5 Hal Penting dalam Mendesain Interior Kamar Tidur

Kamar tidur bagian rumah yang pasti selalu ada. Bahkan bukanlah dinamakan rumah jika tidak ada kamar tidur di dalamnya karena fungsi rumah sebagian besarnya adalah tempat berlabuh seluruh anggota keluarga setelah seharian bekerja. Karenanya, menciptakan kamar tidur yang mampu memberi kenyamanan penggunanya merupakan suatu kewajiban.

Kenyamanan sebuah kamar tidur akan memberikan jaminan kualitas tidur atau istirahat yang optimal. Kualitas tidur yang baik akan memberikan kesegaran kembali setelah istirahat, sehingga dapat menyongsong hari dengan kesegaran dan kesiapan bekerja atau belajar dengan baik. Harapannya, hari demi hari kebaikannya dapat selalu bertambah.

desain interior kamar tidur 3

Memang fungsi kamar tidur tidak hanya untuk istirahat saja. Minimal ada dua fungsi yang dapat diandalkan dari keberadaan sebuah kamar tidur. Dua fungsi tempat tidur tersebut adalah fungsi fisik dan fungsi psikologis. Fungsi fisik mengacu pada fungsi kamar tidur sebagai ruangan yang harus terjaga privasinya. Sedangkan fungsi psikologis mengacu pada kenyamanan yang tercipta dari kamar tidur.

Begitu pentingnya kamar tidur dalam setiap rumah mengharuskan seseorang cermat dan cerdas dalam mendesain interior kamar tidur. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan mengdesain interior kamar tidur. Kesemuanya merupakan rangkuman dari postingan di www.interdesain.com yang terkait dengan desain interior kamar tidur.

1. Menentukan tema

desain interior kamar tidur 2

Tema dalan sebuah desain interior kamar tidur ibarat ruh. Tema inilah yang akan menentukan pekerjaan selanjutnya. Tema juga memberi arahan tentang elemen apa saja yang harus dipersiapkan ketika seseorang akan mendesain interior kamar tidur. Mulai dari pemilihan furniture sampai pernak-pernik dekorasinya.

Semua harus mengarah pada satu tema. Karena mendesain interior kamar tidur ibarat memadukan beberapa elemen interior hingga membentuk satu kesatuan yang padu dan nyaman digunakan dan asik dipandang. Dengan kejelasan tema kemudahan pekerjaan selanjutnya pun akan didapatkan

Tetapi jika tema itu tidak dipersiapkan dengan baik, bahkan ada keragu-raguan dalam memilih dan menetapkan tema yang akan diusung menjadikan kerja selanjutnya menjadi lebih sulit dan tidak terarah. Karenanya, pertimbangkan betul tema yang akan diterapkan dalam desain interior kamar tidur sebelum mengerjakan yang lainnya.

2. Pemilihan Furniture

desain interior kamar tidur 4

Berikutnya setelah tema secara pasti dipilih dan ditetapkan, pemilihan furniture merupakan langkah selanjutnya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pekerjaan mendesain interior kamar tidur itu pekerjaan memadukan beberapa elemen yang mengarah pada satu tema untuk mendapatkan kepaduan.

Karenanya, ketika seseorang akan mendesain interior kamar tidur pemilihan furniture pun harus disesuaikan dengan tema. Agar semua elemen saling mendukung dan menguatkan tema. Pemilihan furniture yang tidak memperhatikan tema akan membuat tema menjadi kabur dan desain interior kamar tidur menjadi tidak utuh.

Selain itu, pemilihan furniture seperti ranjang juga harus menyesuaikan luas ruang kamar tidur. Jangan sampai Anda merasakan sempit dan sumpek saat berada di dalam kamar tidur hanya karena pemilihan furniture yang tidak proporsional. Kalau itu terjadi dijamin kenyamanan saat beristirahat pun tidak Anda dapatkan.

desain interior kamar tidur 5

Pemilihan ranjang misalnya, hendaknya dengan memperhatikan luas dan panjang ranjang. Jika tidak, bisa jadi ranjang yang Anda pasang justru memakan tiga perempat dari luas ruang kamar tidur Anda. Akibatnya tidak ada space untuk membuat kamar tidur menjadi nyaman dan melegakan.

Padahal jika Anda mau ranjang yang simple dan fungsionalis justru merupakan pilihan bijak. Karena dengan demikian selain Anda masih dapat berkreasi untuk membuat kamar tidur nyaman, mungkin dengan menempatkan elemen dekorasi dan sebagainya yang membuat kamar tidur Anda menjadi nyaman dan menggairahkan.

3. Pencahayaan

desain interior kamar tidur 6

Inilah salah satu elemen desain interior kamar tidur yang akan menyulap ruangan Anda menjadi pas dan sesuai dengan keinginan Anda. Lampu tidak hanya sekedar sebagai penerang. Kehadirannya dalam kamar tidur akan menciptkan kesan dan suasana tertentu sesuai dengan yang diharapkan.

Dengan pencahayaan yang baik, desain interior kamar tidur yang sederhana dapat Anda sulap menjadi luar biasa. Pencahayaan juga akan bahkan nilai estetika perabaot yang ada dalam kamar tidur menjadi meningkat. Sebaliknya, pencahayaan yang gagal selain akan merusak kesan yang ingin dimunculkan juga dapat mengaburkan tema yang diusung.

desain interior kamar tidur

Karenanya dalam mengaplikasikan pencahayaan dalam desain kamar tidur hendaknya diperhatikan beberapa hal, antara lain sisi estetika, kesan yang diharapkan tercipta dengan pengaplikasian lampu, focus atau eye cathcing, dan kesederhanaan yang memberi kesan mewah dan elegan.

Karenanya, langkah pertama dalam mengoptimalkan pencahayaan dalam desain kamar tidur adalah menetapkan kesan yang akan diciptakan dengan cahaya itu. Apakah kesan lembut dan romantis ataukah kesan yang lebib berani dan enerjik yang akan Anda ciptakan. Yang jelas apapun yang Anda inginkan jangan sampai aplikasi cahaya dalam sebuah tempat tidur justru mengganggu aktivitas Anda.

Untuk mempermudah mendapatkan kesan apa yang harus Anda ciptakan dengan cahaya tersebut, hendaknya Anda mencermati kebiasaaan apa saja yang bakal sering Anda gunakan dalam kamar tidur. Hal ini akan membantu Anda mengaplikasikan cahaya yang sesuai dengan yang Anda inginkan.

Setelah Anda menetapkan kesan yang akan Anda ciptakan dengan aplikasi lampu dalam desain interior kamar tidur, Anda diharapkan dapat menetapkan Focus Atau Eye Catching. Sehingga begitu seseorang masuk dalam kamar tidur, matanya tercengangkan dengan pemadangan yang langsung ditangkap oleh matanya.

desain interior kamar tidur 7

Selanjutnya agar pencahayaan nampak simple, Anda dapat memilih berbagai jenis lampu yang cocok untuk diaplikasikan dalam kamar tidur Anda. Beberapa jenis lampu yang dapat Anda aplikasikan dalam kamar tidur antara lain Chandelier (Lampu Gantung), Wall Lamp (Lampu Dinding), Table Lamp (Lampu Meja) dan Standing Lamp (Lampu Berdiri).

4. Aplikasi Dekorasi Desain Interior Kamar Tidur
desain interior kamar tidur 8

Hal berikutnya yang dapat membuat desain interior kamar tidur lebih memberi kesan artistis adalah dengan mengaplikakasikan elemen dekorasi dalam dinding kamar tidur. Beberapa elemen yang dapat Anda jadikan sebagai dekorasi interior kamar tidur dapat Anda dapatkan di banyak toko.

Meskipun demikian, kreativitas dan imajinasi Anda untuk mendesain interior kamar tidur tentu akan tetap menjadikan desain interior kamar tidur menjadi lebih memberi kepuasan Anda. Karenanya, tetaplah eksplorasi kemampuan Anda dalam menciptakan desain interior kamar tidur yang estetik dan menyenangkan.

Di antara hiasan yang dapat Anda gunakan untuk memperindah desain interior kamar tidur Anda antara lain sticker, lukisan, lampu, cermin dan digital printing. Hal-hal tersebut hanyalah sebagian saja dari elemen yang dapat Anda jadikan sebagai hiasan desain interior kamar tidur Anda.

desain interior kamar tidur 9

Elemen yang pertama, adalah sticker. Sebenarnya sticker ini dapat Anda buat sendiri dengan bahan-bahan kertas warna-warni. Dengan imajinasi dan kreativitas kertas tersebut dapat Anda bentuk menjadi beberapa bentuk, kemudian Anda tempelkan di dinding desain interior kamar tidur Anda.

Jika Anda tidak mau kerepotan dengan membuat bentuk dan menggunting kertas-kertas tersebut, Anda dapat membeli sticker jadi yang dapat langsung Anda aplikasikan dalam desain interior kamar tidur Anda. Tentu biaya yang Anda butuhkan akan sedikit lebih besar jika dibanding dengan jika sticker tersebut Anda buat sendiri. Tetapi Anda akan lebih menghemat waktu.

Elemen kedua adalah lukisan. Lukisan juga merupakan salah satu elemen yang dapat mempercantik desain interior kamar tidur Anda. Tentu saja lukisan yang Anda aplikasikan dalam desain interior kamar tidur Anda adalah lukisan yang sesuai dengan tema yang Anda aplikasikan dalam desain interior kamar tidur Anda. Anda dapat mengaplikasikan lukisan pada frame kaca atau membuat lukisan dinding. Anda dapat mempelajari bagaimana membuat lukisan dinding dengan mudah.

desain interior kamar tidur 10

Selain lukisan yang dibingkai dalam pigura, Anda pun juga dapat melukis langsung di dinding desain interior kamar tidur Anda, yang sering disebut dengan mural. Salah satu kelebihan dari mural ini adalah dapat menciptakan kesan 3D desain interior kamar tidur Anda. Lukisan ini akan memperkuat kesan desain interior kamar tidur Anda.

Kalau Anda tidak mau repot-repot melukis dinding desain interior kamar tidur Anda, Anda dapat meminta bantuan para pelukis mural yang saat ini banyak ditemukan di beberapa media online, bahkan sudah ada yang bergabung dalam komunitas pelukis dinding. Ya, sekali lagi biaya yang Anda keluarkan pun tentu lebih mahal.

desain interior kamar tidur 11

Elemen ketiga adalah lampu. Kehadiran lampu dalam desain interior kamar tidur memang tidak diragukan dapat menciptakan kesan yang dimaui oleh pemilih rumah. Apalagi saat ini berbagai desain lampu dengan berbagai material sangat banyak dijual di pasaran, baik lewah online maupun offline.

Warna dan pendar lampu yang dipancarkan tak disangkal dapat menciptakan berbagai suasana beragam. Maka tidaklah salah jika ada orang sampai mengatakan, kalau ingin romantis ya dengan lampu. Kalau ingin atraktif ya dengan lampu. Kalau ingin lembut dan menentramkan ya dengan lampu.

Ungkapan-ungkapan seperti itu menunjukkan bahwa apapun kesan ruangan yang ingin kita ciptakan, salah satu elemen pentingnya adalah lampu. Cara mengaplikasikan lampu pun beraneka ragam. Anda dapat menempelkan langsung lampu tersebut di dinding desain interior kamar tidur Anda.

desain interior kamar tidur 12

Atau jika ingin Anda dapat menempatkannya di atas meja atau lebih dikenal dengan table lamp. Ada beberapa hal lain yang harus Anda perhatikan ketika akan mengaplikasikan lampu dalam desain interior kamar tidur Anda. Beberapa hal tersebut adalah pemilihan ukuran lampu, kekuatan cahaya dan penempatan lampu.

Jika hal-hal tersebut Anda perhatikan, niscaya kehadiran lampu dalam desain interior kamar tidur Anda tidak hanya sekedar sebagai sumber cahaya, tetapi lebih dari itu. Lampu akan memberi kesan yang ingin Anda ciptakan dalam desain interior kamar tidur Anda.

5. Desain interior kamar tidur anak

desain interior kamar tidur 13

Ke empat hal yang tersebut di atas berbicara desain interior kamar tidur secara umum. Hal lain yang tidak boleh diabaikan adalah perhatian terhadap desain interior kamar tidur anak. Bagaimana pun harus dibedakan desain interior kamar tidur anak dengan desain interior kamar tidur orang dewasa atau orang tua.

Hal itu tentu saja disebabkan karena kebutuhan dan aktivitas yang dilakukan pun berbeda. Misalnya, aktivitas yang bermain yang sering dilakukan anak harus diakomodir sehingga dalam menciptakan desain interior kamar tidurnya harus tersedia space yang cukup untuk bermain. Dengan demikian aktivitas anak tidak terganggu bahkan terwadahi dalam sebuah ruangan.

Karenanya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan mendesain interior kamar tidur anak. Jika hal-hal ini diabaikan bisa jadi desain interior kamar tidur anak yang tidak disukai oleh mereka sehingga mereka justru tidak betah berada di dalamnya. Tentu hal ini tidak pernah diharapkan oleh siapapun, termasuk Anda bukan?

desain interior kamar tidur 14

Yang pertama, perabot yang akan diaplikasikan dalam desain interior kamar tidur anak. Yang pasti dalam memilih perabot entah itu tempat tidur, almari, meja belajar atau perabot yang lainnya hendaknya selalu memperhatikan luas ruangan. Pastikan tetap tersedia space untuk bermain mereka bersama teman-temannya.

Ketidakperhatian Anda dengan hal itu akan berakibat kamar terasa sumpek dan tidak nyaman, apalagi jika untuk bermain. Dan tentu Anda akan dapat menebak akibatnya. Anak tidak akan merasa nyaman bermain bahkan sekedar tidur di kamar tidur mereka sendiri. Jika ini terjadi tentu sangat menyedihkan.

desain interior kamar tidur 15

Selain memperhatikan luas ruangan, Andapun juga harus memperhatikan dekorasi dalam desain interior kamar tidur mereka. Pastikan dalam mengaplikasikan dekorasi dalam desain interior kamar tidur anak, dekorasi tersebut disukai dan disenangi anak. Hal ini akan memberi daya tarik bagi anak sehingga mereka selalu ingin berada di dalam kamar tidurnya.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengajak diskusi kepada mereka saat Anda akan mendesain interior kamar tidur anak Anda. Di samping akan memacu kreativitas mereka, hal ini juga menjadi cara yang sangat efektif melatih anak mengeluarkan pendapat sekaligus menghargai dan dihargai dalam komunikasi.

desain interior kamar tidur 16

Berikutnya, dalam mendesain interior kamar tidur anak hendaknya Anda memikirkan sarana untuk berekspresi. Tujuannya tentu saja memberi ruang bagi mereka untuk mengekspresikan apa yang ada dalam pikirannya. Sehingga dari situ orang tua akan lebih mudah mengenali bakat dan minat mereka.

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk menyediakan ruang berekspresi dalam desain interior kamar tidur mereka. Misalnya dengan menempatkan white board pada dinding desain interior kamar tidur. Tentu semua nya tetap harus memperhatikan keamanan. Apalagi jika desain interior kamar tidur tersebut untuk anak balita.

desain interior kamar tidur 18

Selanjutnya, pewarnaan juga harus menjadi perhatian Anda saat akan mendesain interior kamar tidur anak. Sangat keliru jika Anda menggenalisir sebuah warna untuk semua anak. Misalnya, Anda menyakini bahwa setiap anak perempuan pasti menyukai warna pink sehingga tanpa komunikasi dengan anak, Anda langsung mengaplikasikan warna tersebut dalam desain interior kamar tidur anak Anda.

Tentu hal itu bukanlah sikap yang bijak. Meskipun Anda yakin bahwa suatu warna disukai anak Anda tetapi akan lebih baik jika dalam mengaplikasikan warna dalam mendesain interior kamar tidur anak, Anda berkomunikasi dengan anak Anda. Karena hal itu sangat berarti dalam kehidupannya.

desain interior kamar tidur 19

Hal lain yang tidak boleh Anda tinggalkan ketika Anda akan mendesain interior kamar tidur anak, pastikan bahwa desain interior kamar tidur yang Anda rencanakan sesuai dengan jenis kelamin mereka. Jangan sampai desain interior kamar tidur anak laki-laki Anda samakan dengan desain interior kamar tidur anak perempuan.

Kekurangperhatian akan hal itu akan berakibat terganggunya kepribadian mereka. Bahkan bisa jadi mereka akan diolok-olok oleh temannya yang kebetulan bermain di kamar tidur anak Anda. Karena anak laki-laki tentu saja mempunyai kebiasaan dan aktivitas yang berbeda dengan anak perempuan.

Hal itu menuntut Anda mendesain interior kamar tidur sesuai dengan kebiasaan dan aktivitas mereka, baik dari sisi pewarnaan, dekorasi bahkan perabot yang diletakkan dalam desain kamar tidur mereka. Dengan demikian kenyamanan saat mereka berada di dalamnya, baik saat beristirahat maupun saat bermain dapat selalu mereka dapatkan.

Itulah 5 hal yang harus Anda perhatikan saat Anda akan mendesain interior kamar tidur, baik kamar tidur untuk orang tua, dewasa maupun untuk anak-anak. Dengan memperhatikan kelima hal tersebut, Anda akan mendapatkan desain interior kamar tidur yang sesuai dengan keinginan Anda.