Cara Melukis Tembok dengan Cat dan Teknik Pembuatannya yang Mudah dan Aplikatif

Melukis tembok yang sering disebut dengan mural menjadi trend desain interior tahun 2017. Kalau beberapa waktu yang lalu mural hanya menghiasi eksterior dari sebuah rumah, kini lukisan dinding tersebut telah banyak diaplikasikan untuk interior. Selain menambah nilai estetika sebuah ruangan, mural juga dapat menciptakan kesan tertentu.

Cara Melukis Dinding Kamar Anak _cara melukis dinding kamar

Memang melukis tembok dengan cat terbilang gampang-gampang susah. Gampang tentu saja bagi mereka yang memang sudah mempunyai hobi melukis. Sehingga kuas yang biasanya ia torehkan dalam kanvas atau kertas hanya tinggal diganti dengan media tembok.

Tetapi bagi yang tidak mempunyai hobi dan bakat melukis tentu membuat mural tidak bisa dibilang gampang. Karenanya, pada postingan ini akan diuraikan cara melukis tembok dengan cat. Dengan tips ini semoga Anda tidak perlu menyewa jasa pelukis tembok. Dengan demikian Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Pastikan Dinding Bersih

membersihkan dinding

Sebelum Anda melukis tembok dengan cat, pastikan dinding yang akan dilukisi benar-benar bersih dari debu ataupun kotoran yang lain yang akan mengganggu tampilan mural Anda. Dengan demikian, cat yang Anda gunakan dapat menampilkan warnanya dengan sempurna dengan keseimbangan yang sesuai dengan keinginan Anda.

Setelah Anda yakin dengan kebersihan tembok, cara melukis tembok dengan cat ini hendaknya Anda awali dengan warna dasar. Tujuannya adalah untuk memperkuat daya lekat cat berikutnya. Anda dapat menggunakan warna dasar cat, putih ataupun warna netral yang lain. Tetapi disarankan Anda menggunakan warna dasar putih.

Warna cat dasar putih ini akan member keuntungan pada saat Anda menyapukan warna-warna berikutnya. Keuntungan itu antara lain adalah irit dan memberi kesan halus pada warna-warna berikutnya.

Buatlah Desain Gambar

pola gambar dinding

Cara melukis dinding dengan cat berikutnya adalah membuat desain lukisan dinding. Untuk itu Anda dapat menggunakan dua strategi. Yang pertama Anda membuat desain gambar di atas kertas gambar atau di atas plastik yang nantinya dapat Anda sorotkan dengan cahaya ke dinding. Yang kedua, jika Anda sudah yakin, Anda dapat membuat desain atau pola lukisan dinding langsung pada dinding.

Anda dapat menggunakan beberapa alat dan perlengkapan untuk membuat lukisan tembok dengan cat ini. Beberapa alat yang dapat Anda gunakan antara lain, sapu, selotip, menggunakan spon, kain bahkan telenan. Tentu saja alat yang Anda gunakan adalah alat yang sesuai dengan gambar yang akan Anda ciptakan di tembok.

Gunakan Teknik Membuat Lukisan Tembok yang Sesuai

Ada banyak teknik yang dapat Anda terapkan ketika Anda ingin membuat lukisan tembok dengan cat. Beberapa teknik itu antara lain teknik sponging, teknik stippling, teknik stensil, teknik antiquing dan galzing. Dan berikut ini penjelasan dari teknik-teknik membuat lukisan tembok dengan cat tersebut.

Teknik Sponging

sponging

Teknik ini dapat Anda lakukan dengan cara sponging atau mengusapkan spon yang sudah Anda celupkan dalam cat. Teknik ini sangat cocok digunakan untuk menciptakan warna bertekstur, seperti awan ataupun dedaunan. Anda dapat menyapukan spon tersebut di atas warna yang lain sehingga warnanya menjadi lebih mendalam.

Langkah-langkah membuat lukisan tembok dengan cat menggunakan teknik sponging ini adalah, pertama silakan Anda celupkan spon ke dalam air kemudian peraslah untuk mengurangi air yang meresap di dalam spon. Kedua, celupkan spon tersebut ke dalam cat. Jika Anda khawatir cat Anda terlalu kental, Anda dapat menipiskannya noda cat pada spon tersebut dengan kain kertas.

Setelah itu, Anda langsung dapat menyeka atau mengusapkan spon tersebut pada area yang sudah Anda tentukan. Kreativitas dan imajinasi Anda dapat membantu menciptakan lukisan dinding yang indah serta unik. Karena teknik ini akan memberikan tekstur yang sangat artistik. Selain itu dengan mengaplikasikan teknik ini Anda dapat dengan mudah dan cepat mengisi area yang luas dengan cat.

Teknik Stippling

stippling

Salah satu cara melukis gambar tembok dengan cat selanjutnya adalah menggunakan teknik stippling. Teknik ini juga termasuk yang sering digunakan oleh para pelukis tembok. Teknik ini digunakan untuk menciptakan rinci warna tanpa mengkhawatirkan campuran warna yang halus.

Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk melukis gambar tembok dengan teknik stippling. Pertama, Anda dapat menyapukan underprinting dengan warna tertentu (sesuai yang Anda inginkan) pada area yang ingin Anda cat. Setelah cat mongering, catlah dengan lapisan yang tipis dan lembut di atasnya. Anda dapat memilih warna berikutnya dengan warna yang lebih gelap.

Selanjutnya, saat cat masih basah oleskan cat basah dengan sikat stippling kering dengan warna baru di sekitar lapisan sampai lapisan baru semua dibintiki oleh sikat stippling tadi. Lakukan hal itu berulang-ulang pada area yang Anda inginkan.

Teknik Stensil

stensil

Berbeda dengan teknik sebelumnya, teknik ini tergolong sangat mudah karena stensil adalah teknik membuat lukisan di tembok dengan cetakan. Cetakan dari teknik inipun dapat dibeli dan Anda dapat memilih berbagai motif sesuai keinginan Anda, mulai dari motif hewan, pohon, daun maupun planet atau motif-motif yang lain.

Dibutuhkan kehati-hatian dalam menggunakan teknik ini, agar dinding tidak terlihat kotor oleh sisa-sisa cat. Cara melukis tembok dengan cat ini adalah gunakan solasi (tape) untuk mengikuti pola stensil pada dinding. Kedua tangan Anda semuanya memegang peranan penting. Satu tangan memegang stensil sedang yang lain memegang cat.

Teknik Antiquing (Barang Antik)

antiquing

Teknik ini digunakan untuk menciptakan lukisan dinding yang terlihat tua. Untuk dinding antik, campurkan warna yang diinginkan dengan media akrilik kaca dengan perbandingan 4 sampai 5 glasir untuk 1 bagian cat. Kemudian sapukan campuran tadi ke dinding dengan cepat. Saat cat masih basah sapukan kain bersih (missal katun tipis) di atas cat tersebut untuk menyebarkan warna di sekitarnya. Gunakan warna yang lebih gelap pada sudut dan tepi dinding untuk menciptakan efek tertentu.

Teknik Glazur

glazur

Teknik ini digunakan untuk menambah dimensi dan shading pada mural. Anda dapat mencampurkan cat akrilik dengan media akrilik emas glazing liquid sehingga ada efek tajam, tipis dan transparan pada lukisan tembok Anda.

Lakukan Finishing pada Lukisan Tembok yang Anda buat

Setelah Anda selesai melukis tembok dengan cat, langkah berikutnya adalah melakukan finishing. Pada langkah terakhir ini Anda dapat melapisi lukisan Anda dengan vernis jenis doff sehingga lukisan tidak menyilaukan jika terkena cahaya lampu pada malam hari.

Itulah beberapa cara melukis di tembok dengan cat beserta tekniknya. Silakan pilih teknik mana yang akan Anda gunakan. Yakinlah keberhasilan membuat lukisan dinding dengan tangan sendiri akan member kebanggaan dan kepuasan tersendiri bagi Anda.