Desain Interior Rumah Minimalis Modern: 6 Penting Hal Yang Harus Diperhatikan

Desain Interior rumah minimalis bernuansa modern adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang menyukai keindahan dan kemewahan namun memiliki rumah berukuran mungil. Desain rumah minimalis modern mengutamakan keindahan yang dipadupadankan dengan aneka perabot yang mengikuti trend mode. Oleh karena itu, Anda harus siap budget besar jika melirik desain rumah yang satu ini.

desain interior rumah minimalis

Selain membutuhkan budget besar, mengaplikasikan desain interior rumah minimalis bergaya modern juga memerlukan kesabaran, kreativitas dan ketelitian. Pasalnya, kesalahan dalam proses desain dapat menghilangkan kesan mewah atau bahkan menimbulkan kesan norak pada rumah Anda.

Jika hal seperti ini terjadi, dana yang Anda keluarkan untuk mendesain rumah akan sia-sia belaka.
Agar dana yang Anda keluarkan selaras dengan kepuasan yang Anda dapatkan, coba perhatikan dan terapkan 6 hal penting dalam mendesain rumah minimalis bergaya modern berikut ini.

Tentukan Prioritas Ruangan yang Akan Didesain

Desain interior rumah minimalis 2

Pengaplikasian desain bergaya modern tidak bisa dilakukan secara serentak. Anda harus bersabar dan melakukan desain ruangan satu per satu karena desain interior rumah minimalis bertema modern membutuhkan pengaplikasian waktu yang lama. Jika perombakan ruangan dilakukan secara bersamaan, rumah akan terlihat berantakan dan hasilnya juga tidak akan memuaskan.

Untuk tahap awal Anda bisa memulai dari ruangan yang memiliki ukuran terkecil seperti kamar mandi atau dapur. Setelah itu, bergeraklah ke ruangan yang lebih besar. Ada baiknya jika Anda menempatkan perombakan kamar tidur dalam urutan terakhir.

Pilihlah Furniture yang Sesuai dengan Desain Interior Rumah Minimalis

space desain interior rumah minimalis

Desain rumah minimalis yang modern akan nampak pas jika dilengkapi dengan furniture berlapis stainliss atau furniture yang memiliki permukaan mengkilat. Alternatif lainnya adalah menggunakan furniture yang didominasi warna putih atau hitam. Penggunaan furniture semacam ini akan membuat rumah nampak lebih mewah dan elegan.

Khusus untuk pemilihan sofa, Anda bisa memilih sofa dengan bad tebal atau sofa yang memiliki sandaran tinggi. Pemilihan model sofa seperti ini akan sangat membantu Anda menciptakan kesan mewah meski furniture lainnya nampak sederhana.

warna biru desain interior minimalis

Kesalahan yang paling umum dilakukan saat mendesain rumah minimalis bergaya modern adalah penggunaan furniture kayu. Furniture kayu dianggap sebagai sebuah properti netral sehingga dapat digunakan pada gaya desain apapun. Padahal, furniture kayu lebih cocok digunakan untuk melengkapi desain rumah minimalis sederhana atau desain rumah minimalis klasik.

Perhatikan Space yang Tersisa untuk Penataan Furniture

perabot desain interior rumah minimalis 2

Kebanyakan orang tidak memperhatikan space ruangan yang dimiliki saat memilih furniture. Mereka cenderung lebih fokus pada desain mewah dibandingkan menyesuaikan ukuran furniture yang dipilihnya. Kesalahan seperti inilah yang seringkali menyebabkan kegagalan dalam menciptakan desain rumah minimalis yang nyaman.

Oleh karena itu, Anda harus mengukur terlebih dahulu ruangan yang tersedia dan merancang seberapa bagian yang akan diisi dengan properti. Dengan melakukan cara ini, uang yang Anda belanjakan untuk properti mewah akan selaras dengan kepuasan yang Anda dapatkan.

Pilihlah Warna yang Tepat untuk Desain Interior Rumah Minimalis
Desain interior rumah minimalis warna putih

Desain rumah minimalis bergaya modern sangat kental dengan nuansa mewah dan elegan. Oleh karena itu, warna pulasan yang digunakan juga harus mewah dan elegan. Pilihan warna yang paling cocok desain bergaya seperti ini adalah putih.

Penggunaan warna putih pada desain rumah minimalis akan memunculkan efek mewah yang kuat. Selain itu, warna putih juga mampu memberikan kesan longgar sehingga mampu mengimbangi kondisi ruangan yang telah dipenuhi aneka furniture mewah.

warna merah kuning desain interior minimalis

Jika Anda tidak menyukai warna putih, Anda juga bisa menggunakan warna-warna cerah sebagai pemulas tembok rumah Anda. Penggunaan warna cerah akan lebih sesuai dan laras dengan furniture yang didominasi warna mengkilap.

Alih Suasana pada Bagian Depan Rumah

desain terar rumah minimalis

Menerapkan desain rumah minimalis modern bukan berarti Anda harus menerapkan sentuhan modern pada seluruh bagian rumah. Mendesain seluruh rumah dengan sentuhan modern justru akan membuat rumah nampak membosankan. Oleh karena itu, berilah sentuhan lain pada bagian depan rumah Anda dengan membuat taman mini dengan aneka tanaman hias.

Kehadiran taman mini pada bagian depan rumah Anda akan menimbulkan kesan segar dan santai. Jika memungkinkan, tambahkan pula kolam ikan atau air mancur sehingga suasananya terlihat lebih santai dan menyejukkan.

desain teras rumah minimalis

Alih suasana juga bisa Anda padukan pada ruangan yang bersifat santai seperti ruang makan atau ruang keluarga. Untuk menciptakan alih suasana pada ruang makan atau ruang keluarga, Anda bisa menambahkan air mancur atau air terjun buatan yang dibingkai dengan kaca. Jangan lupa menambahkan lampu agar desain yang Anda rancang tak kehilangan sisi mewah dan elegannya.

Managemen Keuangan untuk Desain Interior Rumah Minimalis

perabot desain interior rumah minimalis

Langkah ke-enam ini adalah langkah tambahan namun harus selalu Anda perhatikan. Dari berbagai kasus kegagalan desain, managemen keuangan yang buruk adalah penyebab yang paling umum. Buruknya managemen keuangan dapat menyebabkan pengadaan furniture yang terlalu berlebihan atau bisa juga mengakibatkan over budget sehingga pengaplikasian desain rumah minimalis tidak bisa dilakukan sesuai rencana.

Untuk menghindari kegagalan managemen keuangan, Ada baiknya jika Anda merencanakan keuangan per ruangan. Terapkanlah limit untuk setiap ruangan yang akan didesain sehingga over budget tidak akan mungkin terjadi. Selain itu, bijak dalam memilih furniture juga kan membantu Anda dalam mengatur anggaran yang dikeluarkan.

Dengan memperhatikan dan menerapkan 6 hal penting di atas dan hal-hal penting lainnya, Anda akan mampu menciptakan desain rumah minimalis dan modern meski tanpa bantuan konsultan.