana yang harus direnovasi atau relokasi atau redekorasi.

Perhatikanlah lantai, tembok serta plafonnya. Bila Anda mendapatkan lantai tegel lama ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk mempertahankkannya. Karena lantai tegel lama sangat sulit mengangkat kesan mewah.

lantai keramik ruang tamu mewah

Anda dapat mengganti material lantai dengan keramik dengan motif yang menyerupai marmer. Idealnya marmer yang Anda gunakan, tetapi harga marmer lebih mahal dibanding dengan harga keramik. Itulah sebabnya direkomendasikan Anda mengganti lantai tersebut dengan keramik bermotif marmer. Sehingga hasilnya lantai kita seperti bermaterial marmer yang mampu memberi kesan ruang tamu mewah dan elegan.

Demikian juga elemen desain interior ruang tamu yang lainnya. Seperti dinding ruang tamu. Perhatikan luas dan catnya. Jika Anda dapatkan ruang tamu Anda sempit, maka lakukan beberapa hal untuk memberi kesan luas pada desain interior ruang tamu Anda. Misalnya Anda perlu merubah warna catnya.

cermin dalam ruang tamu

Cat warna pastel atau terang akan memberi kesan luas sebaliknya, warna gelap akan memberi kesan sempit pada ruangan. Selain itu, Anda dapat mengaplikasikan cermin pada salah satu sisi dinding sehingga pantulannya akan memberi kesan luas pada ruangan Anda.

Elemen plafon juga perlu Anda perhatikan. Jika plafon terlihat terlalu tinggi, Anda dapat mensiasatinya dengan mengaplikasikan lampu gantung pada ruangan tersebut. Karena penggunaan lampu gantung pada plafon yang terlalu tinggi dapat memberi kesan rendah.

sofa untuk ruang tamu  mewah

Nah, ketika ketiga elemen tersebut sudah Anda upayakan mampu memberi kesan mewah, berikutnya perhatikan furniture yang digunakan. Setiap furniture dibuat dengan tujuan masing-masing. Ada furniture yang dibuat untuk memberi kesan sederhana namun dinamis. Ada juga furniture yang sengaja diciptakan agar mampu memberi kesan ruang tamu mewah dan elegan.

Sayangnya, furniture yang sengaja diciptakan untuk memberi kesan mewah harganya mahal. Nah, di sinilah fungsi dari kejelian dan kreativitas. Sofa, misalnya. Untuk memberi kesan mewah dan elegan biasanya sofa dilapisi dengan kulit asli. Nah, Anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan kulit-kulit sintetis, tentu saja Anda harus memilih kulit sintetis yang mampu memberikan kesan mewah dengan harga yang terjangkau.

aksesoris ruang tamu mewah

Hal yang tak kalah pentingnya untuk Anda cermati adalah aksesoris dekarasi yang Anda aplikasikan dalam ruang tamu Anda. Pastikan aksesoris yang Anda gunakan adalah aksesoris yang mampu memberi kesan mewah, elegan dan mempesona. Pemilihan aksesoris tersebut hendaknya menyesuaikan dengan tema yang diangkat oleh desain interior ruang tamu Anda.

Selanjutnya, perhatikan warna pada semua elemen yang ada dalam ruang tamu tersebut. Pastikan perpaduan warna yang Anda hadirkan mampu memberi kesan seimbang dan memperkuat kesan mewah. Sebagai contoh, ketika Anda menggunakan warna kuning keemasan (sparkling), usahakan warna tersebut tidak dominan yang akan menimbulkan kesan ramai dan panas. Gunakan warna tersebut sebagai aksen yang akan memperkuat kesan mewahnya.

gorden ruang tamu mewah 2

Perhatikan pula gorden jendela ruang tamu Anda. Gorden merupakan elemen yang akan secara langsung menciptakan kesan mewah dalam sebuah ruangan. Pastikan gorden yang Anda aplikasikan sesuai dengan tujuan Anda mendesain ruang tamu tersebut.

Terakhir yang tidak kalah pentinnya adalah penggunaan karpet dalam ruang tamu. Jadikan warna karpet yang Anda aplikasikan dalam ruang tamu Anda sebagai penghubung dengan warna-warna lain. Karenanya, disarankan warna untuk karpet Anda adalah warna-warna netral.

karpet ruang tamu mewah

Nah itulah beberapa hal yang dapat Anda upayakan untuk menciptakan ruang tamu yang mewah dan mempesona. Besar tidaknya anggaran yang harus Anda keluarkan tergantung kemampuan Anda menggunakan dan memanage apa-apa yang sudah ada kemudian Anda jadikan yang ada tersebut sebagai sarana untuk memberikan kesan mewah dan elegan dalam ruang tamu Anda. Selamat mencoba.