Ciptakan Hunian Asri, Indah dan Nyaman dengan Taman Minimalis

1

Ada banyak cara yang digunakan orang untuk menjadikan huniannya, indah dan nyaman. Salah satunya adalah taman. Dengan taman area rumah akan menjadi tampak hijau segar, indah serta nyaman. Selain itu keberadaan sebuah taman dalam rumah membuat pikiran menjadi lebih fresh dan pikiran akan menjadi lebih jernih lagi.

Bagai sebagaian besar orang membuat taman di area rumah bukannlah menjadi persoalan karena lahan yang dan pendanaan yang cukup. Tetapi bagi sebagaian mereka yang hanya mempunyai lahan sempit dengan rumah minimalis,mengadakan taman seolah menjadi hal yang mustahil. Padahal sebenarnya, jika mereka mampu mengorganisir area yang ada dengan sebaik-baiknya, taman mini yang indah dan nyaman pun akan mereka dapatkan.

Postingan berikut akan membantu Anda menciptakan sebuah taman pada area yang minimalis. Ini sangat cocok bagi Anda yang mempunyai area terbatas dengan tema rumah yang minimalis. Dengan memperhatikan hal-hal  berikut, semoga taman minimalis yang Anda harapkan akan menjadi kenyataan.

Seleksi Tanaman

6

Taman memang identik dengan tanaman, lebih khusus lagi tanaman bunga. Untuk lahan yang sempit pilihlah tanaman yang memang tidak terlalu besar. Anda dapat memilih jenis tanaman yang berakar serabut. Selain aman bagi bangunan Anda yang minimalis, tanaman berakar serabut ini juga sangat pas ditanam dalam pot-pot yang mungil.

Kalaupun Anda ingin menanam bunga yang berakar tunggang, cobalah pilih tanaman yang perkembangan akarnya tidak terlalu cepat. Karena, akar tunggang yang cepat tumbuh besar akan mengganggu bangunan Anda. Bisa jadi akan mengangkat pondasi bangunan minimalis Anda.

Vertikal Garden

2

Tanaman yang Anda susun secara vertical atau menggantung akan sangat meminimalis kebutuhan area taman. Anda bisa menempelkan vertical garden tersebut pada area pagar atau pada sisi dinding rumah Anda. Tetapi Anda juga harus memperhatikan jenis tanaman dalam vertical garden tersebut. Jika areanya mudah terkena sinar matahari, pilihlah tanaman yang memang membutuhkan cahaya matahari yang cukup.

Di samping itu, perlu Anda perhatikan pula kebutuhan air tanaman tersebut. Usahakan memilih tanaman yang tidak banyak membutuhkan air sehingga lebih mudah perawatannya dan tidak mengotori dinding rumah Anda. Selain itu, Anda juga dapat memilih tanaman yang menggantung.

Pengelompokan Area Taman

8

Meskipun minimalis, pengelompokan area ini sangat penting. Anda dapat membagi area taman menjadi beberapa segmen atau kelompok. Tempatkan pada setiap segmen tersebut tanaman-tanaman yang sesuai. Tanaman kering seperti kaktus yang lambat pertumbuhannya dapat Anda tempatkan pada sebuah sudut taman dengan beralasan meja kecil atau sekedar kayu tanpa olahan, yang akan membuat kesan natural pada taman Anda.

Aplikasikan Aksesoris Taman
5

Anda dapat menjadikan batu-batu alam warna hitam, abu-abu atau putih yang tertata sebagai ornament taman.  Selain dapat Anda jadikan sebagai pemanis jalan setapak, tatanan batu batuan itu juga dapat Anda jadikan list/ garis-garis pada taman Anda. Selain batu-batuan, Anda juga dapat menjadikan ranting-ranting kering yang telah Anda cat dengan warna-warna yang menarik dapat Anda jadikan sebagai elemen dekorasi dari taman Anda. Intinya, kreatifitas dan imanjinas Anda sangat penting untuk mewujudkan taman yang arsi.

Hadirkan Kolam Mungil

1

Itulah beberapa hal yang dapat Anda jadikan referensi dalam membuat taman minimalis pada area rumah minimalis Anda. Anda siap mencobanya? Semoga Anda mendapat kepuasan dengan taman yang Anda ciptakan.