Suka Desain Interior Kamar Tidur Bergaya Vintage? Inilah 6 Langkah Mendesainnya

Desain interior kamar tidur bergaya vintage – Desain interior kamar tidur adalah elemen penting untuk menghasilkan keindahan rumah secara menyeluruh. Kamar yang didesain dengan indah dan menawan akan menambah nilai estetika pada rumah tersebut sehingga rumah pun menjadi hunian yang nyaman dan menyenangkan.

desain interior kamar tidur bergaya vintage

Alasan lain mengapa sebuah kamar membutuhkan desain interior yang menarik adalah fungsi kamar sebagai tempat beristirahat. Kamar tidur harus dibuat senyaman mungkin sehingga Anda dapat beristirahat dengan tenang dan nyaman di dalamnya. Tidak hanya itu, kamar tidur perlu didesain agar Anda bebas menuangkan kreatifitas Anda sehingga kamar dapat mencerminkan kepribadian dan karakter.

Berbicara mengenai desain interior kamar tidur, salah satu gaya desain kamar yang paling banyak diminati saat ini adalah desain interior kamar tidur bergaya vintage. Jika dilihat sekilas, desain interior kamar tidur bergaya vintage nampak kuno namun memiliki tampilan yang lebih artistik.

desain interior kamar tidur bergaya vintage 3

Desain interior kamar tidur bergaya vintage sangat digemari karena desainnya yang tidak akan pernah tergerus oleh desain interior model baru. Keunggulan seperti ini akan membuat tampilan kamar Anda tetap modis dan berkelas meski perkembangan mode desain telah bergeser.

Keuntungan lainnya dari dekorasi kamar tidur bergaya vintage adalah kesan hangat, romantis dan elegan yang kuat. Desain interior kamar tidur yang bertemakan vintage akan cenderung memancarkan siluet romantis sehingga sangat cocok bagi Anda yang memiliki jiwa lembut dan menyukai nilai artistik.

desain interior kamar tidur bergaya vintage rustic

Menciptakan sebuah desain interior kamar tidur bergaya vintage sebenarnya bukan urusan yang sulit. Anda bisa mendapatkan desain interior kamar tidur klasik-vintage hanya dengan menerapkan langkah-langkah sederhana berikut:

Mulailah dengan Tempat Tidur

desain interior kamar tidur bergaya vintage

Bagi Anda yang ingin menikmati desain interior kamar tidur bertema vintage, Anda bisa memulainya dengan cara yang paling sederhana. Anda bisa mulai menerapkan gaya vintage dengan mengganti spring bed dengan ranjang bermaterial kayu. Pilihlah material berwarna gelap agar kesan kuno yang dipancarkan makin kuat.

Gunakan Wallpaper yang Memiliki Warna Alam

wallpaper desain interior kamar tidur bergaya vintage 2

Langkah selanjutnya adalah dengan menambahkan wallpaper berwarna soft. Pilihan warna yang seringkali dirujuk untuk menciptakan desain interior kamar tidur elegan bernuansa klasik adalah kuning gading atau cream. Pilihan warna ini akan menyatu dengan aneka furniture yang didominasi oleh warna kayu. Selain itu Anda dapat mengaplikasikan cat dinding abstrak pada desain kamar tidur bergaya vintage ini.

Yang perlu Anda ingat dalam pemilihan wallpaper adalah corak yang digunakan. Pilihlah corak-corak sederhana sehingga kamar tidur tidak terkesan norak dan tetap memancarkan suasana yang sederhana. Jika Anda masih bingung dengan pemilihan corak, corak abstrak atau batik dengan warna-warna soft mungkin bisa menjadi rekomendasi.

wallpaper desain interior kamar tidur bergaya vintage

Setelah mendapatkan wallpaper yang tepat, Anda bisa mengaplikasikan wallpaper ini tepat di balik ranjang. Pastikan wallpaper mendapat sorotan lampu yang cukup sehingga menghasilkan suasana yang hangat dan romantis.

Perabot Bergaya Vintage

furniture gaya vintage

Agar desain interior kamar tidur Anda semakin lengkap, pilihlah beberapa furniture pendukung seperti rak, meja rias dan almari. Seluruh furniture yang Anda pilih harus memiliki warna senada agar nampak serasi.

Untuk memperindah ruangan, Anda juga tidak boleh melewatkan lampu tidur. Pilihlah lampu tidur dengan pot kayu agar kesan klasik semakin terasa. Lampu dengan pendar cahaya kuning temaram juga sangat direkomendasikan bagi Anda yang menginginkan suasana yang lebih romantis.

Jangan Melupakan Hiasan Dinding untuk Desain Kamar Tidur Bergaya Vintage
dekorasi desain interior kamar tidur bergaya vintage

Menerapkan gaya vintage bukan berarti menghalangi Anda untuk mengaplikasikan hiasan dinding. Anda tetap bisa memajang aneka hiasan dinding yang Anda sukai, hanya saja Anda harus lebih hati-hati dalam pemilihan warna dan corak,

Jenis hiasan dinding yang paling sesuai adalah aneka hiasan bernuansa etnik seperti jam klasik atau lukisan bergaya kuno. Jika Anda menginginkan desain interior kamar tidur yang unik, penambahan rak kayu yang didesain secara tidak teratur mungkin bisa menjadi alternatif pilihan bagi Anda.

dekorasi desain interior kamar tidur bergaya vintage 2

Alternatif lain untuk menghiasi dinding kamar tidur Anda adalah dengan memasang wall sticker. Pilihlah gambar yang bernuansa alam seperti ranting kayu atau gambar-gambar bernuansa klasik. Pengaplikasian warna stiker juga harus diperhatikan. Sebaiknya Anda memilih warna natural seperti hitam, coklat tua atau putih tulang.

Sprei dan Gorden untuk Desain Interior Kamar Tidur Bergaya Vintage

gorden pada desain interior kamar tidur bergaya vintage

Pada desain interior kamar tidur mewah, mungkin sprei dan gorden polos menjadi pilihan utama bagi Anda. Namun pada desain interior kamar tidur bernuansa vintage, sprei dan gorden dengan motif bunga agaknya lebih sesuai. Motif bunga pada gorden dan sprei akan mengimbangi warna-warna dalam ruangan sehingga kamar terlihat lebih hidup.

Meski penggunaan sprei dan gorden bermotif bunga sangat disarankan, Anda tetap harus memperhatikan pemilihan warna. Anda tidak boleh menggunakan warna-warna yang terlalu berani karena warna yang terlalu mencolok akan merusak kesan sederhana dan kuno dalam ruangan.

Konsep Minimalis pada Desain Interior Kamar Tidur Bergaya Vintage

desain interior kamar tidur bergaya vintage minimalis

Desain interior kamar tidur yang menerapkan gaya vintage pada dasarnya menerapkan konsep minimalis. Oleh karena itu, Anda harus membatasi furniture yang dirasa kurang perlu. Jika memang masih tersisa space kosong dalam kamar, penambahan sebuah kursi berwarna lembut dan meja kecil akan lebih berguna dibandingkan penambahan furniture lainnya.

Itulah beberapa langkah yang bisa membantu Anda menciptakan desain interior kamar tidur bergaya vintage. Langkah yang sama juga bisa Anda gunakan untuk menciptakan desain interior kamar tidur sederhana atau minimalis. Hanya saja, pada desain interior kamar tidur minimalis atau sederhana Anda boleh mengaplikasikan warna-warna lain selain warna pastel.