Bahan atau Material Jendela yang Harus Anda Pahami

Bahan atau material jendela – Jendela merupakan salah satu sarana yang dapat menjamin sirkulasi udara dan cahaya dalam ruangan. Bahkan dalam perkembangannya jendela sering dioptimalkan fungsinya. Selain sebagai sarana sirkulasi udara dan cahaya kehadiran sebuah jendela pada sebuah rumah dapat memperindah dan menambah nilai estetik rumah tersebut.

Bahan atau material jendela

Karenanya, ketika akan mengaplikasikan sebuah bentuk jendela pada suatu rumah hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah fungsi dari jendela tersebut. Disarankan agar setiap ruangan yang ada dalam rumah mempunyai ruangan sehingga pergantian udaranya dapat terjamin.

Selanjutnya Anda perlu memikirkan jendela akan dipasang menghadap ke mana. Setelah hal-hal tersebut Anda pertimbangkan, yang tidak kalah pentingnya lagi adalah bahan atau material jendela yang akan Anda gunakan untuk jendela tersebut. Hal ini sangat penting dilakukan karena akan berpengaruh terhadap ketahanan dan kekuatan serta hal-hal lain yang akan Anda ciptakan terkait dengan pemasangan jendela tersebut.

jenis jenis jendela

Pengetahuan terhadap kelebihan dan kekurangan sebuah bahan atau material jendela akan membantu Anda menentukan bahan atau material jendela apa yang sesuai dengan bentuk dan fungsi dari jendela yang akan Anda buat. Sehingga keberadaan jendela tersebut dapat menambah nilai dan menyempurnakan tema yang sedang Anda usung. Rumah akan terlihat lebih apik dan menarik dan mampu menciptakan suasana yang layak untuk diperhatikan.

Bahan atau material jendela

Jendela dan kusen bermaterial alumunium

jendela alumunium 3

Bahan atau material jendela ini tergolong banyak peminatnya. Selain harganya terjangkau, jendela bermaterial alumunium ini mudah dalam pengerjaanya karena material alumunium ini terkenal sangat ringan. Hal ini tentu saja akan meningkatkan efisiensi sekaligus mengurangi pembiayaan.

Selain itu, bahan atau bermaterial jendela alumuniun tidak terlalu terpengaruh oleh cuaca dan air. Meskipun demikian, Anda perlu pertimbangkan ulang jika area atau musim dingin di daerah Anda panjang. Karena musim dingin yang panjang dapat menyebabkan alumunium mengalami kondensasi.

jendela alumunium 2

Jika Anda menggunakan jendela dengan material alumunium, finishing yang disarankan adalah anodizing biasa (warna asli alumunium) dan powder coating (putih atau coklat). Selain itu pastikan Anda memasang jendela tersebut dengan benar. Disarankan untuk setiap sambungan perlu diberi silicon gel (sealant). Aplikasikan itu pada sambungan antara pinggiran kusen dan dinding.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan ketika menggunakan jendela berbahan alumunium adalah membersihkannya secara berkala. Hal itu dimaksudkan untuk menghindari tumbuhnya jamur yang pada akhirnya akan merusak jendela Anda.

Jendela dan kusen berbahan fiberglass

jendela material fiberglass

Bahan fiberglass ini tidak jauh berbeda dengan bahan jendela sebelumnya. Fiberglass termasuk material yang ringan dan mudah dikerjakan. Ia cocok diaplikasikan pada desain interior juga eksterior, pada rumah minimalis maupun maksimalis. Hal lain yang membuat orang memilih material ini adalah ia terlihat segar dan bersih. Meskipun demikian, pembersihan secara berkala tetap harus dilakukan.

Jendela dan kusen berbahan kayu
jendela kayu 2

Material kayu merupakan material yang sudah sangat populer digunakan oleh masyarakat. Tidak hanya untuk rumah jaman dulu. Material kayu bahkan masih sangat relevan digunakan untuk rumah-rumah modern. Bahkan, kayu menjadi bahan primadona untuk rumah tropis, klasik dan modern. Bukan hanya untuk jendela, kayu kini juga banyak digunakan untuk bagian-bagian lain dari rumah, seperti lantai dan dinding.

Jika Anda ingin membuat jendela dengan bahan kayu, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah kualitas kayu. Indikasi material kayu kuat dapat dilihat dari kekuatan, kepadatan dan daya susut dan muai dari kayu tersebut.

jendela kayu 3

Ada berbagai kayu yang dapat digunakan untuk membuat jendela. Salah satunya adalah kayu jati. Kayu jati ini mempunyai kekuatan yang diakui oleh semua orang. Namun, seiring dengan kekuatan, kekokohannya serta kelangkaannya, harganya pun cukup lumayan tinggi bahkan mahal.

Jenis kayu lain yang sering digunakan sebagai material jendela adalah kayu dengan berbagai jenisnya, seperti kamper Samarinda, kamper Singkil, kamper Medan, kamper Kompas dan kamper Banjar. Di antara jenis kampar tersebut, kamper Samarinda paling menjadi favorit di kelasnya.

jendela kayu 4

Sebelum Anda menjadikan kayu sebagai material jendela dan kusen, pastikan kayu yang digunakan adalah kayu yang sudah dikeringkan (oven). Selain itu, untuk menghindari serangan rayap pakailan anti rayap sebelum dipasang dan rawatlah jendelan dan kusen berbahan kayu tersebut dengan menggunakan anti rayap secara berkala.

Adapun untuk finishingnya, dengan menggunakan melamic atau duco. Kelebihan finishing melamic ini adalah permukaan kayu menjadi halus, warna natural san serat alami kayu masih terlihat jelas sehingga dapat dijadikan sebagai dekorasi yang memperindah tampilan dari kusen dan jendelan Anda.

jendela kayu

Hal yang harus Anda perhatikan dari material kayu ini adalah bahwa kayu akan cepat rusak jika tertimpa hujan, panas serta dingin, sehingga disarankan segera mengelap bagian dari material kayu yang terkena air. Atau jika Anda ingin, dapat melapisinya dengan cat yang kuat menahan air dan panas.

Jendela dan kusen vinyl

vinyl windows 2

Dibandingkan dengan material jendela yang lain, vinyl termasuk material yang lebih disukai. Hal-hal yang menyebabkannya adalah bahwa vinyl sangat efisien dan terjangkau harganya. Di samping itu bahan vinyl bagus dan cocok untuk berbagai bentuk rumah modern dan mudah dikerjakan.

Jendela berbahan uPVC

upvc

Material uPVC ini biasanya diaplikasikan sebagai kusen atau bingkai dengan daun jendela berbahan kaca. Jenis jendela dengan material uPVC saat ini sangat disukai. Harganya memang lebih mahal jika dibanding dengan alumunium. Meski demikian, kuat dan varian warna yang banyak membuat material uPVC ini tetap banyak yang suka.

Selain itu uPVC merupakan material yang mudah dibentuk sehingga efisien dari sisi waktu pengerjaannya. uPVC juga dikenal mampu meredam panas karena adanya rongga di bagian tengah apalagi dengan penggunaan karet, kebisingan suara juga dapat lebih dikontrol. Ya, ini disebabkan karena material uPVC merupakan bahan pabrikan yang dirancang khusus dengan memperhatikan fungsi jendela.

Jendela Besi

jendela besi

Jendela bermaterial besi ini juga banyak digunakan. Sifatnya yang kuat dan tidak mudah memuai menjadikan besi ini disukai karena daya tahannya. Keawetannya salah satunya disebabkan karena besi tidak bakal dimakan rayap. Perawatannya pun mudah yakni dengan mengelapnya dengan lap basah.

Tetapi, material besi tergolong material yang cukup mahal karena masih belum banyak digunakan sehingga pemesanannya harus dibuat per unit dengan menyesuaikan pemesan.
Ada kemungkinan di beberapa tempat menyetok jenis jendela besi. Tetapi biasanya jendela tersebut berukuran standar sehingga kurang dapat memenuhi keinginan pembeli.

Agar Jendela Aman
teralis

Keberadaan jendela pada sebuah rumah adalah urgen, bahkan sangat urgen. Fungsinya pun tidak bisa diabaikan. Akan tetapi jendela ini sering digunakan oleh orang jahat sebagai pintu untuk masuk. Karenanya, perlu diupayakan agar jendela lebih kuat dan keamanan rumah lebih terjamin.

Berikut material-material yang dapat Anda gunakan untuk memperkuat jendela rumah Anda.

Terali besi

tralis besi

Terali (teralis) berbahan besi tergolong kuat. Meskipun demikian, material besi biasanya mudah berkarat jika terkena dingin dan air. Hal ini disebabkan besi beroksidasi dengan zat-zat yang terdapat di udara. Jika berkarat kekuatan dari besi pun akan berkurang. Karenanya ada baiknya Anda melapisi besi dengan cat anti karat.

Terali baja

teralis baja 2

Pengaplikasian terali baja pada jendela akan membuat kesan artistik pada jendela tersebut. Kesempurnaan jendela berterali baja ini terlihat saat Anda melapis baja tersebut dengan warna yang Anda sesuaikan dengan warna dinding rumah Anda. Selain memberikan nuansa indah, jendela berterali baja ini juga memancarkan suasana elegan.

Terali aluminium

tralis aluminium

Anda salah jika menyangka material alumunium itu tidak kuat. Meskipun ringan, alumunium terkenal material yang kuat. Alumunium tidak mudah untuk dibengkokan ataupun dipatahkan. Di samping itu aluminium juga tahan karat jika dibandingkan terali besi, sehingga cocok diaplikasikan di mana saja, termasuk di ruang terbuka yang terkena hujan dan panas.

Terali baja tempa
baja tempa

Bahan lain yang digunakan sebagai pengaman jendela adalah teralis berbahan baja tempa, yakni campuran besi dan baja. Kelebihan dari bahan ini adalah dia anti karat dan mempunyai perfoma yang baik dan artistik. Material ini tergolong material yang baik dan lebih aman jika dibanding dengan teralis berbahan alumunium.

Itulah jenis-jenis material jendela yang dapat Anda pertimbangkan ketika Anda ingin merenovasi atau membuat tampilan rumah Anda lebih apik dan artistik dengan pemasangan jendela pada sisi rumah Anda baik interior maupun eksteriornya.