7 Panduan Penting Untuk Menciptakan Desain Interior Ruang Dapur Yang Nyaman

Desain interior ruang dapur sangat sering luput dari perhatian. Dapur seringkali dibuat alakadarnya tanpa memperhatikan unsur keindahannya sehingga dapur nampak sumpek, kumuh dan tak tertata. Padahal, jika Anda melakukan sedikit penataan, dapur dapat terlihat lebih cantik, rapi dan bersih. Apalagi jika konsep desain dapur sudah Anda rancang.

Desain interior dapur

Alasan lain yang membuat orang tidak mempedulikan desain interior ruang dapur adalah letak dapur yang berada di bagian paling belakang rumah. Letak dapur seperti ini membuat dapur jarang terlihat oleh tamu sehingga sebagian orang berfikir bahwa keindahan dapur bukanlah hal yang terlalu penting.

Hal ini akan sangat berbeda jika Anda termasuk orang yang peduli dengan keindahan dan kenyamanan. Anda akan berusaha semaksimal mungkin menciptakan desain interior ruang dapur yang nyaman dan indah. Anda akan berfikir keras untuk menuangkan ide-ide kreatif sehingga dapur menjadi sebuah ruang yang tidak kalah indah dengan ruangan lainnya. Dan Anda juga akan berusaha mengaplikasikan jenis-jenis desain interior dapur yang sesuai dengan kondisi rumah Anda.

Desain interior ruang dapur putih

Bagi Anda yang ingin memaksimalkan desain interior ruang dapur, 7 panduan ini mungkin bisa membantu Anda.

Inilah 7 panduan penting untuk menata desain interior ruang dapur.

Buatlah Ukuran Dapur yang Mungil Menjadi Lebih Efisien

desain interior ruang dapur hitam putih - monokrom

Seringkali Kita berfikir bahwa desain interior ruang dapur hanya bisa diterapkan pada dapur yang berukuran luas. Jika Anda termasuk orang yang berpikiran seperti ini, Anda harus mengubah mindset Anda mulai dari sekarang karena Anda tetap bisa mendapatkan dapur indah meski hanya memiliki ruang terbatas. Salah satu caranya adalah menerapkan desain interior ruang dapur minimalis.

Hal lain yang benar-benar harus Anda perhatikan ketika ingin menerapkan desain interior dapur sempit adalah kerapian. Untuk membantu Anda menciptakan penataan yang rapi, Anda bisa menggunakan kabinet bertingkat atau rak berukuran kecil.

Ciptakan Ilusi Warna

desain interior ruang dapur warna senada

Apakah Anda pernah mengalami dapur yang terasa sesak karena tumpukan perabot? Jika Anda pernah mengalaminya, ilusi warna adalah solusi yang paling pas untuk membantu Anda. Penciptaan ilusi warna akan membuat dapur terlihat lebih luas dan rapi.

Contoh pengaplikasian ilusi warna adalah dengan menggunakan warna cat tembok senada dengan perabot Anda. Melalui cara ini, perabot yang tadinya terlihat menumpuk dan tidak rapi akan membaur dengan warna dinding sehingga tidak terlalu menjadi pusat perhatian.

Pilih Peralatan Masak Sesuai Tema
desain interior ruang dapur peralatan masak

Hal yang paling sering luput dari perhatian adalah pemilihan peralatan masak yang tepat. Kita seringkali sembarangan memilih peralatan masak karena memburu harga murah dan fungsinya tanpa memperhatikan kesesuaian alat memasak dengan tema dapur. Kesalahan seperti inilah yang kemudian membuat dapur terlihat terlalu penuh.

Jika Anda kurang pandai dalam memilih peralatan memasak, pilihlah semua peralatan memasak dengan warna hitam. Cara seperti ini akan membantu Anda menciptakan desain interior ruang dapur elegan tanpa harus bersusah payah memilih peralatan dapur yang mahal.

Perhitungkan Kebutuhan Anda

dapur kecil putih

Desain interior ruang dapur yang indah bukan berarti sebuah desain interior yang memiliki banyak perabot. Desain yang indah dan nyaman adalah desain yang pas dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Oleh karena itu, perhitungkanlah perabot yang akan Anda beli dengan kebutuhan memasak Anda. Dengan memperhatikan tips ini, dapur akan memiliki lebih banyak ruang kosong dan tidak terlihat penuh.

Ciptakan Sesuatu yang Berbeda

dekorasi ruang dapur

Kesalahan yang paling sering dilakukan saat menciptakan desain interior ruang dapur adalah konsep yang terlalu monoton sehingga dapur nampak membosankan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mencoba sesuatu yang berbeda agar dapur terlihat lebih unik.

Cara yang paling mudah untuk mencoba desain yang berbeda adalah dengan menambahkan sebuah dekorasi unik seperti rak kayu bernuansa etnik, tanaman yang menggantung di dinding atau dinding dapur yang dibuat menyerupai contur gua. Cara desain yang berbeda seperti ini akan membuat dapur minimalis Anda terlihat lebih bergaya meskipun tak memiliki banyak furniture.

dapur impian yang berbeda

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan membiarkan lemari penyimpan perabot terbuka. Cara seperti ini akan membuat dapur nampak lebih luas. Namun, jika Anda khawatir dengan kebersihan perabot memasak, Anda bisa mengganti pintu lemari penyimpanan Anda dengan kaca transparan.

Atur Cahaya dengan Tepat

cahaya dapur

Cahaya yang tepat dapat membantu Anda menciptakan desain interior ruang dapur elegan dan mewah. Anda perlu memperhatikan seberapa besar cahaya matahari yang masuk sebelum menentukan posisi meja dapur. Jika cahaya yang masuk terlalu sedikit, langkah lebih baik jika anda menggunakan meja dapur yang memiliki permukaan mengkilap.

Penggunaan lampu dengan siluet cahaya putih juga akan membantu Anda menciptakan suasana dapur yang nyaman. Penambahan lampu di area rak atau lemari dapur juga sangat disarankan bagi Anda yang suka memasak di malam hari.

Pilihlah Furniture Multifungsi
furniture dapur multifungsi

Hal lain yang harus Anda perhatikan untuk menciptakan keindahan desain interior ruang dapur adalah penggunaan furniture yang minimalis. Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan rak yang menggantung di dinding atau menggunakan rak berukuran ramping.

Pilihan lain bagi Anda yang ingin menggabungkan fungsi dapur untuk memasak sekaligus ruang makan adalah dengan menambahkan sebuah meja kecil di tengah ruangan. Meja ini dapat Anda fungsikan sebagai alas untuk menata bahan masakan dan dapat pula dijadikan sebagai tempat makan yang minimalis.

Jadikanlah 7 panduan di atas sebagai pakem untuk menciptakain desain interior ruang dapur sehingga Anda bisa mewujudkan dapur yang indah, nyaman dan menyenangkan.